Kenapa Kucing Takut Sapu Lidi ? Ini Penyebabnya !

Meskipun kita semua mengenal kucing sebagai salah satu hewan yang cukup berani karena tak begitu takut dengan manusia dan beberapa hal lainnya namun sebenarnya kucing sama saja dengan hewan lainnya yaitu mereka punya suatu hal yang mereka takuti.


Kenapa Kucing Takut Sapu Lidi

 

Salah satu yang mereka takuti adalah sapu lidi. Benda yang biasa kita gunakan untuk menyapu halaman rumah ini ternyata begitu di takuti oleh para kucing. Ketika kucing melihat sapu lidi selalu terlihat bahwa kucing mewaspadai benda ini.

Perilaku yang kucing tunjukkan ini tentu saja akan membuat kita menjadi penasaran. Kita penasaran mengapa kucing bisa begitu takut dengan alat bersih-bersih rumah ini. Sebenarnya apa yang membuat kucing takut dengan sapu lidi ?

Penasaran ? Yuk cari tahu apa alasan atau penyebabnya dengan membaca tulisan Anggora berikut ini :

 

Kenapa Kucing Takut Sapu Lidi ? 

Coba perhatikan kucing kamu ketika kamu sedang memegang sapu lidi dan mendekatinya sambil mengayun-ayunkan sapu tersebut. Bisa di pastikan kamu akan melihat kucing kamu waspada serta terlihat tampak ketakutan.

Ketakutan kucing akan sapu lidi ini sebenarnya bukanlah sebuah rasa takut yang secara mendadak begitu saja muncul pada diri kucing. Ada beberapa hal yang mendasari rasa takut kucing akan benda pembersih halaman rumah ini.

Berdasarkan apa yang Anggora ketahui, beberapa alasan atau penyebab ketakutan kucing akan sapu lidi adalah sebagai berikut ini :

1. Kucing Merasa Ini Adalah Hal Yang Mengancam

Bagi kita sapu lidi hanyalah sebuah alat untuk bersih-bersih rumah yang biasa kita gunakan sehari-hari saat kita sedang membersihkan teras maupun halaman rumah. Namun ini berbeda bagi kebanyakan kucing.

Bagi kebanyakan kucing atau bagi beberapa kucing, sapu lidi ini justru adalah sesuatu hal yang bisa mengancam dirinya. Kucing merasa bahwa sapu lidi sangat mengancam ketika sapu ini di gerakkan atau di dekatkan ke dekat kucing berada.

Karena alasan ini maka kebanyakan kucing akan tampak sangat sangat waspada ketika mereka melihat sapu lidi berada di dekatnya. Bahkan tak jarang kucing akan berlari menjauhinya ketika sapu lidi ini menghampirinya atau tak sengaja mengenainya akibat terjatuh.


2. Sapu Lidi Ini Bisa Menyakitinya

Kalau tadi telah di sebutkan di atas bahwa sapu lidi terasa mengancam bagi kucing sehingga ia takut pada benda ini. Lain lagi dengan penyebab selanjutnya ini, bagi kucing sapu lidi bisa menyakitinya. Inilah mengapa kucing sangat takut dengan sapu lidi.

Meskipun sapu lidi ini cuma di dekatkan begitu saja pada kucing, ketika kucing secara alami merasa bahwa benda ini bisa menyakitinya maka kucing akan memilih untuk menghindari benda pembersih rumah ini bahkan berlari menjauhinya.

Bagi kucing menuruti naluri alaminya adalah jauh lebih utama karena ini bisa menjaganya agar tetap aman dari hewan pemangsa ataupun benda-benda berbahaya di sekitarnya yang mana ini bisa membuat ia terluka dan merasakan rasa sakit.


3. Suara Yang Di Hasilkan Sapu Lidi Menakutkan

Pernahkan kamu berpikir bahwa suara gesekan sapu dengan tanah yang di hasilkan oleh sapu lidi begitu menakutkan ? Pastinya tidak bukan ? Tapi hal ini berbeda dengan apa yang kucing rasakan, beberapa kucing malah takut dengan suara ini.

Contohnya ketika kita mendekati kucing sembari menyeret sapu lidi ke lantai dan menghasilkan suara srek,,,,srekk,,,,srekk,,,,sreek kebanyakan kucing yang kita dekati dengan sapu lidi ini akan tampak ketakutan dan selalu berlari kabur dari kita.

Ini juga terjadi ketika kita memukul karpet ataupun kasur dengan sapu lidi. Jika kucing berada di dekat kita saat melakukan kedua hal ini, maka respon pastinya adalah kucing akan lari ketakutan. Namun jika kucing berada cukup jauh dari kita, yang ada kucing akan melotot dengan waspada melihat kita.

 

4. Tampak Seperti Makhluk Asing

Kucing takut pada sapu lidi karena ini tampak seperti makhluk asing baginya. Ini terjadi ketika kita membawa sapu lidi di tangan kita maupun kita membawa sapu lidi dengan cara memanggulnya di punggung kita.

Karena penglihatan kucing tak jelas maka penggabungan antara kita dengan sapu lidi akan tampak seperti makhluk asing di mata kucing. Ini akan membuat kucing merasa takut setiap kali melihat kita berada di dekatnya.

Ketakutan kucing akan kita yang membawa sapu lidi, mirip dengan ketakutan kucing saat kita memakai helm. Keduanya akan membuat kucing waspada dan sangat ketakutan karena mereka tak mengenali kita dan salah menganggap bahwa kita adalah makhuk asing.


5. Trauma Masa Lalu

Yang terakhir dari penyebab atau alasan kucing takut sapu lidi adalah karena kucing memiliki trauma masa lalu yang berhubungan dengan benda ini. Ini akan membuat kucing akan merasa ketakutan setiap kali ia melihat sapu pembersih halaman ini.

Umumnya trauma kucing ini terjadi akibat kecelakaan seperti sapu lidi terjatuh tanpa sengaja dan melukai tubuh kucing saat kucing masih anak-anak, penganiayaan dengan sapu lidi oleh orang yang membenci kucing, kejahilan kita yang berlebihan dengan memakai sapu lidi pada kucing dan beberapa hal buruk lainnya yang berkaitan dengan sapu lidi.

 

Kini kamu sudah tahu bukan apa saja alasan atau sebab yang membuat kucing takut dengan sapu lidi. Semoga tulisan ini bermanfaat buat kamu yang telah membacanya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url