Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Kucing Hamil, Apa Saja ?

Kucing sama saja dengan manusia, mereka bisa merasakan yang namanya hamil seperti yang dialami oleh manusia. Tak hanya itu saja, kehamilan kucing juga mirip dengan manusia. Mulai dari bentuk fisik maupun perubahan perilaku saat tengah hamil. 

 

Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Kucing Hamil


Oh ya bicara soal kucing hamil, saat kucing sedang hamil pastinya akan ada banyak hal yang mesti kita perhatikan. Salah satunya adalah mengenai tentang apa saja yang tak boleh di lakukan terhadap kucing kita yang sedang dalam masa kehamilan.

Sebenarnya Ada banyak hal yang tak boleh kita lakukan pada kucing peliharaan kita. Lalu apa saja hal-hal tersebut ? Nah untuk mengetahui jawabannya, kamu wajib membaca tulisan Anggora berikut ini sampai akhir. 

 

Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Kucing Hamil, Apa Saja ? 

Ketika kucing peliharaan kesayangan kita berada dalam kondisi hamil tentunya sebagai pemilik, kita akan berusaha menjaga sebaik mungkin kondisi kucing kesayangan kita ini. Supaya nantinya kucing bisa melahirkan dengan aman dan selamat. 

Agar apa yang kita harapkan tadi dapat terwujud tentunya kita akan melakukan beberapa tindakan perawatan khusus dan menghindari hal-hal yang terlarang untuk dilakukan pada kucing yang sedang dalam kondisi hamil.

Untuk tindakan perawatan khususnya tak akan Anggora bahas pada tulisan ini karena mungkin sudah banyak dari kita yang sudah tahu akan hal ini dan mungkin topik terkait mungkin sudah pernah Anggota bahas pada tulisan lain.

Pada tulisan ini Anggora hanya akan membahas mengenai tindakan apa saja yang tidak boleh dilakukan pada kucing hamil. Berdasarkan apa yang Anggora ketahui, ada beberapa hal yang tak boleh dilakukan pada kucing hamil. Adapun hal tersebut adalah sebagai berikut :

 1. Memberikan Sembarangan Makanan

Hal pertama yang tidak boleh kita lakukan untuk kucing hamil adalah memberikan sembarangan makanan. Ketika kucing sedang hamil sebaiknya kamu memperhatikan makanannya dengan baik, jangan asal memberikannya makanan sembarangan. 

Pemberian sembarangan makanan bisa mempengaruhi kehamilan kucing. Bukan hanya bisa membahayakannya indukan kucing saja namun ini juga bisa membahayakan si calon bayi. Pemberian sembarangan makanan bisa beresiko membuat bayi terlahir cacat. 

Bahkan hal terparah yang dapat terjadi akibat tindakan kita ini adalah menyebabkan kematian pada calon bayi saat berada dalam rahim induk kucing ataupun bayi kucing mengalami kematian saat bayi kucing berhasil dilahirkan.

Karena itulah sebaiknya, jangan sembarangan dalam memberikan makanan ke kucing hamil jika kamu tidak ingin di masa depan kucing dan bayi yang dikandungnya mengalami hal yang mengenaskan seperti yang Anggora sebutkan di atas. 

 

2. Jangan Asal-Asalan Memberikan Obat Pada Kucing

Sewaktu kucing hamil sangat tak dianjurkan untuk asal memberikan obat-obatan kepada kucing untuk menyembuhkan penyakit yang sedang dia derita pada saat kucing dalam keadaan hamil. Ini juga berlaku pada obat-obatan tertentu yang sangat disarankan untuk kucing konsumsi dalam kondisinya saat ini.

Resiko dari pemberian obat secara asal-asalan serupa dengan resiko pemberian makanan secara sembarangan. Kedua hal ini bisa sama-sama membahayakan induk kucing serta calon bayi yang dikandung.

