Apakah Kucing Boleh Makan Kacang Tanah ? Ini Jawabnya !

Secara umum kucing adalah hewan yang digolongkan ke dalam jenis hewan karnivora. Yaitu hewan yang memakan daging sebagai makanan utama mereka. Walaupun Kucing adalah hewan karnivora namun ada saat dimana kucing tertarik dengan makanan lainnya.


Apakah Kucing Boleh Makan Kacang Tanah

 

Mereka bisa tertarik terhadap makanan lainnya yang bukan termasuk ke dalam kategori daging atau memakan makanan yang berasal dari hewan lainnya. Contohnya adalah ketertarikan kucing terhadap makanan seperti kacang tanah.

Beberapa kucing mungkin tertarik dengan makanan ini. Namun ini terbatas hanya kepada kacang tanah yang telah digoreng dengan menggunakan minyak, kacang tanah yang digoreng dengan campuran tepung atau bahan makanan lainnya.

Bicara soal kucing yang tertarik untuk memakan kacang tanah, banyak dari kita mungkin yang berpikir bahwa selama kucing menyukai makanan, kita boleh memberikannya untuk ia makan termasuk salah satunya adalah kacang tanah.

Tetapi apakah memang benar begitu ? Apakah yang kita pikirkan itu memang benar dan kita boleh memberikan kucing makan kacang tanah ? Untuk mengetahui jawaban atas pertanyaan ini maka kamu wajib membaca tulisan Anggora berikut ini.

 

Apakah Kucing Boleh Makan Kacang Tanah ?

Beberapa dari kita mungkin pernah berpikir bahwa kucing boleh makan kacang tanah tetapi sebenarnya kucing tak boleh dibiarkan atau diberikan makan kacang tanah. Ada beberapa alasan yang mendasari kenapa kucing tak boleh diberikan kacang tanah.

Adapun beberapa alasan tersebut antara lain adalah :

1. Kandungan Nutrisi Yang Tak Sesuai Untuk Tubuh Kucing

Kacang tanah mengandung beberapa nutrisi yang tergolong baik untuk tubuh manusia contohnya seperti protein, lemak, kalsium, kalium dan multivitamin. Namun kandungan ini di nilai kurang baik untuk kucing karena kandungan nutrisinya tak sesuai dengan apa yang kucing butuhkan.

Bukannya kacang tanah mengandung protein yang mana protein ini sangat baik untuk tubuh kucing ? Kenapa dikatakan bahwa makanan ini kurang bernutrisi bagi kucing ? Protein memang baik untuk tubuh kucing hanya saja protein yang dimaksud tersebut bukanlah protein yang berasal dari nabati.

Protein yang baik bagi kucing adalah protein yang berasal dari hewani. Inilah salah satu alasan mengapa kacang tanah dinilai kurang baik untuk diberikan pada kucing dan dianggap kurang bernutrisi meskipun ada kandungan protein yang terkandung di dalamnya.

Oh ya hal serupa juga berlaku dengan lemak yang terkandung di dalam kacang tanah. Lemak yang baik bagi kucing adalah lemak yang berasal dari hewan dan bukan berasal dari nabati ( tumbuh-tumbuhan atau sayur-sayuran ).

 

2. Kacang Sulit Dicerna

Alasan selanjutnya membuat makanan ini tak dianjurkan untuk diberikan kepada kucing adalah karena kacang termasuk jenis makanan yang sulit dicerna oleh pencernaan dalam tubuh kucing. Butuh waktu lama bagi tubuh kucing untuk mencerna makanan ini.

Di samping butuh waktu yang lama untuk dicerna makanan yang satu ini juga bisa menimbulkan masalah gangguan pencernaan pada pencernaan kucing. Tentu saja hal ini akan membuat kucing merasa terganggu serta merasa tak nyaman.

 

3. Kacang Tanah Beracun Bagi Kucing

Perlu kamu tahu bahwa kacang tanah beracun bagi kucing yang memakannya. Ini karena kacang tanah punya kandungan senyawa Aflatoxin. Senyawa yang satu ini dapat membuat kucing yang memakannya akan menderita keracunan.

Keracunan akibat kacang tanah yang terjadi pada kucing biasanya mengakibatkan kucing mengalami masalah pencernaan seperti diare, mual, muntah dan yang terburuk adalah kucing yang mengkonsumsinya bisa mengalami kerusakan hati dalam jumlah besar.

 

4. Kucing Yang Memakannya Bisa Mengalami Alergi

Selain dapat menyebabkan keracunan bagi kucing, mengkonsumsi kacang tanah juga dapat membuat kucing mengalami alergi. Alergi ini terjadi karena intoleransi kucing terhadap kacang tanah yang telah kucing makan.

Reaksi yang umum terjadi pada kucing yang mengalami alergi setelah melakukan kacang tanah hampir serupa dengan reaksi yang terjadi pada kucing yang keracunan akibat kacang tanah. Reaksi tersebut seperti kucing mengalami muntah dan juga diare.

 

Kesimpulan

Tak semua kucing menyukai kacang tanah untuk dimakan namun beberapa dari mereka Mungkin ada yang suka memakannya. Meskipun begitu, kucing tak boleh diberikan makan kacang tanah. Makanan ini dinilai kurang baik untuk diberikan kepada kucing.

Alasannya sederhana yakni selain kurang bernutrisi bagi tubuh kucing, makanan ini juga dapat membuat kucing yang memakannya beresiko mengalami gangguan kesehatan seperti masalah pencernaan, alergi bahkan yang terparah adalah kucing dapat mengalami keracunan yang membuat kerusakan parah pada hati kucing.

Karena itu sebaiknya hindari memberikan makanan ini kepada kucing. Lebih baik mencegah kucing memakannya dan memprioritaskan kesehatannya. Penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan kucing agar kucing selalu aktif dan riang riang.

Daripada memberikan kucing makan kacang tanah lebih baik mempertimbangkan untuk mengganti makanan ini dengan makanan lainnya. Ganti dengan makanan yang jauh lebih menyehatkan dan sesuai dengan diet kucing

Jangan lupa juga sesekali untuk membawa kucing ke dokter hewan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan rutin.

 

Mungkin itu saja pembahasan mengenai Bolehkah kucing makan kacang tanah dan alasan kenapa kucing tidak boleh diberikan makan kacang tanah. Semoga bermanfaat

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url