Apakah Kucing Boleh Makan Hati Ayam ? Ini Jawabnya !

Selain daging ayam, berapa organ lainnya pada tubuh ayam cukup disukai oleh kucing. Salah satu dari beberapa organ tersebut yang sangat kucing sukai adalah hati ayam. Kebanyakan kucing tak akan bisa menolak jika diberikan ini pada mereka.


Kucing Boleh Makan Hati Ayam

 

Jangankan kucing, kita yang manusia saja mungkin menyukai hati ayam dan akan senang hati memakannya jika makanan ini diberikan pada kita untuk dimakan. Oh ya bicara soal hati ayam, sebagai pemilik yang baik penting bagi kita untuk memastikan suatu makanan itu boleh atau tidak diberikan pada kucing.

Kita wajib melakukan ini agar kucing tak salah makan makanan dan membuatnya sakit. Hati ayam juga termasuk salah satu makanan yang harus kita cari tahu atau kita pastikan terlebih dahulu boleh atau tidak untuk kucing makan.

Nah untuk mengetahui apakah makanan ini boleh dimakan kucing atau tidak, kamu bisa mengetahuinya dengan membaca tulisan Anggora di bawah ini. Baca hingga khir ya agar kamu bisa lebih paham mengenai makanan ini.

 

Apakah Kucing Boleh Makan Hati Ayam ?

Seperti apa yang Anggora katakan di atas bahwa selain daging ayam, hati ayam juga merupakan makanan favorit kucing. Alasan inilah yang membuat kucing tidak akan menyia-nyiakan makanan ini dan akan melahapnya hingga habis ketika kita memberikannya padanya.

Tidak bisa dipungkiri bahwa kucing benar-benar menyukai makanan ini mengingat mereka adalah hewan karnivora. Namun yang menjadi pertanyaan adalah apakah kucing boleh memakan hati ayam. Apakah makanan ini aman jika dimakan oleh kucing serta tak akan akan mengganggu kesehatannya ?

Jawabannya adalah makanan ini aman untuk diberikan pada kucing untuk di makan. Ini karena hati ayam baik sebelum atau ketika dikonsumsi oleh kucing tak beracun sama sekali. Ini membuat makanan ini namun untuk pencernaan bahkan untuk tubuh kucing.

Tentu saja hal ini tak akan membuat kucing mengalami gangguan kesehatan. Di samping tak berbahaya atau beracun untuk dimakan kucing, hati ayam juga merupakan makanan yang kaya akan nutrisi.

Contohnya seperti protein yang baik untuk perkembangan tubuh si kucing, vitamin B12 yang baik untuk perkembangan otak dan saraf kucing serta asam folat untuk mencegah kucing terlahir dengan cacat.

Dalam hati ayam juga mengandung senyawa tertentu yang mampu menjaga kesehatan jantung, hati dan tubuh kucing serta meningkatkan imun kucing. Ini terbukti dari kucing yang sering memakan hati ayam yang yang memiliki sistem imun yang jauh lebih baik atau lebih kuat dibandingkan kucing yang jarang memakannya atau tidak memakannya sama sekali.

Oh iya, hati ayam juga mengandung yang namanya serat dan serat ini berasal dari hewan. Ini membuat hati ayam sangat baik untuk pencernaan kucing karena bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan mereka. Banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika kita memberikan kucing hati ayam.

Tetapi sebelum memberikan kucing hati ayam, perlu diingat bahwa kita tidak boleh memberikannya secara sembarangan. Karena makanan yang tadinya mungkin aman bagi kucing bisa menjadi berbahaya jika kita asal memberikannya tanpa mengolahnya dengan tepat terlebih dahulu.

 

Lalu Bagaimana Agar Hati Ayam Aman Diberikan Ke Kucing ?

