Apakah Kucing Boleh Makan Tahu Tempe ? Ini Jawabannya !

Kita semua pastinya tahu bahwa meskipun kucing adalah hewan menggemaskan lucu dan juga ramah tapi kucing adalah hewan yang termasuk dalam golongan hewan Karnivora atau yang biasa kita kenal dengan hewan pemakan daging.


Apakah Kucing Boleh Makan Tahu Tempe ?

 

Ini membuat kucing lebih menyukai makanan yang berasal dari hewan seperti daging di bandingkan makanan lainnya dan makanan inilah yang merupakan makanan terbaik bagi tubuh kucing karena mudah di cerna serta bernutrisi bagi mereka.

Walaupun kebanyakan kucing menyukai daging hewan tetapi beberapa kucing memiliki ketertarikan pada makanan lain selain daging. Salah contohnya adalah sebagian kucing ada yang menyukai makan tahu tempe.

Mereka menyukai makanan ini dan mampu melahapnya hingga habis. Bagi mereka yang memiliki kucing yang hobi makan tahu dan tempe pastinya hal ini terasa aneh dan tak jarang menimbulkan pertanyaan seperti bolehkah kucing makan tahu serta tempe.

Nah bagi kamu yang punya kucing berkelakuan sama dan memiliki pertanyaan serupa maka kamu dapat mengetahui jawabannya dengan membaca tulisan Anggora yang ada di bawah ini.


Apakah Kucing Boleh Makan Tahu Tempe ?

Seperti yang Anggora katakan di atas bahwa beberapa kucing punya ketertarikan pada makanan seperti tahu serta tempe. Kucing yang tertarik akan makanan ini tentu akan meminta pada kita untuk di berikan tahu dan tempe ketika pada saat itu ia melihat kita memegang makanan ini.

Namun yang jadi pertanyaan adalah apa boleh kita memberi kucing makan tahu tempe ? Jawabannya adalah tahu serta tempe tak di anjurkan untuk di berikan pada kucing sebagai cemilan ataupun makanan utama kucing.

Meskipun makanan ini tak berbahaya buat kucing makan tetapi beberapa ahli menilai bahwa makanan ini bukanlah makanan yang baik untuk kucing makan. Ada beberapa alasan mengapa makanan ini di nilai kurang baik untuk kucing. Beberapa alasan tersebut antara lain :

1. Tempe Terbuat Dari Bahan Nabati

Alasan pertama adalah karena tempe dan tahu terbuat dari bahan nabati. Makanan yang terbuat dari bahan nabati bukanlah makanan yang baik untuk tubuh kucing. Ini karena makanan ini merupakan makanan yang sulit untuk tubuh kucing cerna.

Proses mencerna makanan mungkin butuh waktu dua atau tiga kali lebih lama dan bahkan ada juga kemungkinan bahwa makanan tak bisa di serap sana sekali oleh tubuh kucing. Hal ini juga dapat membuat kucing yang terlalu banyak memakan tempe dapat mengalami gangguan pencernaan.


2. Kandungan Protein Yang Kurang Baik

Walaupun kedua produk makanan ini memiliki protein yang terbilang tinggi namun protein yang terkandung di dalam tahu dan juga tempe bukanlah jenis protein yang baik bagi tubuh kucing. Alasannya sederhana yaitu karena protein tersebut adalah protein nabati.

Protein nabati adalah jenis protein yang berasal dari tanaman. Protein pada tempe berasal dari kedelai. Kebutuhan protein pada kucing sebaiknya di penuhi dengan protein yang berasal dari hewan dan bukanlah dari tumbuhan karena ini jauh lebih baik untuk kucing.


3. Dapat Menimbulkan Gangguan Pencernaan

Tahu dan tempe juga dapat membuat kucing yang terlalu banyak memakannya bisa mengalami gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan ini terjadi akibat kedua makanan ini sulit untuk di cerna pencernaan kucing.

Lalu menyebabkan terganggunya pencernaan kucing. Gangguan pencernaan yang biasa terjadi akibat terlalu berlebihan makan tahu tempe adalah kucing mengalami sakit perut, mual, mencret atau kucing muntah-muntah.


4. Dapat Menyebabkan Gangguan Kesehatan Jangka Panjang

Selain dapat menyebabkan gangguan pencernaan, terlalu berlebihan serta sering memberikan kucing peliharaan makan tahu dan tempe juga dapat membuat kucing beresiko mengalami gangguan kesehatan dalam jangka panjang.

Gangguan tersebut dapat berupa kucing mengalami malnutrisi, pertumbuhan tubuh kucing lambat, kucing mudah lelah dan menjadi kurang aktif, kucing mengalami masalah pencernaan secara terus menerus dan beberapa gangguan kesehatan lainnya.


Beberapa alasan di atas adalah alasan mengapa tahu dan tempe tak di sarankan untuk di berikan sebagai makanan buat kucing. Ini mungkin dapat menjadi pertimbangan buat kamu untuk melanjutkan ataukah menghentikan pemberian tempe tahu pada kucing.


Apakah Tempe Boleh Di Makan Kucing Sebagai Obat Alami Diare ?

Makanan ini sebenarnya aman untuk di konsumsi oleh kucing namun tak di anjurkan untuk di berikan pada kucing, apalagi di berikan secara berlebihan. Tapi berbeda jika kucing kamu mengalami diare maka tempe boleh di berikan sebagai obat alami diare.

Ini karena tempe bisa menyembuhaan diare pada kucing. Penyebabnya adalah karena kandungan bakteri rihizopus olisgoporus di dalam tempe yang dapat menetralisir bakteri salmonella typhii yang berada pada usus bagian dalam kucing yang dapat menimbulkan diare.

Perlu di ingat bahwa pemberian tempe sebagai obat diare pada kucing juga tak boleh di lakukan secara berlebihan. Cukup berikan sesuai kebutuhan saja dan lakukan hal ini sampai kucing sembuh dari diarenya.

Sewaktu diare kucing sembuh maka pemberian tempe ini boleh langsung di hentikan. Oh iya jika metode pengobatan dengan tempe ini tak kunjung berhasil menyembuhkan diare kucing, di sarankan untuk membawa kucing berobat ke dokter hewan.

 

Mungkin itu saja pembahasan mengenai bolehkah kucing makan tahu dan tempe . Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url