Bolehkah Kucing Makan Roti Tawar ? Ini Jawabnya !

Kucing adalah hewan karnivora meskipun begitu beberapa kucing justru tak hanya memakan makanan yang umum dimakan hewan karnivora. beberapa dari mereka memiliki ketertarikan dengan makanan lainnya yang bukan menjadi makanan utama mereka.


Kucing Makan Roti Tawar


Contohnya adalah ketika kita sedang memakan roti tawar, kucing peliharaan kita malah datang kepada kita untuk meminta makanan. Pada saat kita memberikan mereka makan roti tawar, kucing terlihat tampak menyukai memakan makanan ini.

Walaupun kucing tampak menyukai makanan manusia yang satu ini namun apakah ini berarti kucing boleh memakannya ? Nah untuk mengetahui jawaban atas pertanyaan yang satu ini, kamu wajib membaca tulisan anggora di bawah ini.

 

Bolehkah Kucing Makan Roti Tawar ?

Ketika kucing diberikan roti tawar. Beberapa dari kucing tak menolak pemberian kita ini. Mereka bahkan dengan senang hati menerimanya dan memakan roti tawar yang kita berikan sampai habis. Lalu saat roti tawarnya habis, kucing justru akan meminta diberikan lagi.

Kelihatannya kucing memang menyukai makan roti yang kita berikan padanya tetapi apakah roti ini boleh kita berikan ke kucing dan apakah ada resiko kucing akan mengalami gangguan kesehatan tertentu jika kita sering memberinya makan roti ?

Sebelum masuk ke pembahasan mengenai hal ini maka ada baiknya kita membahas terlebih dahulu beberapa fakta mengenai roti tawar :

1 . Kandungan Nutrisi Pada Roti Tawar

Secara umum nutrisi yang terkandung pada roti tawar yang banyak dijual di pasaran adalah karbohidrat, serat, protein dan juga sedikit lemak. Yang paling terbanyak terkandung di dalam makanan roti tawar ini adalah karbohidrat.

Untuk serat dan protein jumlahnya mungkin tak banyak namun ini jauh lebih banyak dibandingkan jumlah lemak yang terkandung di dalamnya. Dengan melihat kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, ini membuat roti bukanlah makanan yang layak untuk kucing makan.

Kandungan nutrisi di dalamnya tidak optimal untuk memenuhi nutrisi harian kucing. Bisa dibilang makanan ini hanya bisa untuk mengenyangkan kucing namun tak begitu baik untuk kesehatannya jika dikonsumsi terlalu sering atau dijadikan makanan utama kucing.

 

2. Roti Mengandung Glutten

Roti mungkin mengandung gluten. Memang tak semua roti mengandung zat yang satu ini namun sebagian roti memiliki zat ini di dalamnya. Gluten bisa dibilang kurang baik untuk di berikan ke kucing. 

Beberapa kucing yang memakan roti yang mengandung Glutten bisa mengalami gangguan pencernaan jika memakannya. Gangguan pencernaan tersebut bisa berupa diare, mual, muntah-muntah dan gangguan pencernaan lainnya.

 

3. Roti Mengandung Ragi Dan Gula

Selain mengandung Glutten, roti juga mengandung ragi dan gula. Ragi pada roti ini dapat menyebabkan perut kucing menjadi tidak nyaman seperti kembung, mual dan sejenisnya. Bahkan dalam beberapa kasus ragi dapat menyebabkan masalah pencernaan pada kucing.

Sementara untuk gula, gula bukanlah termasuk makanan yang cocok untuk diet kucing. Bukan hanya itu saja gula juga bukanlah makanan yang sehat untuk dikonsumsi oleh kucing. Itulah mengapa banyak ahli yang menyarankan untuk menghindarkan pemberian gula pada kucing.

 

4. Kucing Menjadi Terlalu Gemuk

Memang roti tawar terlihat seperti makanan yang tak bisa membuat badan kucing gemuk tetapi kenyataannya tidak demikian. Roti tawar mengandung kalori yang cukup tinggi. Itulah mengapa jika makanan ini diberikan terlalu sering kepada kucing dapat membuat kucing menjadi cukup berisi.

Namun ini bukanlah cara yang sehat untuk membuat kucing berisi dan bahkan jika diberikan terlalu berlebihan bisa membuat kucing mengalami masalah berat badan berlebih atau yang biasa kita sebut dengan obesitas.

Selain masalah obesitas, kucing yang terlalu sering memakan roti tawar yang memiliki kalori tinggi dapat beresiko mengalami gangguan kesehatan seperti penyakit jantung dan juga penyakit gula ( Diabetes )

 

5. Bahan Tambahan Yang Berbahaya

Roti tawar juga mungkin mengandung beberapa tambahan bahan yang mungkin aman bagi manusia tapi justru berbahaya bagi kucing. Beberapa bahan tambahan yang berbahaya ini umumnya adalah topping makanan yang biasa kita letakkan di atas roti ataupun kita letakkan diantara dua buah roti.

Topping ini dapat berupa bawang, keju, coklat, karamel dan topping makanan sejenisnya. Contohnya bawang sangat berbahaya jika diberikan ke kucing. Mau itu bawang merah atau bawang putih keduanya dapat merusak sel darah merah pada tubuh kucing.

Sementara itu coklat bisa menjadi sebuah racun dalam tubuh kucing karena kandungan zat Theobromin-Nya. Jika Theobromin dikonsumsi oleh kucing maka dapat menyebabkan demam tinggi, otot bermasalah, penyakit jantung serta yang terparah adalah kucing bisa mengalami kejang-kejang.

 

Itulah dia beberapa fakta mengenai roti tawar yang bisa menjadi bahan pertimbangan bagi kamu sebelum kamu memberikannya pada kucing

 

Apakah Boleh Roti Tawar Diberi Sebagai Makanan Untuk Kucing ?

Beberapa ahli berpendapat bahwa pemberian roti tawar ke kucing tidak disarankan karena ini cuma bisa mengenyangkan kucing tetapi tak cukup baik dalam memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kucing.

Di samping itu jika memberikan kucing terlalu sering makan roti tawar bisa membuat kucing mengalami gangguan kesehatan akibat kandungan ragi, gluten, gula dan akibat topping makanan tambahan yang biasa diletakkan pada roti.

Karena itulah jika kamu hendak memberikan roti sebagai cemilan kucing sebaiknya urungkan niat kamu atau lebih baik jika kamu mengganti roti ini dengan cemilan lainnya yang lebih baik untuk diberikan ke kucing.

Contohnya gantikan roti dengan cemilan khusus kucing yang banyak dijual di pasaran. Oh iya, jika kamu memberikan sedikit roti tawar untuk kucing dan di berikan dalam rentang waktu yang lama seperti setiap dua minggu maka roti ini mungkin tak akan memberikan masalah bagi kesehatan kucing.

Namun jika kamu melakukan hal ini sebaiknya di sertai dengan pengawasan serta pemeriksaan rutin ke dokter hewan agar semakin aman.


Jika kamu memiliki keraguan lainnya mengenai hal ini dan tidak mempercayai apa yang Anggora tuliskan di atas maka tiada salahnya kamu mengkonsultasikan hal ini ke dokter hewan terdekat di kota kamu.

 

Mungkin itu saja pembahasan mengenai Apakah boleh kucing diberikan makan roti tawar dan beberapa resiko gangguan kesehatan yang bisa dialami kucing ketika memakan roti tawar. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url