Kenapa Kucing Takut Sama Air ? Ini Alasannya !

Kucing adalah hewan yang menyenangkan untuk di pelihara, itulah kenapa banyak dari kita yang menjadikannya sebagai hewan peliharaan di rumah. Oh iya, bicara soal kucing, jika kita di tanya apa yang paling di takuti kucing maka kita akan sepakat akan satu jawaban.

 

Kucing Yang Takut Sama Air

 

Ya benar, itu adalah air. Kucing takut air. Meskipun ada beberapa kucing yang tak takut air tetapi hampir seluruh jenis ras kucing takut dengan air. Jika kita memercikkan air ke kucing, di jamin kucing akan lari menjauh dari kita.

Kita tahu bahwa kucing takut air, tapi pernahkah kita berpikir mengapa kucing takut air dan apa yang membuat kucing begitu takut terkena air. Jika kamu memikirkan hal yang serupa pastinya kamu juga ingin tahu apa jawabannya.

Nah bagi kamu yang penasaran akan hal ini maka kamu bisa mengetahu jawabannya dengan membaca tulisan Anggora berikut ini. Baca hingga akhir ya sobat !

 

Ketakutan Kucing Akan Air

Kucing sudah menjadi peliharaan manusia sejak jaman 3500 tahun SM. Pada mulanya kucing di jadikan hewan peliharaan untuk mengusir hama di kebun padi atau jagung milik manusia. Selain itu kucing juga di jadikan hewan penjaga gudang untuk melindungi hasil panen dari hama seperti tikus, serangga dan hama lainnya.

Sedari dulu, kucing memang terkenal dengan sikapnya yang ramah serta dekat dengan manusia, berprilaku unik dan senang berburu mangsa. Karena perilakunya ini di beberapa kerajaan kuno di Mesir dan di beberapa tempat lainnya, kucing sering di puja dan di perlakukan sebagai hewan suci

Hal serupa juga berlaku dengan ketakutan kucing akan air. Ketakutan kucing akan air sudah ada sedari dulu sejak jaman nenek moyang kucing. Setiap kali kucing terkena air di tubuhnya terutama di mukanya maka kucing secara spontan akan berlari menjauh.

Hingga saat ini ketakutan kucing akan air tetaplah ada dan tampak seperti ini adalah warisan sifat alamiah yang di turunkan secara turun temurun dari pendahulu mereka. Karena alasan inilah, asumsi masyarakat akan kucing takut air terbentuk dan menjadi pengetahuan umum seperti yang kita ketahui saat ini.

 

Kenapa Kucing Takut Sama Air ?

Kebanyakan kucing takut pada air. Tak peduli apapun jenis ras kucing itu sendiri, beberapa dari mereka banyak yang takut dengan air. Hanya beberapa kucing saja yang tak takut dengan air namun ini hanyalah karena kucing telah di biasakan dengan air sedari kecil.

Sebenarnya apa yang membuat kucing takut akan air ? Menurut Anggora sendiri, alasan utama yang membuat kucing takut adalah sebagai berikut :

1. Kucing Tak Suka Tubuhnya Basah

Kucing takut akan air karena kucing tak ingin tubuhnya basah. Itulah mengapa jika kita tanpa sengaja menumpahkan air ke arah kucing dan kucing mengetahuinya maka secara spontan kucing tersebut akan berusaha menghindari air tersebut atau bahkan menjauhi kita.

Alasan kucing tak suka tubuhnya basah mungkin karena ketidaknyamanan yang timbul akibat bulu-bulunya yang basah dan menempel satu sama lain. Di samping itu, ini juga membuat kucing terpaksa harus mengeringkan tubuhnya.

 

2. Kucing Takut Air Mengenai Wajahnya

Alasan kedua kenapa kucing akan menjauh apabila ia terkena atau di siram air adalah karena kucing takut air mengenai wajahnya. Kucing takut benda ini akan masuk ke mata dan dalam lubang hidungnya dan melukai dirinya.

Meskipun air yang tersiram adalah air biasa yang tak berbahaya namun kucing tetap akan waspada ini mengenai wajahnya. Ini merupakan insting alami kucing yang membuat ia selalu waspada terhadap apapun yang berada di sekitarnya.

 

3. Kucing Takut Air Masuk Ke Dalam Telinganya

Selain takut mengenai wajahnya, ternyata kucing juga takut air karena ia takut air ini masuk ke dalam telinganya. Sama seperti manusia, jika air masuk kedalam telinga tentu ini akan membuat kucing terganggu dan mengganggu pendengaran miliknya.

Itulah mengapa kucing selalu bertindak cepat untuk menghindari air saat ia mengetahui ada air yang akan mengenainya. Ini kucing lakukan agar air ini tak masuk ke dalam telinga miliknya.

 

4. Kucing Menjadi Kedinginan

Kucing takut air karena kucing tak ingin merasakan dingin di tubuhnya. Kucing mungkin mampu untuk mengatur suhu tubuhnya ketika udara panas namun jika udara dingin, kucing butuh usaha ekstra untuk membuat tubuhnya tetap hangat.

Daripada merasakan dingin akibat air membasahi seluruh tubuhnya, kucing mungkin akan lebih memilih merasa kepanasan. Bagi kucing tubuh yang panas mungkin jauh lebih baik daripada tubuh terasa dingin.

 

5. Tubuhnya Menjadi Berat

Alasan lainnya yang membuat kucing tak suka dengan air adalah kucing tak suka jika air membasahi tubuhnya dan membuat tubuhnya terasa berat. Seperti kita tahu bahwa ketika bulu kucing basah, bulu kucing mungkin akan sedikit lebih berat karena bulu kucing menyerap air.

Hal ini mirip seperti kapas. Jika kapas di basahi air maka kapas akan menyerap air dan membuat massa kapas akan jauh lebih berat di bandingkan sebelum kapas di basahi dengan air.

 

6. Kucing Terpaksa Harus Mengeringkan Tubuhnya

Yang terakhir adalah kucing takut air karena kucing mau tak mau terpaksa harus mengeringkan tubuhnya apabila tubuhnya basah. Bagi kucing mengeringkan tubuhnya dengan cara menjilatinya akan membutuhkan waktu yang lama dan membuat ia kelelahan.

Itulah mengapa setiap kali tubuh kucing basah dan kita membiarkan kucing mengeringkan tubuhnya sendiri dengan menjilatnya maka sesudah ia selesai mengeringkan tubuhnya, kebanyakan kucing akan beristirahat dengan pergi tidur karena ia lelah.

 

Itulah dia pembahasan mengenai beberapa alasan kucing takut akan air. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url