Kenapa Kucing Jantan Menjilati Kemaluan Kucing Betina ? Ini Jawabannya !

Kucing adalah hewan yang cukup unik, keunikan kucing bukan hanya dari fisiknya yang berbeda dari tiap-tiap jenis ras kucing tetapi keunikan ini juga berlaku pada perilaku kucing. Salah satu perilaku kucing yang menurut Anggora cukup unik yaitu kucing yang sering menjilati kemaluan kucing lainnya.

 

Kenapa Kucing Jantan Menjilati Kemaluan Kucing Betina


Perilaku kucing ini seringkali dilakukan oleh ibu dan anak-anak kucing, sesama saudara-saudari kucing, kucing yang tinggal dalam tempat tinggal yang sama dan juga di lakukan kucing dengan pasangannya.

Ini umum dilakukan oleh kucing sesama jenis kelamin dan lebih sering dilakukan oleh kucing yang berbeda jenis kelamin cara kucing jantan dan kucing betina. Perilaku unik kucing ini mungkin bagi kita terlihat cukup menjijikan dan juga menimbulkan pertanyaan tersendiri.

Pertanyaan tersebut pastinya mengenai alasan di balik kucing melakukannya. Sebenarnya ada beberapa alasan mengapa kucing melakukan hal ini. Bagi kamu yang penasaran mengenai -alasannya maka kamu wajib membaca tulisan yang anggora berikut ini.

 

Kenapa Kucing Jantan Menjilati Kemaluan Kucing Betina ?

Kucing jantan yang menjilati kemaluan kucing betina bagi kucing adalah sesuatu hal yang normal dan ini cukup umum dilakukan oleh kucing terhadap sesama kucing tanpa memandang usia ataupun jenis kelamin kucing itu sendiri.

Namun bagi kita manusia ataupun bagi para pemilik kucing, hal ini merupakan hal yang tak enak dipandang dan sangat menjijikkan. Beberapa dari kita yang melihat hal ini mungkin berpikir untuk menghentikan kucing melakukannya ketika kucing melakukannya di hadapan mereka.

Kita mungkin juga akan memikirkan bagaimana cara mengubah perilaku kucing ini. Sebenarnya perilaku ini tak perlu terlalu kita pikirkan ataupun kita khawatikan, ini tak akan membahayakan kucing.

Oh iya bicara soal kucing yang senang menjilati kemaluan kucing lainnya, sebenarnya ada beberapa alasan mengapa kucing melakukan hal ini.

Beberapa alasan tersebut sepengetahuan anggora adalah sebagai berikut :

1. Kucing Melakukannya Sebagai Bagian Dari Perawatan Diri

Ketika ada kucing jantan yang menjilati kemaluan kucing betina, ini bukan karena semata-mata kucing iseng menjilati kemaluan kucing betina namun kucing jantan melakukan ini dengan tujuan untuk melakukan perawatan terhadap kucing betina tersebut.

Kucing melakukan ini karena kucing merasa bahwa bagian tersebut cukup kotor atau bagian ini memiliki bau yang mengganggu hidungnya. Kedua alasan ini membuat kucing jantan menjilatinya dengan tujuan membersihkan area tersebut.

 

2. Bentuk Interaksi Sosial Antara Kucing

Walaupun kucing adalah hewan yang cenderung Individual dan hanya berkelompok ketika mereka memiliki keluarga namun ini bukan berarti kucing tak bisa berinteraksi dengan kucing lainnya yang berada di sekitarnya.

Kucing bisa melakukan interaksi dengan kucing lainnya dengan beberapa bentuk gestur tubuh dan salah satunya termasuk jilatan pada kemaluan kucing. Bagi kucing jilatan pada kemaluan kucing bisa diartikan sebagai sapaan terhadap kucing lainnya.

Selain itu, tindakan kucing ini juga merupakan salah satu cara kucinguntuk menunjukkan rasa kasih sayang dan perhatiannya terhadap anak-anaknya, terhadap saudaranya, terhadap calon pasangan maupun pasangannya.

 

3. Tanda Bahwa Kucing Siap Untuk Berkembang Biak

Kucing jantan yang menjilati kemaluan kucing betina bisa menjadi pertanda bahwa kucing siap berkembang biak. Ini karena dalam masuk masa birahi kucing betina akan melepaskan hormon feromon yang dapat menjadi pertanda bahwa kucing sudah siap untuk berkembang biak.

Kucing jantan yang mencium bau feromon ini akan merespon dengan menjilati kemaluan kucing betina. Kucing akan melakukan hal ini sebelum pada akhirnya mereka memutuskan untuk melakukan perkawinan.

 

4. Sikap Dominan Kucing

Dalam beberapa kasus perilaku kucing yang satu ini bisa dibilang sebagai sikap dominan kucing terhadap kucing lainnya. Sewaktu kucing betina mendapatkan perlakuan ini dari kucing jantan tetapi kucing betina enggan menerima persahabatan maupun perhatian dari kucing jantan.

Namun karena kucing betina didominasi oleh kucing jantan maka mau tak mau kucing betina terpaksa menerima hal ini karena tak bisa menolak kucing jantan.


5. Menjaga Kesehatan

Meskipun bagi kita manusia hal ini menjijikan namun bagi kucing tindakannya ini bisa membantu kucing untuk menjaga kesehatannya. Alasannya sih sederhana karena di dalam liur kucing terdapat zat  histatin yang dapat mencegah infeksi dan menghalangi pertumbuhan kuman.

Bukan cuma untuk menjaga kesehatan area yang dijilati kucing saja namun ternyata kucing juga melakukan hal ini untuk memeriksa kesehatan pasangannya. Dengan melakukan gerakan ini maka kucing dapat mendeteksi apakah area tersebut mengalami infeksi ataupun peradangan.

 

Itulah dia beberapa alasan mengapa kucing jantan kadang-kadang suka menjilati kemaluan kucing betina. Jadi dapat disimpulkan bahwa kucing jantan menjilati kemaluan kucing betina dengan tujuan tertentu.

Tujuan kucing melakukannya mungkin untuk melakukan perawatan, untuk berinteraksi, persiapan perkembangbiakan, mendominasi lawan jenisnya, untuk menjaga kesehatan ataupun untuk memeriksa kesehatan pasangannya.


Sampai di sini saja pembahasan mengenai hal ini. Semoga tulisan ini bernafas dan ilmu telah membacanya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url