Kenapa Kucing Guling-Guling Di Lantai ? Ini Alasannya !

Kita semua pastinya sudah tahu bahwa kucing terkenal akan perilaku randomnya. Mulai dari kucing yang terkadang bisa melompat ke tubuh kita, menangkapi kita, berlarian mengikuti kita ke sana kemari, menarik rambut kita dan beberapa perilaku random lainnya sering kucing lakukan.

 

Kenapa Kucing Guling-Guling Di Lantai


Selain dari beberapa perilaku yang Anggora sebutkan di atas ada satu lagi nih perilaku random kucing yang kita semua tahu, yaitu kucing suka guling-guling di atas lantai. Kita seringkali menemukan kucing peliharaan kita melakukan hal ini.

Mereka umumnya melakukannya tak pandang tempat, mau itu di atas lantai rumah yang bersih ataupun diatas tanah berpasir yang kotor dan tanah yang basah maka selama mereka menginginkannya mereka akan melakukannya.

Oh iya bicara soal perilaku kucing yang satu ini, pastinya pernah terpikir oleh kita apa alasan yang membuat kucing sering berguling-guling di lantai. Sebenarnya kenapa kucing suka melakukan hal ini? Yuk cari tahu dengan  membaca tulisan ini.

 

Kenapa Kucing Guling-Guling Di Lantai ?

Perilaku kucing yang sering berguling-guling di lantai bukan cuma terjadi pada satu atau beberapa kucing saja namun ini terjadi pada seluruh kucing yang ada di dunia ini. Tak peduli apapun jenis kucingnya, pada akhirnya di saat tertentu mereka akan melakukan aktivitas berguling di lantai.

Ada beberapa alasan dasar mengalankucing melakukan hal ini. Setahu Anggora beberapa penyebabnya adalah sebagai berikut ini :

1. Tubuh Kucing Gatal

Sewaktu tubuh kucing gatal, kucing akan menggaruk bagian yang gatal tersebut dengan kakinya ataupun menjalaninya dengan lidahnya. Namun bagaimana jika bagian yang gatal tadi tak bisa di jangkau oleh kucing? Tentunya kucing akan melakukan hal lain.

Kucing akan berusaha memanfaatkan lingkungan sekitarnya. Contohnya seperti kucing akan menggosok-gosokkan tubuhnya yang gatal ini ke kursi, meja, sofa namun kucing lebih sering menggosokkan tubuhnya ke lantai ataupun tanah yang berpasir.

Ini karena tanah ataupun pasir lebih mudah menjangkau bagian yang ia inginkan dan jangkauannya cukup luas. Umumnya kucing akan melakukan guling di lantai untuk menghilangkan rasa gatalnya dan ketika rasa gatalnya hilang maka kucing akan berhenti berguling-guling.

 

2. Cari Perhatian

Selain karena tubuhnya gatal, kucing suka melakukan hal ini untuk menarik perhatian. Entah itu perhatian kucing lainnya ataupun perhatian dari pemiliknya yang ia sayangi. Kucing sengaja melakukan hal ini agar ia bisa berinteraksi dengan subjek yang ia inginkan.

Bukan cuma itu saja, kucing juga melakukan hal ini agar ia di manja oleh pemiliknya. Jadi saat kucing kamu berguling-guling di hadapan kamu maka ini bisa jadi kucing butuh perhatian kamu, cobalah luangkan sedikit waktu kamu untuk berinteraksi dengan si kucing kesayangan.

 

3. Menandai Tempat Tertentu

Meskipun terlihat bahwa kucing hanya sekedar guling-guling di lantai namun sebenarnya ini tak sesederhana apa yang kita lihat. Ada alasan lainnya mengapa kebanyakan kucing melakukan hal ini, terutama kucing berjenis kelamin jantan.

Kucing jantan dewasa adalah hewan yang teritorial, mereka akan menguasai wilayah tertentu yang mereka anggap sebagai wilayah kekuasaan mereka. Untuk menetapkan bahwa tempat tersebut adalah wilayah mereka, memberi tahu kucing lainnya dan memperingati mereka maka kucing akan menandai wilayah ini.

Penandaan wilayah ini umumnya kucing lakukan dengan cara spraying urin ke area wilayahnya, meninggalkan baunya dengan cara mencakar tempat tersebut, menggosokkan tubuhnya dengan berguling di lantai dan meninggalkan kotorannya di sana.

 

4. Kucing Sedang Dalam Musim Kawin

Alasan ke empat kucing berguling di lantai adalah kucing sedang dalam musim kawin. Ini di tandai dengan kucing terlalu sering berguling di lantai secara bolak-balik. Mungkin lebih dari 3 kali dalam sehari di lakukan oleh kucing yang sedang dalam masa kawin.

Ada beberapa tujuan berguling di lantai selama musim kawin, beberapa di antaranya :

  • Menarik perhatian pejantan atau betina

  • Memberitahukan kucing lain bahwa kucing jantan atau betina siap kawin

  •  Kucing melakukannya agar kucing lainnya menyukainya

  • Perkawinan berhasil dilakukan ( hanya berlaku untuk kucing betina )


5. Pertanda Bahwa Kucing Menyukai Tempat Tertentu

Ketika kucing suka berguling di tempat tertentu maka kamu bisa berpikir bahwa kucing mungkin menyukai tempat ini. Mungkin tempat ini merupakan wilayah yang sering kucing jadikan sebagai tempatnya beristirahat, tempat untuk tidur ataupun tempat untuk menggaruk-garuk tubuhnya.

Beberapa tempat yang kucing sukai biasanya adalah tempat yang bersih ataupun tempat yang berpasir atau memiliki tanah kering di sana.

 

6. Mengajak Bermain Orang Dekatnya

Apakah kucing kamu berguling-guling tepat di hadapan kaki kamu sesaat setelah ia berlarian di sekitar kamu? Jika iya maka ini berarti tujuan kucing berguling-guling hanyalah karena si kucing ingin mengajak kamu bermain-main dengannya.

 

Itulah dia beberapa alasan kenapa kucing guling-guling di lantai. Kini kamu sudah tahu bukan apa saja alasan kucing berperilaku seperti ini.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url