Bolehkah Kucing Makan Kepala Ayam Rebus Setiap Hari ? Ini Jawabnya !

Sebagian dari kita mungkin ada yang sering kali memberikan kepala ayam rebus kepada kucing untuk di makan. Umumnya hal ini sering kali di lakukan oleh mereka yang punya kucing lokal atau mereka yang kurang paham mengenai makanan kucing.


Bolehkah Kucing Makan Kepala Ayam Rebus Setiap Hari


Mereka mengira bahwa selama kucing menyukai makanan maka makanan tersebut boleh di berikan pada kucing sebagai makanan. Pendapat mereka ini juga mereka perkuat dengan alasan lain seperti kucing adalah hewan Karnivora.

Jadi, memakan kepala ayam rebus yang banyak tulangnya adalah hal yang biasa bagi kucing dan ini membuat kucing boleh memakan kepala ayam rebus. Bahkan mereka merasa bahwa kepala ini boleh di berikan pada kucing setiap harinya.

Lalu benarkah pendapat mereka mengenai hal ini dan apakah kucing di perbolehkan makan kepala ayam setiap harinya ? Ingin tahu jawabnya ? Jika kamu ingin mengetahuinya maka kamu wajib membaca tulisan Anggora di bawah ini.


Bolehkah Kucing Makan Kepala Ayam Rebus ?

Sebelum kita membahas mengenai apakah kepala kucing boleh di berikan pada kucing setiap harinya maka terlebih dahulu kita mesti mencari tahu apakah makanan ini boleh di makan oleh kucing atau tidak.

Sebenarnya kepala ayam itu sendiri merupakan makanan yang cukup bergizi bagi kucing. Ini karena kepala ayam mengandung beberapa nutrisi penting yang baik untuk tubuh kucing. Nutrisi tersebut seperti lemak, mineral, protein dan vitamin B serta kalori yang cukup tinggi.

Selain itu kepala ayam yang telah di rebus terlebih dahulu sebelum di berikan ke kucing membuat makanan ini menjadi lebih aman untuk kucing makan. Namun kenyataannya tidak demikian. Makanan ini boleh di berikan pada kucing tetapi tak begitu di anjurkan.

Terutama jika kucing kamu adalah jenis kucing peliharaan yang telah terbiasa makan-makanan instan seperti makanan khusus kucing. Alasannya sederhana saja, ini karena tulang yang terdapat pada kepala ayam.

Tulang-tulang ini akan sulit bagi kucing memakannya sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada gigi kucing, melukai gusi kucing, menyebabkan radang tenggorokan, gangguan pencernaan dam yang terparah adalah tulang-tulang halus atau keras pada kepala ayam dapat merusak organ pencernaan kucing.

Setelah mengetahui hal ini mungkin kamu berpikiran untuk menghancurkan kepala ayam hingga halus menggunakan blender atau sejenisnya. Ini mungkin bisa menghilangkan resiko di atas serta membuat kepala ayam jauh lebih aman untuk kucing makan.

Namun tetap saja ini tak membuat makanan ini benar-benar aman. Kepala ayam yang sudah di haluskan dan di makan oleh kucing tetap bisa membuat kucing yang memakannya mengalami gangguan pencernaan jika di berikan berlebihan.

Ini terjadi akibat ketidakcocokan makanan dengan pencernaan kucing dan di tambah dengan tulang ayam yang sulit untuk di cerna sistem pencernaan pada tubuh kucing. Kesulitan mencerna tulang kepala ini bukan cuma terjadi pada kucing rumahan tapi kucing liar pun sering mengalaminya.

Kesimpulannya adalah makanan ini boleh di berikan pada kucing namun tak begitu di anjurkan di berikan. Untuk memberikan ke kucing maka kepala ayam rebus harus di haluskan terlebih dahulu dan duri atau tulang pada kepala ayam harus di singkirkan sebelum di berikan pada kucing.

Agar semakin aman kepala ayam juga tak boleh di berikan dalam keadaan berbumbu pada kucing. Oh iya, pemberian kepala ayam pada kucing tak boleh di berikan berlebihan jika kita tak ingin kucing kita nantinya akan mengalami gangguan pencernaan akibat tubuh mereka kesulitan mencerna kepala ayam ini.


Lalu Apakah Kepala Ayam Rebus Boleh Di Makan Kucing Setiap Hari ?

Memang kepala ayam boleh di berikan pada kucing sebagai makanan ketika kepala ayam sudah di rebus tanpa bumbu tambahan, di singkirkan tulang halus serta kasarnya dan kepala ayam di hancurkan hingga halus.

Namun pemberian ini hanya boleh di lakukan dalam jumlah secukupnya saja dan tak boleh di berikan secara berlebihan. Lalu bagaimana jika di berikan pada kucing setiap harinya ? Bolehkah ini kita lakukan ?

Jawabannya adalah tidak. Ini bisa membuat diet sehat kucing terganggu, kucing beresiko mengalami gangguan pencernaan dan juga masalah obesitas. Selain itu pemberian kepala ayam rebus setiap harinya bisa membuat kucing beresiko mengalami gangguan kesehatan lainnya.

Jadi, sebaiknya berikan kucing kepala rebus sesekali dan secukupnya saja dan jangan di berikan berlebihan. Hindari pemberian kepala ayam rebus setiap hari pada kucing. Lebih baik menggantinya dengan alternatif makanan lain yang jauh lebih aman untuk kucing makan seperti makanan khusus kucing.

 

Mungkin itu saja pembahasan mengenai apa boleh kucing makan kepala ayam rebus setiap hari. Semoga apa yang Anggora tuliskan di atas bermanfaat buat kamu yang telah membacanya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url