Kenapa Kucing Takut Mandi ? Ini Alasannya !

Kucing adalah hewan yang cukup bersih, setiap kali tubuhnya kotor ataupun bau maka kucing akan membersihkan tubuhnya dengan cara menjilatnya. Bahkan terkadang walaupun tubuhnya tak kotor, kucing tetap akan membersihkan tubuhnya.

 

Kucing Yang Takut Mandi


Mungkin kucing melakukannya sebagai salah satun rutinitas harian sekaligus menjaga tubuhnya tetap bersih. Bagi kita manusia, aktivitas kucing menjilati bulunya sering di anggap sebagai kucing yang sedang mandi. Pandangan mengenai hal ini cukup umum di masyarakat kita.

Oh ya, bicara soal kucing mandi, mungkin saat mendengar kata kucing mandi maka beberapa dari kita juga akan berpikir tentang memandikan kucing. Sewaktu memandikan kucing, satu hal yang paling merepotkan bagi kita adalah kucing takut di mandikan.

Kucing akan berontak setiap kali mereka tahu bahwa mereka akan di mandikan. Ini membuat kita akan kesulitan untuk memandikan kucing peliharaan kesayangan kita. Sebenarnya kenapa sih kucing sangat takut di mandikan ? Yuk cari tahu jawabannya di sini !

 

Kenapa Kucing Takut Mandi ?

Bukan hal yang aneh lagi bagi kita melihat kucing yang takut mandi. Bahkan beberapa dari kita mungkin sudah bosan dengan perilaku kucing yang tak bisa sama sekali terbiasa untuk di mandikan meskipun kita sudah memandikannya beberapa kali.

Melihat perilaku kucing yang seperti ini pastinya beberapa dari kita pernah bertanya-tanya dalam hati " Mengapa kucing sangat takut mandi ". Lalu jawaban yang terpikir oleh kita hanyalah kucing takut mandi karena takut air.

Sebenarnya bukan itu saja jawabannya, ada beberapa alasan lain yang membuat kucing begitu takut untuk kita mandikan. Nah setahu Anggora beberapa alasan atau penyebab kucing takut di mandikan adalah sebagai berikut :

1. Naluri Alami Kucing

Alasan pertama yang membuat kucing takut untuk mandi adalah naluri alami kucing. Bagi kucing di mandikan manusia dengan menggunakan air, sikat bulu, sabun atau shampo kucing bukanlah sesuatu hal alamiah.

Berdasarkan naluri alami kucing, ini adalah suatu hal yang tak di butuhkan sama sekali di tambah lagi saat kucing di mandikan kucing merasa bahwa dirinya rentan serta ini membuat kucing tak dapat menghindari bahaya.

Alasan inilah yang membuat kucing tak ingin mandi dan menolak kita dengan sangat keras di saat kita berniat untuk memandikannya. Oh iya naluri alami kucing yang takut mandi ini bisa di tiadakan dengan membiasakan memandikan kucing di saat ia berusia muda.

 

2. Kucing Sensitif Terhadap Air

Kucing merupakan salah satu hewan yang bisa di bilang cukup sensitif terhadap air. Air yang cukup dingin atau sedikit panas bisa sangat mengganggu kucing serta membuat mereka merasa tak nyaman dengan kondisi tubuh mereka saat terkena air.

Selain itu sensasi basah dan lengketnya bulu-bulu juga tak di sukai oleh kucing. Inilah mengapa kucing di alam liar maupun kucing peliharaan kesayangan sangat enggan bila mana kita ajak ia untuk mandi.

 

3. Kucing Merasa Bahwa Tubuhnya Aneh

Alasan selanjutnya yang membuat kucing takut untuk mandi adalah karena ketika tubuh mereka terkena air ini membuat tubuh mereka terasa aneh. Rasa aneh ini timbul dari tubuh mereka yang menjadi tak seimbang.

Ini karena ketika ada bagian tubuh yang terkena air dan ada yang tak terkena air maka ini akan membuat tubuh kucing berat sebelah. Karena tubuh mereka terasa aneh maka kucing akan kesulitan dalam mengendalikan tubuhnya.

 

4. Trauma Kucing

Rasa takut kucing akan mandi juga bisa bersumber dari luar kucing itu sendiri. Contohnya adalah trauma kucing terhadap hal-hal yang berhubungan dengan air. Biasanya trauma ini terjadi ketika kucing mengalami hal buruk dengan air.

Contohnya kucing dahulu pernah di siram dengan air es yang sangat dingin atau kucing dahulu pernah di siram dengan air panas serta air kimia yang mana ini melukainya. Ketika kucing mengalami trauma terhadap air maka otomatis mereka akan takut untuk di mandikan.

 

5. Terlalu Lama

Kucing adalah hewan yang selalu melakukan beberapa aktivitas harian yang berulang-ulang dan yang paling utama adalah kucing sangat senang bermain dan tidur. Ini membuat kucing tak suka jika ada suatu hal yang mengacaukan rutinitasnya ini.

Karena mandi terlalu lama maka ini bisa membuat kucing tak bisa melakukan rutinitas harian dan sesuatu hal yang ia suka. Ini sangat mengganggu baginya yang membuat kucing sangat takut untuk di mandikan.


 

Itulah alasan mengapa kucing takut mandi. Kini kamu sudah tahu bukan apa saja yang membuat kucing takut di mandikan. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi para pembaca.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url