Apakah Kucing Boleh Makan Ikan Teri ? Ini Jawabnya !

Kita tahu bahwa kucing adalah hewan Karnivora dan karena alasan inilah mereka umumnya suka makan makanan yang berasal dari hewan. Salah satu makanan yang berasal dari hewan yang kucing sangat sukai adalah ikan.

 

Apakah Kucing Boleh Makan Ikan Teri


Mereka menyukai seluruh bagian dari ikan. Mulai dari kepala, badan, ekor bahkan kucing pun menyukai tulang ikan. Umumnya kucing menyukai segala macam jenis ikan. Mereka suka ikan yang berasal dari darat seperti ikan nila, ikan emas, ikan lele, dan sejenisnya.

Mereka juga suka ikan yang berasal dari laut seperti ikan tuna, ikan salmon, ikan kakap. Bicara soal ikan sebagai makanan kucing. Ikan teri merupakan salah satu jenis ikan yang sering di berikan sebagai makanan buat kucing.

Ini karena ikan ini merupakan ikan yang mudah di temukan, berharga murah, berjumlah banyak, mudah di berikan ke kucing dan yang terpenting adalah kucing menyukai ikan teri ini. Kareba alasan inilah membuat banyak dari kita senang memberikan ikan teri pada kucing.

Tetapi apakah ikan teri merupakan jenis ikan yang boleh di berikan ke kucing dan bolehkah kucing makan ikan teri ? Ketahui jawabannya dengan membaca tulisan Anggora di bawah ini. Baca sampai akhir ya.

 

Apakah Kucing Boleh Makan Ikan Teri ?

Kebanyakan dari kita mungkin senang memberikan ikan teri pada kucing. Terutama bagi mereka yang memelihara kucing kampung, ikan teri sering kali di berikan pada kucing sebagai makanan utama mereka.

Ikan teri sering mereka campurkan dengan nasi lalu di berikan ke kucing dan kucing juga suka memakannya. Namun apakah ikan teri boleh kita berikan ke kucing sebagai makanan ? Jawabannya adalah boleh.

Makanan ini tergolong aman untuk di berikan pada kucing  Bahkan ikan teri kaya akan nutisi seperti protein, asam lemak, omega 3, vitamin D dan kandungan mineral seperti kalsium dan fosfor. Yang mana nutrisi ini baik bagi tubuh kucing.

Namun ada beberapa hal penting yang mesti kamu perhatikan sebelum memberikan ikan teri pada kucing sebagai makanan. Adapun hal penting tersebut antara lain :

1. Bersihkan Ikan Teri Dari Duri

Kebanyakan ikan teri yang di jual di pasaran mungkin bersih dari duri terutama jenis ikan teri halus atau ikan teri kecil yang banyak di jual di pasaran. Tetapi  walaupun begitu sesaat sebelum memasak ikan teri, tetap pastikan bahwa ikan teri bebas dari duri.

Bila masih ada duri yang tersisa pada ikan di sarankan untuk membersihkannya terlebih dahulu namun kalau setelah di periksa ternyata ikan bebas dari duri maka kamu bisa lanjut memasak ikan teri tersebut.

 

2. Masak Matang Terlebih Dahulu

Selanjutnya yang harus kamu lakukan sebelum memberikan kucing ikan teri adalah memasaknya hingga matang terlebih dahulu. Lakukan ini agar kucing kamu aman memakannya dan tak beresiko terkena masalah pencernaan.

Memasak ikan teri hingga matang dapat membersihkan ikan dari segala macam bakteri serta parasit jahat yang biasa menyerang sistem pencernaan kucing. Dengan melakukan hal ini kucing akan terhindar dari resiko gangguan pencernaan.

 

3. Berikan Ikan Teri Tanpa Bumbu

Jika kamu ingin memberikan kucing kamu ikan teri sebaiknya jangan memberikan ikan teri yang sudah di berikan bumbu. Ikan teri yang tadinya aman untuk kucing maka bisa menjadi berbahaya untuk kucing makan.

Bahkan ikan teri mungkin bisa menjadi beracun buat tubuh kucing. Penyebabnya adalah karena tambahan bumbu tersebut. Bumbu yang bagi manusia bisa di bilang aman untuk di makan namun tidak bagi kucing.

Contohnya seperti bumbu yang mengandung cabe dapat membuat kucing mengalami diare, bumbu yang ada bawang merah atau bawang putihnya dapat merusak sel darah merah kucing, bumbu yang tinggi kandungan garamnya dapat membuat kucing beresiko terkena penyakit ginjal dan sejenisnya.

Bila kamu ingin kucing kamu tetap sehat maka jangan memberikan ikan teri berbumbu pada kucing peliharaan kesayangan kamu.


4. Jangan Terlalu Banyak Memberikan Kucing Ikan Teri

Meskipun ikan teri aman untuk di berikan pada kucing, makanan ini hanya aman di berikan dalam porsi tertentu. Ketika ikan teri di berikan terlalu banyak pada kucing maka makanan ini bisa berpotensi menyebabkan masalah kesehatan pada kucing.


5. Jangan Berikan Ikan Teri Setiap Hari Pada Kucing

Walaupun kucing cukup menyukai ikan teri untuk di makan tetapi sebaiknya jangan menjadikan ikan ini sebagai makanan utama kucing yang sering kali kita berikan setiap harinya pada kucing peliharaan kita.

Pemberian ikan teri terlalu sering setiap hari dapat menyebabkan kucing mengalami masalah kulit seperti gatal-gatal, kerontokan bulu dan yang terparah adalah kucing dapat mengalami penyakit ginjal akibat kandungan garamnya yang terlalu tinggi.


6. Perhatikan Reaksi Kucing Setelah Memakannya

Saat kucing makan ikan teri pastikan untuk mengawasi terus kucing. Perhatikan apakah setelah kucing memakannya, kucing menunjukkan reaksi negatif tertentu seperti gatal-gatal, ruam, muntah dan sejenisnya.

Bila ini terjadi pada kucing maka ini mungkin karema kucing tak cocok  makan ikan teri dan punya alergi terhadap jenis ikan ini. Jika reaksi negatif ini terjada pada kucing kamu sebaiknya segera hentikan pemberian ikan teri dan konsultasikan masalah ini dengan dokter hewan terdekat di kota kamu.

Tetapi jka tak ada reaksi negatif setelah kucing memakannya maka pemberian ikan teri aman dan boleh di lanjutkan serta dapat di simpulkan bahwa kucing kamu tak memiliki alergi apapun terhadap jenis ikan ini.

 

Dengan memperhatikan beberapa hal di atas maka ikan ini boleh di berikan ke kucing kamu dan pastinya aman untuk kucing konsumsi. Kamu jadinya tak perlu khawatir lagi memberikan kucing kamu makan ikan teri.

 

 Mungkin itu saja pembahasan mengenai bolehkah kucing makan ikan teri. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url