Bolehkah Kucing Ditinggal Kerja ? Ini Jawabnya !

Bagi beberapa orang memelihara kucing adalah suatu hal yang menyenangkan. Selain itu memelihara kucing juga sering kali di jadikan sebagai suatu cara agar mereka tak kesepian saat tinggal sendirian dan jauh dari keluarga.


Kucing Yang Di Tinggal Sendirian Di Rumah

 

Dengan memelihara kucing, kita yang sendirian seolah merasa punya teman hidup yang bisa berbagi rasa senang dan sedih sekaligus membuat suasana rumah menjadi ramai. Namun ada satu masalah bagi kita yang sendirian dalam memelihara kucing.

Masalahnya yaitu saat pergi bekerja maka mau tak mau kita terpaksa meninggalkan kucing seorang diri di rumah. Hal ini tentu saja akan menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi kita, terutama bagi mereka yang baru saja mulai memelihara kucing.

Apakah kita boleh meninggalkan kucing sendiri saat pergi bekerja dan adakah tindakan tertentu yang mesti kita lakukan agar kucing tetap aman dan nyaman saat kucing sedang berada sendiri di rumah ? Untuk mengetahui jawabannya, mari baca tulisan Anggora berikut ini.

 

Bolehkah Kucing Ditinggal Kerja ?

Apa boleh kucing di tinggal kerja ? Pertanyaan ini mungkin akan muncul bagi kamu yang pertama kali meninggalkan kucing sendirian di rumah saat hendak pergi bekerja. Jawaban atas pertanyaan ini sebenarnya sederhana saja, kucing boleh saja kita tinggalkan di rumah saat bekerja.

Dengan catatan, kucing tak boleh di tinggal kerja terlalu lama. Maksimal meninggalkannya di rumah dari pagi hingga sore saja. Jangan meninggalkan kucing hingga beberapa hari lamanya karena alasan harus pergi bekerja di luar kota.

Jika kamu meninggalkan kucing karena bekerja di luar kota dalam waktu lebih dari satu hari, sebaiknya kamu bawa saja kucing ikut bersama kamu atau jika kamu tak ingin kerepotan maka menitipkan kucing ke jasa penitipan kucing merupakan pilihan alternatif yang bisa kamu lakukan.

 

Beberapa Tindakan Tertentu Yang Mesti Kamu Lakukan Saat Kucing Di Tinggal Kerja

Sebelum berangkat kerja ada beberapa hal yang mesti kita lakukan agar kucing nyaman dan aman serta tak menimbulkan masalah ketika kita tak berada di rumah. Beberapa tindakan yang mesti kamu lakukan itu adalah :

1. Beri Kucing Makan Sebelum Bekerja

Berikan Kucing Makan Sebelum Meninggalkan kucing bekerja. Contohnya kalau kamu pergi bekerja di pagi hari, maka berilah kucing makan di pagi hari. Kalau kamu kerja di malam hari karena shift malam, maka berikan kucing makanan sesaat sebelum kamu pergi.

 

2. Siapkan Makan Siang Kucing

Bagi kamu yang bekerja di pagi hari, siapkan juga makanan untuk kucing di siang hari. Kamu bisa menempatkannya di mangkuk makan kucing atau menempatkannya di alat dispenser makanan otomatis khusus kucing.

Lakukan ini untuk mencegah kucing kamu lapar di siang hari sekaligus untuk menjaga kesehatannya.

 

3. Matikan Semua Perangkat Elektronik

Untuk mencegah kucing mengalami kecelakaan akibat korsleting dan menghindari kebakaran, di sarankan untuk mematikan semua perangkat elektronik dan mencabut kabel perangkat elektronik yang terhubung ke listrik.

Jangan menyepelekan hal ini dan tak melakukannya ya sebab banyak kasus di mana kucing mati karena korsleting dan terjadinya kebakaran yang menghanguskan rumah dan membakar mati kucing peliharaan yang terjebak di dalam rumah.

 

4. Jangan Lupa Mematikan Kompor

Kebakaran sering kali terjadi akibat lupa mematikan kompor saat pergi keluar rumah. Itulah mengapa sebaiknya sesaat sebelum pergi bekerja pastikan kamu sudah mematikan kompor di di dapur. Lakukan ini untuk mencegah kebakaran dan menjaga kucing aman di rumah.

 

5. Tutup Jendela Dan Pintu Rumah Dengan Rapat

Kucing adalah hewan yang suka menjelajah, ini membuat kucing akan senang pergi keluar rumah di saat ia punya kesempatan. Sebenarnya hal ini tak masalah jika si kucing peliharaan bisa kembali lagi kerumah setelah pergi bermain di luar rumah.

Namun kebanyakan kucing yang tak terbiasa bermain di luar rumah pada akhirnya tersesat atau kucing di curi orang. Ini membuat kucing peliharaan tak akan pernah bisa kembali ke rumah kita meskipun mereka menginginkannya.

Untuk mencegah hal ini terjadi pada kucing kamu maka tutuplah jendela pintu dan rumah dengan rapat. Bila perlu, kuncilah pintu dan rumah. Jika kamu merasa ini merepotkan, kamu juga bisa kok mengurung kucing kamu di dalam kandang yang berada dalam rumah.

 

6. Pastikan Kucing Bisa mendapatkan Kebutuhannya

Selain makanan, hal penting lainnya yang perlu kamu perhatikan adalah apakah kucing bisa  mengakses kebutuhannya. Contohnya jika kucing ingin buang air besar atau buang air kecil maka si kucing harus bisa mengakses ruangan yang ada liter boxnya atau mengakses kamar mandi.

Jika kamu mengurung kucing dalam kandang maka agar kucing bisa mendapatkan segala kebutuhannya maka kamu perlu menyediakan minuman, makanan serta litter box di dalam kandang kucing.

Dengan melakukan beberapa tindakan ini maka kamu tak perlu lagi mengkhawatirkan kucing kamu saat pergi bekerja.

 

Mungkin itu saja pembahasan mengenai apakah kucing boleh di tinggal kerja dan bagaimana cara agar kucing aman ketika di tinggal kerja. Semoga tulisan ini bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url