Kenapa Kucing Suka Menjilat Kucing Lain ? Ini Jawabnya !

Kebiasaan kucing yang suka menjilati tubuhnya bukanlah sesuatu yang asing lagi bagi kita para pemilik kucing. Ya Ini karena setiap harinya kucing sering melakukan hal ini. Bisa dibilang ini adalah bagian dari salah satu aktivitas rutin harian kucing.

 

Kenapa Kucing Suka Menjilat Kucing Lain


Namun beda cerita jikalau kucing menjilati kucing lainnya. Perilaku kucing ini pastinya akan membuat kita yang melihatnya menjadi terheran-heran dan akan bertanya-tanya mengapa kucing suka menjilati kucing lainnya yang berada di dekatnya.

Soalnya perilaku kucing ini mungkin bagi kita terasa asing dan kucing jarang sekali melakukannya. Keheranan serta keinginan tahuan atas alasan kucing melakukan ini seringkali lebih banyak dialami oleh mereka yang baru memelihara kucing.

Nah untuk menjawab rasa penasaran para pembaca atas hal ini maka pada tulisan kali ini Anggora akan membahas beberapa penyebab atau alasan pasti kucing senang menjilati kucing lainnya. Baca hingga akhir ya sobat Anggora !

 

Kenapa Kucing Suka Menjilat Kucing Lainnya ?

Apakah kucing kamu pernah menjilati kucing lainnya ? Pastinya pernah bukan. Perilaku kucing menjilati kucing lainnya mungkin bagi beberapa dari kita terasa aneh namun bagi kucing sendiri hal ini adalah sesuatu yang tergolong normal.

Sebenarnya ada beberapa alasan ataupun penyebab Kenapa kucing menjilati kucing lain. Nah beberapa penyebabnya antara lain adalah sebagai berikut ini :

 

1. Jilatan Kucing Adalah Bentuk Sapaan

Alasan pertama mengapa kucing suka menjilat kucing lainnya adalah karena kucing ingin menyapa kucing lainnya yang ia jumpai. Ini adalah hal umum yang kucing lakukan ketika salah satu kucing bertemu dengan kucing lainnya yang ia kenali.

Ketika kucing mengenal satu sama lain dan tidak ada permusuhan sedikitpun di antara mereka maka saat salah satu kucing cukup dekat dengan kucing yang satunya lagi, kucing ini akan menjilati kucing lainnya untuk menyapanya.

Terkadang setelah kucing yang satunya menerima jilatan tersebut, kucing yang menerima jilatan akan membalas balik dengan menjilat kembali kucing yang baru saja menjilatinya.

 

2. Jilatan Merupakan Ekspresi Kasih Sayang

Jika ada kucing yang suka menjilati kucing lainnya maka ini bisa jadi si kucing tersebut sedang memberikan kasih sayang terhadap kucing lainnya. Contohnya adalah ketika induk kucing menjilati anaknya yang masih kecil atau anaknya yang sudah remaja.

Induk kucing menjilati anak-anaknya bukan karena tubuh si anak kucing tampak kotor atau tubuh si anak kucing terasa sangat bau namun induk kucing menjilatinya hanya untuk menunjukkan rasa kasih sayangnya terhadap anak-anaknya.

Hal ini terlihat jelas dari tubuh anak kucing yang tidak kotor dan tidak bau namun sang Induk tetap saja menjilatinya.

 

3. Untuk Membersihkan Tubuh Kucing Lainnya

Kucing bukan cuma menjilati dirinya sendiri untuk membersihkan tubuhnya tetapi kucing juga melakukan hal serupa untuk kucing lainnya. Kebanyakan dari kita akan melihat hal ini pada induk kucing dan anak-anaknya. Tak terbatas pada induk kucing dan anaknya saja, ini pun berlaku terhadap kucing yang tak memiliki ikatan darah.

Hanya saja hal ini hanya berlaku terhadap kucing yang saling mengenal dan tinggal dalam satu atap rumah yang sama. Ketika kucing tidak saling mengenal satu sama lain maka mustahil bagi kucing untuk menjilati kucing lainnya dengan tujuan membersihkan tubuhnya.

 

4. Bagian Dari Bermain

Ketika kucing menjilati kucing lainnya ini bisa saja karena kucing sedang bermain. Biasanya kucing sering melakukan berapa jilatan sesaat setelah si kucing menggigit kucing lain yang menjadi teman bermainnya ataupun menggigit tangan kita.

Penyebab mengapa kucing sering melakukan jilatan ke kucing lainnya setelah menggigitnya saat bermain sampai saat ini belum diketahui penyebab pastinya. Namun bagi Anggora sendiri, kucing melakukan jilatan setelah menggigit adalah agar bagian yang baru saja digigitnya tak terinfeksi dan bersih dari kuman

 

5. Karena Ada Bau Yang Menarik

Alasan yang kelima atas perilaku kucing peliharaan yang senang menjilati kucing lainnya adalah karena ada bau menarik yang melekat pada bulu-bulu kucing. Ini akan membuat kucing yang menciumnya merasa tertarik lalu menjilatinya.

Kucing mungkin menjilatinya karena merasa bahwa benda berbau yang menempel pada tubuh kucing lain ini bisa dimakan. Dengan menjilatinya kucing berharap bahwa ia bisa menikmatinya.

 

6. Jilatan Tanpa Alasan

Sewaktu kucing menjilat kucing lainnya mungkin kucing melakukan ini tanpa alasan yang jelas atau hanya karena kucing sekedar ingin saja. Bisa dibilang ini hanyalah bagian dari perilaku random kucing yang seringkali kucing tunjukkan.

Bila kamu sering mengamati perilaku kucing peliharaan kesayangan kamu maka kamu pastinya akan setuju dengan hal ini. Biasanya perilaku acak ini seringkali kucing lakukan sewaktu kucing sedang menjilati dirinya sendiri dan kita atau kucing lainnya berada di dekatnya.

 

Kini kamu sudah tahu bukan apa saja yang membuat kucing suka menjilati kucing lainnya. Semoga tulisan ini bermanfaat buat para pembaca.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url