Agar hati ayam ini aman untuk kita berikan  pada kucing maka sebelum memberikannya ke kucing peliharaan kesayangan kita, ada beberapa hal yang mesti kita perhatikan. Adapun beberapa hal tersebut antara lain adalah sebagai berikut ini :

1. Hati Ayam Wajib Di Masak Matang Terlebih Dahulu

Memasak hati ayam hingga matang adalah hal yang penting untuk kita lakukan sebelum kita memberikan makanan pada kucing. Dengan memasak matang hati ayam, ini akan membuat hati ayam bersih dari bakteri berbahaya atau parasit berbahaya di dalam atau di permukaan hati ayam.

Masaklah hati ayam hingga benar-benar matang, jangan masak dalam keadaan setengah matang atau diberikan dalam keadaan mentah ke kucing. Ini dapat membuat kucing dapat beresiko mengalami gangguan kesehatan tertentu.

Masaklah hingga matang yaitu sekitar 10 hingga 15 menit. Setelah hati ayam matang maka dinginkan dahulu hati ayam hingg benar-benar dingin sebelum memberikannya untuk dimakan.

 

2. Jangan Berikan Bumbu Tambahan

Jangan berikan kucing hati ayam yang telah diberikan tambahan bumbu apapun. Alasannya karena ini dapat merubah hati ayam yang tadinya aman untuk kucing konsumsi bisa berubah menjadi berbahaya dan membuat kesehatan kucing terganggu.

Bagi kucing bumbu tambahan yang biasa dimakan oleh manusia bisa menjadi makanan yang berbahaya. Contohnya adalah seperti bawang merah dan bawang putih yang biasa dicampurkan dengan hati ayam untuk membuat makanan ini harum dan sebagai penyedap tambahan pada makanan.

Bawang merah dan bawang putih dapat membuat kucing mengalami anemia sebab ada kandungan zat yang berbahaya bagi kucing di dalam bawang putih dan bawang merah. Zat ini bisa menghancurkan sel darah merah kucing dan membuat kucing mengalami anemia.

Jadi, jika kamu memberikan hati ayam pada kucing kamu sebaiknya hati ayam tersebut tidak dibumbui bumbu tambahan apapun.

 

3. Jangan Memberikan Hati Ayam Berlebihan

Meskipun hati ayam termasuk makanan yang aman untuk kucing konsumsi tetapi sebaiknya makanan ini jangan diberikan secara berlebihan pada kucing. Berikan secukupnya saja pada kucing untuk kucing makan. Dalam seminggu berikan sekitar 2-3 ons hati ayam.

Ini sesuai dengan apa yang dianjurkan oleh pakar hewan Amerika. Lebih dari itu pemberian hati ayam tidak dianjurkan karena dapat membuat kucing beresiko mengalami obesitas serta pemberian berlebihan dapat membuat kucing mengalami gangguan pencernaan.

 

4. Berikan Kucing Hati Ayam Sedikit Dahulu

Beberapa kucing mungkin memiliki ketidakcocokan dengan hati ayam. Ketika ini terjadi mungkin kucing akan mengalami alergi yang membuat kucing gangguan menderita gangguan pencernaan, muntah-muntah dan lainnya.

Untuk menghindari hal ini terjadi pada kucing maka sebaiknya berikan sedikit saja hati ayam terlebih dahulu pada kucing. Lalu lihatlah reaksi yang kucing tunjukkan setelah memakan hati ayam. Jika kucing tidak menunjukkan reaksi apapun seperti alergi maka makanan ini aman untuk diberikan pada kucing.

Namun jika yang terjadi sebaliknya seperti kucing mengalami alergi maka hentikan pemberian hati ayam pada kucing. Konsultasikan hal ini pada dokter hewan untuk mencari tahu tindakan apa selanjutnya yang harus di lakukan pada kucing kesayangan kita.

 

Dengan melakukan beberapa hal di atas maka pemberian hati pada kucing akan aman dilakukan dan tak akan ada kekhawatiran mengenai masalah kesehatan yang ditimbulkan setelah makanan ini diberikan kepada kucing.

Mungkin itu saja pembahasan mengenai bolehkah kucing makan hati ayam. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url