Apakah Kucing Boleh Makan Ubi ? Ini Jawabnya !

Hewan yang menjadikan makanan utama mereka daging sebagai makanan utama disebut hewan karnivora dan kucing termasuk salah satu dari jenis hewan karnivora. Walaupun kucing adalah hewan karnivora namun ini tak membuat kucing hanya tertarik pada satu jenis makanan.

 

Apakah Kucing Boleh Makan Ubi


Kucing juga tertarik dengan jenis makanan lainnya selain daging. Nah salah satu dari makanan yang bukan termasuk daging yang mampu membuat kucing tertarik untuk memakannya adalah ubi. Baik itu ubi rebus maupun ubi goreng, beberapa kucing menyukai kedua makanan ini.

Beberapa kucing memang menyukai makan ubi namun kita tak boleh asal memberikan makanan ini begitu saja pada kucing. Kita wajib mencari tahu apakah ubi boleh diberikan ke kucing dan apakah makanan ini baik untuk kesehatan kucing.

Nah untuk mengetahui apakah makanan ini boleh diberikan ke kucing dan apakah makanan ini merupakan makanan sehat untuk kucing maka kamu wajib membaca tulisan anggora di bawah ini.


Apakah Kucing Boleh Makan Ubi ?

Sewaktu kita sedang memakan ubi, kucing peliharaan kita mungkin tertarik dengan ubi dan ingin memakannya. Karena ketertarikan mereka dengan ubi tak jarang mereka akan merayu kita agar memberikan sedikit ubi padanya untuk dimakan.

Ketika kita memberikan kucing makan ubi, kucing tampak menyukainya serta memakannya dengan sangat lahap. Kucing memang suka makan ubi namun apakah ubi boleh diberikan ke kucing sebagai makanan ?

Jawabannya adalah makanan ini sangat tidak dianjurkan untuk diberikan ke kucing sebagai makanan. Banyak ahli berpendapat bahwa ubi bukanlah makanan yang baik untuk dimakan oleh kucing. Makanan ini tak bernutrisi, tak menyehatkan dan hanya bisa mengenyangkan kucing yang memakannya.

Di samping itu ada beberapa alasan lainnya yang membuat makanan ini tidak disarankan untuk kucing makan. Adapun beberapa alasan lainnya yaitu :

1. Ubi Hanya Mengandung Banyak Karbohidrat 

Ubi hanyalah makanan yang cuma banyak mengandung karbohidrat. Untuk kandungan protein sendiri, ubi memang memilikinya namun kandungannya terbilang cukup sedikit. Di samping itu protein ini juga terbilang kurang baik untuk kucing karena merupakan protein yang berasal dari nabati.

Lalu kenapa kalau ubi hanya mengandung karbohidrat ? Bukannya ini bagus untuk sumber energi bagi tubuh kucing seperti karbohidrat yang bagus sebagai sumber energi untuk tubuh manusia ? Jawabannya adalah tidak, karbohidrat memang baik untuk tubuh manusia tetapi untuk kucing tidak begitu.

Ini karena sumber energi utama tubuh kucing adalah lemak dan protein, bukan karbohidrat. Ini membuat makanan ini terbilang kurang baik untuk diberikan ke kucing karena selain hanya mengandung karbohidrat saja, makanan ini pun dinilai tak bernutrisi untuk kucing.

 

2. Ubi Sulit Untuk Dicerna Oleh Pencernaan Kucing

Bagi kita mungkin ubi adalah makanan yang enak dan mudah untuk dimakan. Bagi kucing juga demikian, namun ini tidak berlalu berlaku untuk pencernaan kucing. Kucing memang mudah untuk memakan makanan ini dan bagi mereka makanan ini terasa enak namun ini tak berlaku dengan pencernaan mereka.

Bagi pencernaan kucing ubi merupakan salah satu jenis makanan yang sangat sulit untuk dicerna oleh pencernaan mereka. Bukan cuma makanannya saja yang sulit untuk di sana namun nutrisi yang ada di dalamnya pun juga sama.

Daging ubi dan nutrisi karbohidrat yang terkandung di dalam ubi, keduanya butuh waktu yang lama untuk pencernaan kucing cerna. Karena hal ini tak jarang kucing yang mencernanya mengalami masalah pencernaan seperti mual-mual, sakit perut dan sejenisnya.

 

3. Ubi Mengandung Bumbu Tambahan

Alasan yang selanjutnya adalah ubi mengandung bumbu tambahan seperti garam atau gula untuk membuat ubi terasa asin atau manis. Pada beberapa negara tertentu, jika ubi disajikan dengan cara yang sederhana maka ubi hanya akan menggunakan bumbu tambahan seperti garam atau gula.

Seperti di Indonesia, makanan ini sering kali dimasak dengan cara direbus ataupun digoreng dengan menggunakan tambahan garam ataupun gula saja. Bagi manusia tambahan bumbu ini mungkin bukanlah suatu masalah namun bagi kucing justru sebaliknya.

Garam sangat tidak baik untuk dimakan oleh kucing dalam jumlah banyak karena ini bisa membuat kucing beresiko menderita penyakit ginjal, bulu mengalami kerontokan dan masalah kulit. Sementara itu untuk gula sendiri, ini bisa membuat kucing yang memakannya mengalami masalah pencernaan.

 

4. Ubi Bisa Menghasilkan Sianida Ketika Dicerna Oleh Pencernaan

Ubi mengandung zat yang bernama glukosida sianogenik yang dapat berubah menjadi sianida ketika dicerna oleh pencernaan. Bagi manusia sianida yang dihasilkan ketika dicerna oleh pencernaan bukanlah sesuatu yang membahayakan untuk tubuh.

Namun hal ini berbeda untuk kucing, zat ini bisa beresiko membuat kucing mengalami masalah pencernaan seperti mual-mual, muntah, diare dan masalah pencernaan serius. Bukan cuma itu saja kucing pun beresiko mengalami keracunan.

Ketika kucing mengalami keracunan, kucing akan mengalami yang namanya sesak nafas, lemas, kejang-kejang, koma dan bahkan bisa berujung kepada kematian.

Berdasarkan beberapa alasan di atas bisa kita simpulkan bahwa ubi bukanlah makanan yang baik untuk diberikan ke kucing dan sangat tidak disarankan untuk kita berikan ke kucing peliharaan kesayangan kita. Selain tak baik untuk diberikan ke kucing makanan ini juga bukanlah makanan yang menyehatkan bagi kucing.

 

Kini kamu sudah tahu bukan apakah kamu boleh memberikan ubi sebagai cemilan atau makanan untuk kucing. Semoga tulisan ini bermanfaat buat kami yang telah membacanya

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url