Kenapa Kucing Menjilati Telinga Kita ? Ini Alasannya !

Pastinya kita tidak asing dengan perilaku kucing yang menjilati tubuhnya. Kita mungkin tak asing lagi dengan hal ini sebab hampir setiap hari kucing melakukannya. Kucing melakukan hal ini tiap-tiap beberapa jam sekali.

 

Kenapa Kucing Menjilati Telinga Kita


Sederhananya kucing melakukan hal ini karena beberapa alasan seperti tubuhnya gatal, ada bau yang tak enak di tubuhnya, tubuh kucing kotor, meredakan kecemasan maupun perasaan stress yang kucing rasakan, sebagai pereda rasa sakit ringan dan lainnya.

Namun bagaimana jika kucing tak cuma menjilati tubuhnya namun kucing melakukan jilatan pada manusia ? Contohnya seperti kucing menjilati telinga manusia ? Apa sebenarnya alasan atau penyebab kucing melakukan hal ini ?

Penasaran ? Yuk cari tahu apa alasan maupun penyebabnya pada tulisan Anggora berikut ini.

 

Kenapa Kucing Menjilati Telinga Kita ?

Melihat kucing yang menjilati bulu-bulunya sendiri mungkin sudah biasa namun bagaimana jika kucing menjilati telinga kita ? Tentunya ini adalah sesuatu yang aneh bagi kita dan mengherankan sebab kucing jarang sekali melakukannya.

Selain itu hal ini juga akan menimbulkan pertanyaan tersendiri bagi kita seperti mengapa kucing melakukan jilatan bagi kita ? Sebenarnya ada beberapa alasan ataupun sebab yang membuat kucing menjilati telinga kita. Nah beberapa penyebab tersebut antara lain :

1. Jilatan Untuk Membersihkan Telinga

Kucing bukan cuma hanya akan menjilati dirinya sendiri saja, kucing juga terkadang akan menjilat kucing lainnya atau hewan lainnya yang akrab dengan ( Contohnya anjing, monyet dan sejenisnya. Hal yang sama juga berlaku bagi kita para manusia.

Akan ada saat di mana kucing akan menjilat bagian tubuh kita untuk membersihkannya. Salah satu contohnya adalah jilatan kucing pada telinga. Ketika kucing menjilati, kucing mungkin hanya berniat untuk membersihkan telinga kita.

Membersihkannya dari bau-bauan ataupun kotoran yang mengganggu pandangannya ataupun penciuman kucing. Karena itulah sewaktu kucing menjilati telinga kita, itu berarti kucing cuma berniat membersihkannya saja.

 

2. Jilatan Ini Karena Ingin Merasakan Rasa Telinga Kita

Beberapa kucing cuma ingin merasakan telinga kita saja. Mereka mungkin merasa bahwa telinga ini adalah sesuatu yang lembut dan bisa di makan saat mereka menyentuhnya dengan telapak tangan mereka yang menggemaskan.

Ini membuat kucing berpikir bahwa telinga ini adalah sesuatu yang enak serta bisa di makan. Karena pemikiran mereka ini, kucing terdoronh untuk menjilatinya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk memakannya dan di saat si kucing merasa bahwa ini bukan sesuatu yang dapat di makan maka pada akhirnya kucing akan berhenti melakukan jilatan.

 

3. Jilatan Karena Ketertarikan Kucing Dengan Telinga Kita

Kucing adalah hewan yang penuh rasa ingin tahu. Keingintahuan kucing ini membuat mereka akan tertarik pada sesuatu hal yang baru dan beberapa hal yang mungkin bisa mereka jadikan sebagai mainan ataupun mangsa.

Telinga merupakan salah satu hal yang dapat membuat kucing tertarik. Jika kamu menggendong kucing dan menggerakkan telinga kamu di dekat wajah mereka, beberapa kucing mungkin akan fokus melihat ke arah telinga kamu.

Lalu kucing peliharaan kesayangan kemungkinan besar akan menangkapnya lalu menggigit telinga kita sebelum pada akhirnya mereka menjilat-jilati telinga kita untuk beberapa saat.

 

4. Jilatan Akibat Bau-Bauan Tertentu

Selain karena ketertarikan kucing pada telinga, kucing mungkin menjilat telinga kamu di karenakan adanya bau-bauan tertentu yang menempel di telinga kamu. Entah itu menempel karena di sengaja ataupun karena tak di sengaja.

Biasanya bau-bauan yang dapat membuat kucing menjilati telinga kita adalah bau-bauan dari bau makanan, bau minyak goreng, bau minyak zaitun, cantik lavender, bau mawar, tanaman honey suckle dan sejenisnya

 

5. Jilatan Kasih Sayang

Tahu tidak bahwa jilatan yang kucing lakukan pada kucing lainnya bisa di katakan sebagai cara kucing dalam menunjukkan rasa sayangnya. Jilatan pada telinga manusia juga adalah salah satunya. Ketika kucing menjilati telinga manusia maka ini berarti kucing sedang memberi kita kasih sayang.

Jilatan kucing ini mirip dengan jilatan induk kucing pada anak-anaknya hanya saja jilatan kucing pada kita orang pemiliknya mungkin memiliki arti kasih sayang yang lebih mendalam seperti kasih sayang orang tua dan anaknya

 

6. Jilatan Untuk Mengatakan Sesuatu Hal

Ada yang bilang saat kucing menjilati telinga kita ini berarti kucing hendak mengatakan sesuatu hal pada kita. Mungkin ini terdengar seperti sebuah candaan yang di lontarkan keluarga dan orang lain pada kita atau candaan sesama pecinta kucing.

Namun pada beberapa kasus, hal ini adalah benar. Ada beberapa pemilik kucing yang kucingnya pergi meninggalkannya beberapa hari setelah kucing menjilati dirinya. Entah itu meninggalkannya karena tersesat, di curi orang ataupun karena meninggal dunia.

Apapun itu, ini membuktikan bahwa kucing menjilati kita seolah ia ingin mengatakan sesuatu sebagai pamit dan sejenisnya. Tetapi untuk percaya atau tidaknya itu keputusan kamu sendiri. Kalau Anggora sendiri sih sedikit percaya akan hal ini.

 

Itulah dia beberapa alasan atau sebab kucing menjilati telinga kita. Semoga tulisan ini bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url