Apakah Kucing Boleh Makan Gorengan ? Ini Jawabnya !

Kita semua pastinya mengenal  makanan yang bernama gorengan. Tak hanya mengenalnya saja, banyak dari kita yang mungkin senang ataupun hobi memakan makanan yang satu ini. Alasannya sudah pasti yaitu karena gorengan merupakan makanan yang sangat nikmat serta murah.

 

Apakah Kucing Boleh Makan Gorengan


Makanan yang biasanya terbuat dari campuran tepung serta beberapa bahan makanan lainnya dan dimasak menggunakan minyak ini memang banyak disukai oleh orang-orang. Bahkan bukan cuma orang saja yang menyukainya, kucing bahkan juga suka memakan makanan ini.

Itulah mengapa tak jarang setiap kali kita makan gorengan entah itu pisang goreng, bakwan, tahu isi, ubi goreng, tempe goreng atau gorengan lainnya, kucing tak akan ragu-ragu untuk meminta agar diberikan makanan ini padanya untuk ia makan.

Sebagai pemilik yang melihat perilaku kucing ini, banyak dari kita yang mungkin akan langsung memberikan gorengan pada kucing sebagai makanan cemilan. Namun apakah makanan gorengan ini boleh begitu saja diberikan ke kucing peliharaan kesayangan kita ?

Ketahui jawabannya dengan membaca tulisan Anggora di bawah ini !

 

Apakah Kucing Boleh Makan Gorengan ?

Walaupun kucing merupakan hewan karnivora tetapi hal ini tak membuat kucing kehilangan ketertarikannya terhadap makanan lainnya. Contohnya adalah makanan yang digoreng atau gorengan. Beberapa kucing mungkin menyukai jenis makanan ini.

Meskipun kucing menyukainya namun apakah makanan ini boleh diberikan begitu saja pada kucing peliharaan kita ? Sebenarnya makanan ini tak disarankan untuk diberikan pada kucing untuk dimakan. Makanan ini tak disarankan diberikan ke kucing meskipun memberikan sedikit makanan terlihat tak akan membuat kucing sakit.

Sebenarnya kenyataannya tidak begitu. Kucing yang diberi sedikit makanan berupa gorengan mungkin terlihat baik- baik saja namun kucing tak jarang akan mengalami masalah pencernaan ringan akibat zat makanan yang terkandung di dalamnya. Masalah pencernaan yang umum terjadi pada kucing adalah seperti :

  • Kucing mengalami diare

  • Kucing susah buang air besar

  • Kucing mengalami mual-mual

  • Kucing menjadi sakit perut

  • Dan beberapa masalah pencernaan lainnya

 

Ini terjadi akibat kandungan zat yang terdapat dalam tepung yang umumnya terbuat dari olahan gandum ataupun olahan ubi atau yang biasa kita sebut singkong. Bukan cuma itu saja minyak yang terkandung dalam gorengan pun turut ikut serta membuat kucing mengalami masalah pencernaan.

Kita tahu bahwa ketika kucing terlalu banyak memakan minyak goreng, kucing akan mengalami masalah pencernaan seperti diare. Di samping itu beberapa zat makanan seperti kandungan gula, cabai, lada dan rempah-rempah lainnya bisa mempengaruhi pencernaan kucing dan membuatnya mengalami masalah pencernaan.

Tak berhenti sampai di situ saja, memakan gorengan bisa membuat kucing mengalami masalah pada ginjalnya karena kandungan garam dan juga keracunan akibat zat tertentu yang terkandung dalam bawang merah atau bawang putih yang biasanya diracik dalam tepung untuk menambah aroma wangi-wangian dan membuat makanan semakin enak dimakan.

Di tambah lagi kandungan lemak yang terkandung di dalamnya bisa membuat kucing beresiko mengalami obesitas. Namun hal ini hanya terjadi jika kita memberikan kucing makan gorengan terlalu sering seperti halnya resiko ginjal dan kerusakan sel darah merah pada kucing.

Oh ya bukan cuma bisa membuat kucing mengalami gangguan dengan kesehatannya, makanan ini pun dinilai kurang bernutrisi untuk diberikan ke kucing. Seperti yang Anggora sebutkan di atas bahwa gorengan umumnya mengandung lebih banyak karbohidrat di dalamnya.

Meskipun berapa dari gorengan mungkin dicampurkan dengan bahan seperti telur untuk menambah cita rasa makanan namun tetap saja kandungan protein di dalamnya terbilang lebih rendah jika dibandingkan dengan karbohidrat yang terkandung. Ini membuat makanan ini tak begitu baik diberikan kepada kucing sebagai makanan cemilan.

Dari beberapa alasan yang Anggora Sebutkan di atas bisa diambil kesimpulan bahwa makanan ini sebaiknya tak diberikan ke kucing meskipun hanya diberikan sebagai makanan cemilan saja. Alangkah baiknya menggantikan makanan ini dengan makanan lainnya yang jauh lebih baik bagi kucing untuk di makan.

 

Bila Kucing Mengalami Masalah Kesehatan setelah mengkonsumsi Gorengan Apa Yang Mesti Kita Lakukan?

Bila kucing memakan hanya sedikit gorengan saja dan makannya tak terlalu sering contohnya satu kali dalam dua minggu biasanya kucing hanya akan mengalami masalah pencernaan ringan untuk sementara saja. Dan ini akan sembuh dengan sendirinya jika kucing berhenti mengkonsumsi gorengan.

Meskipun begitu Jika kamu merasa ragu akan hal ini dan memiliki kecurigaan lain tentang kondisi kesehatan kucing saat ini maka yang sangat dianjurkan untuk segera memeriksakan kucing ke dokter hewan serta berkonsultasi mengenai masalah ini dengan dokter hewan.

Terutama jika kucing mengalami gangguan kesehatan akibat kucing terlalu banyak makan gorengan dan terlalu sering memakan makanan ini, wajib bagi kamu untuk memeriksakan dan mengobati kucing ke dokter hewan terdekat.

 

Mungkin itu saja pembahasan mengenai Bolehkah kucing memakan gorengan dan bahasa lainnya yang terkait dengan hal ini. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url