Apakah Kucing Boleh Makan Ubi Ungu ? Ini Jawabannya !

Seperti yang kita tahu bahwa makanan yang umum dimakan oleh kucing sebagai makanan utama adalah daging atau olahannya yang berasal dari hewan. Ini sesuai dengan kucing yang merupakan bagian dari jenis hewan karnivora ( pemakan daging ).


Kucing Makan Ubi Ungu Di Mangkok

 

Meskipun begitu ada saat di mana kucing tak hanya memakan daging yang berasal dari hewan saja tetapi kucing pun pun juga akan memakan makanan lainnya yang berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti sayuran dan sejenisnya.

Salah satu dari makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan yang membuat kucing tertarik adalah ubi ungu. Ketertarikan kucing akan ubi ungu ini membuat beberapa kucing suka memakannya. Mereka memakannya dengan lahap seolah mereka sedang memakan daging.

Kucing yang suka memakan ubi ungu ini tak jarang menarik perhatian kita. Ini karena keunikan kucing dalam memilih makanan yang ia sukai dan akan memakanan makanan apapun yang ia sukai meskipun itu bukanlah makanan yang umum untuk kucing makan.

Selain menarik perhatian kita, perilaku kucing ini juga membuat kita bertanya-tanya. Salah satu dari pertanyaan yang timbul dari perilaku kucing ini adalah bolehkah kucing memakan ubi ungu dan apakah ini baik untuk kesehatan kucing ?

Bagi kamu yang memiliki pertanyaan serupa dalam pikiran kamu dan penasaran ingin tahu jawabannya maka kamu wajib membaca tulisan Anggora Berikut ini.

 

Ubi Ungu Dan Kandungan Nutrisinya

Sebelum masuk ke pembahasan utama mengenai jawaban apakah kucing boleh makan ubi ungu maka tak ada salahnya kita membahas sedikit mengenai ubi ungu dan kandungan nutrisi apa saja yang terkandung di dalamnya.

Ubi merupakan tanaman umbi-umbian yang memiliki nama Latin Ipomoea batatas L. Yang mana bagian akar ubi ini sering dijadikan sebagai makanan pengganti nasi karena kaya akan kandungan karbohidrat. Dalam bahasa Inggris sendiri makanan ini sering disebut dengan nama purple sweet potato atau sweet potato saja.

Ubi sendiri memiliki berbagai kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya seperti antioksidan, karbohidrat, serat, kalsium, kalium, vitamin C dan berbagai nutrisi lainnya. Oh ya ubi ini juga mengandung beta karoten tinggi yang ditandai dengan bagian berwarna ungu pada ubi.

Antioksidan yang tinggi pada ubi memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia. Meskipun ubi memiliki berbagai macam kandungan nutrisi dan manfaat yang baik untuk manusia tetapi ini mungkin berbeda bagi tubuh kucing peliharaan.

Hal ini dikarenakan kebutuhan nutrisi yang mungkin berbeda dan juga sistem pencernaan yang tak sama dengan manusia.

 

Lalu Apakah Kucing Boleh Makan Ubi Ungu ?

Ubi bukanlah makanan yang tergolong berbahaya untuk dimakan oleh kucing seperti coklat, ragi, bawang merah atau bawang putih dan juga anggur. Meskipun makanan ini tak berbahaya untuk dimakan oleh kucing namun kamu perlu tahu bahwa ubi ungu bukanlah makanan yang mampu memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kucing.

Ditambah lagi makanan ini mungkin tidak sesuai dengan pencernaan kucing. Jika tak sesuai dengan pencernaan kucing maka tentu saja ubi ungu dapat membuat kucing mengalami masalah gangguan pencernaan seperti sakit perut, diare dan sejenisnya.

Jadi hal yang terbaik yang mesti kita lakukan adalah menghindari pemberian ubi ungu untuk dimakan oleh kucing. Kalau kamu bersikeras untuk memberikan kucing ubi ungu maka berikan kucing sedikit saja . Lalu awasi reaksi kucing setelah memakannya.

Lihatlah apakah setelahnya kucing mengalami alergi, masalah pencernaan ataupun gangguan kesehatan lainnya. Jika tidak ada maka ini aman diberikan ke kucing kamu, jika yang terjadi adalah sebaliknya maka hentikan pemberian makanan dan segera berikan kucing perawatan dengan membawa ke dokter hewan.

Cara lainnya agar kucing bisa makan ubi ungu yaitu dengan cara melakukan konsultasi mengenai hal ini terlebih dahulu dengan dokter hewan. Jika dokter hewan menyetujuinya maka kamu bisa memberikan makanan ini untuk dimakan kucing kamu. Namun tetap berikan ubi ungu dalam porsi sedikit untuk memastikan adalah atau tidak reaksi gangguan kesehatan yang terjadi setelahnya.

 

Gangguan Kesehatan Yang Mungkin Diderita Oleh Kucing Yang Memakan Ubi Ungu

Seperti yang telah Anggora sebutkan pada tulisan di atas bahwa kucing yang telah memakan ubi ungu kemungkinan besar bisa mengalami gangguan alergi dan masalah pencernaan jika makanan ini tak cocok untuknya.

Selain itu makanan ini juga tidak baik untuk diberikan kepada kucing penderita diabetes. Ubi ungu dapat menyebabkan kenaikan gula darah dalam tubuh kucing akibat gula alami yang banyak terkandung di dalamnya.

 

Kesimpulan

Ubi ungu bukanlah makanan yang berbahaya untuk kucing dan boleh dimakan oleh kucing hanya saja kita hanya boleh memberikan kucing sedikit makanan saja dan setelahnya kita wajib melihat reaksi yang terjadi pada kucing.

Jika tak ada reaksi yang terjadi pada kucing maka makanan ini aman untuk diberikan ke kucing kamu. Bila sebaliknya, kucing mengalami gangguan kesehatan setelah diberikan ubi ungu disarankan untuk menghentikan pemberian ubi ungu dan segera memberikan kucing pengobatan.

Makanan ini memang bisa menimbulkan masalah gangguan pencernaan dan juga alergi namun ini hanya terjadi jika ada reaksi penolakan pada kucing dan juga makanan diberikan dalam jumlah yang berlebihan. Oh ya makan ini juga tak baik diberikan pada kucing penderita diabetes, bisa-bisa kadar gula darah dalam tubuh kucing meningkat.

 

Mungkin itu saja pembahasan mengenai Bolehkah kucing memakan ubi ungu dan bahasa yang terkait dengan hal ini. Semoga tulisan ini bermanfaat buat kamu yang telah membacanya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url