Namun pemberian obat sembarangan mungkin resikonya jauh lebih berbahaya dibandingkan pemberian makanan yang sembarangan. Sebaiknya sebelum memberikan obat-obatan pada kucing, konsultasikan hal ini terlebih dahulu pada dokter hewan. 

Dengan melakukan ini, kamu bisa menghindari resiko pemberian obat-obatan yang salah, menghindari kucing mengalami overdosis, menjaga kucing tetap aman, mengobati penyakitnya sekaligus menjaga kucing tetap sehat. 

 

3. Jangan Sembarangan Memberikan Kucing Minuman

Pada saat kucing peliharaan kita dalam kondisi hamil disarankan untuk memberi minuman yang sehat untuk kucing. Contohnya adalah air putih yang telah dimasak matang. Jangan memberikan kucing minum dengan sembarangan air minuman.

Karena akibatnya bisa fatal, akibatnya sama saja seperti kita memberikan sembarangan makanan pada kucing kita yang telah hamil yaitu ini bisa membuat bayi kucing cacat, bayi kucing mati ataupun induk kucing mengalami kematian. 

 

4. Memandikan Kucing Hamil

Pada awalnya mungkin kucing boleh dimandikan ketika kucing masih dalam masa kehamilan awal atau ketika kehamilan kucing tergolong muda. Walaupun kucing boleh dimandikan tetap saja kita mesti ekstra hati-hati dalam memandikannya. 

Namun ketika kucing sudah dalam kondisi hamil besar atau usia kehamilan cukup tua maka sebaiknya hindari untuk memandikan kucing. Ini untuk menghindari resiko kucing keguguran sebab mengalami kecelakaan pada perutnya ketika ia berontak saat dimandikan.

Di samping itu ini juga kita lakukan agar kucing tidak mengalami stress. Yang mana ini tentu saja akan mengganggu kesehatan kucing dan kesehatan calon bayinya. Jika kamu ingin memandikan kucing yang telah hamil besar atau hamil tua sebaiknya mandikan kucing dengan cara mengelapnya dengan kain basah yang bersih saja hingga tubuhnya bersih.

 

5. Membuat Kucing Hamil Stress

Sebisa mungkin untuk menghindari menjahili kucing dan membuatnya marah ketika kucing sedang hamil. Ini agar si kucing tidak menjadi stres. Di samping menjaga sikap kita kepada kucing, kita juga meski menjaga kucing kita agar tidak stres akibat sikap kucing lainnya.

Beberapa kucing lainnya yang kita pelihara dalam rumah mungkin ada yang suka mengganggu kucing yang sedang hamil. Ini akan memberikan kucing menjadi sering marah dan merasa sangat terganggu akibatnya kucing bisa stress. 

Untuk mengatasi ini sebaiknya jauhkan kucing lainnya dari kucing kamu selamat kucing hamil. Jika diperlukan, kamu bisa mengisolasi kucing hamil di dalam ruangan tertentu yang aman dan nyaman agar si kucing bisa merasa tenang. 


6. Menekan Perut Kucing Atau Menendangnya

hal yang terakhir yang tidak boleh kamu lakukan adalah menekan perut kucing atau menendangnya. Jangan melakukan kedua hal ini. Karena apa? Ini bukan hanya bisa menyakiti kucing kita saja namun ini juga bisa menyakiti bayi yang dikandung oleh kucing. 

Yang dapat menyebabkan bayi kucing dalam kandungan mengalami kecacatan, bayi kucing mengalami keguguran dan bahkan kucing bisa terlahir dalam kondisi cacat maupun terlahir dalam keadaan tak bernyawa. 

Ketika kucing sedang hamil kita sebisa mungkin harus menjaga tindakan kita terhadap kucing peliharaan kesayangan kita yang sedang dalam kondisi hamil. Ini demi kebaikan si kucing dan juga demi kebaikan kita sang pemilik. 

 

Itulah dia beberapa hal yang tak boleh kita lakukan ke kucing kita yang saat ini hamil. Semoga tulisan ini bermanfaat. 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url