Apakah Kucing Boleh Makan Ubi Cilembu ? Ini Jawabannya !

Siapa sih yang tidak kenal dengan ubi Cilembu ? Ubi yang berasal dari Cilembu, Jawa Barat ini terkenal dengan rasanya yang enak, memiliki tekstur yang lembut dan juga tak begitu keras setelah dimasak. Di samping itu makanan ini juga mengandung banyak nutrisi di dalamnya.


Apakah Kucing Boleh Makan Ubi Cilembu

 

Karena beberapa kelebihannya ini, ubi Cilembu tak hanya populer di daerah Jawa saja namun makanan ini juga populer di luar pulau Jawa. Oh ya bicara soal ubi Cilembu, makanan ini ternyata bukan hanya disukai oleh manusia ternyata kucing juga menyukainya.

Buktinya adalah setiap kali kita memakan ubi Cilembu, kucing peliharaan kesayangan kita akan segera datang menghampiri kita. Lalu dengan manjanya mereka akan terus, merayu kita sampai mereka diberikan makan ubi Cilembu.

Melihat perilaku kucing yang seperti ini, sebagai pemilik tentu saja kita ingin memberikan kucing kesayangan kita makan ubi Cilembu. Namun hal tersebut harus kita tunda terlebih dahulu sebelum kita tahu Apakah makanan ini boleh diberikan pada kucing atau tidak.

Lalu apakah kucing boleh makan ubi Cilembu ? Untuk mengetahui jawabannya maka kamu wajib membaca tulisan Anggora di bawah ini.

 

Apakah Kucing Boleh Makan Ubi Cilembu ?

Bukan cuma manusia saja, kucing juga menyukai ubi Cilembu. Mau itu kucing liar ataupun kucing peliharaan kedua jenis kucing ini sama-sama menyukai ubi Cilembu dan akan memakannya hingga habis ketika makan ini diberikan pada mereka untuk dimakan.

Tak bisa dipungkiri bahwa kucing menyukai makanan ubi Cilembu namun sebagai pemilik kita tak boleh asal memberikan makanan ini begitu saja pada kucing. Kita wajib mencari tahu boleh atau tidak ubi ini diberikan pada kucing.

Sebenarnya ubi Cilembu bukanlah makanan yang berbahaya bagi kucing dan makanan ini boleh diberikan pada kucing dengan porsi yang sedikit. Hanya saja, pemberian ubi Cilembu pada kucing bukanlah suatu hal yang direkomendasikan.

Bahkan disarankan untuk menghindarkan pemberian ubi ini pada kucing. Ada beberapa alasan yang membuat kenapa makanan ini tak begitu disarankan untuk diberikan kepada kucing. Adapun alasan tersebut antara lain adalah :

1. Ubi Cilembu Bukanlah Makanan Yang Bernutrisi Untuk Kucing

Meskipun ubi Cilembu banyak mengandung karbohidrat, beberapa protein, serat dan juga vitamin tetapi tetap saja makanan ini bukanlah makanan yang bergizi untuk kucing. Ini karena seluruh kandungan gizi yang ada di dalamnya tidak begitu dibutuhkan oleh tubuh kucing.

Contohnya seperti karbohidrat yang mana karbohidrat sendiri bukanlah sesuatu yang penting bagi kucing. Karbohidrat yang biasanya berfungsi sebagai sumber energi bagi manusia namun bagi kucing tidak demikian. Karbohidrat tidaklah begitu di butuhkan.

Ini karena sumber energi utama pada tubuh kucing berasal dari protein dan protein ini bukanlah protein yang berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti ubi Cilembu namun berasal dari protein hewani. Ini membuat karbohidrat bukanlah nutrisi yang berguna berguna bagi kucing.

Protein yang terkandung dalam ubi juga demikian. Ditambah lagi protein yang terkandung di dalam ubi adalah jenis protein yang sulit untuk dicerna oleh tubuh kucing sehingga protein ini butuh waktu lama untuk bisa diserap oleh tubuh kucing dan menjadikannya kurang berguna serta menjadi masalah tersendiri bagi tubuh kucing.

Berapa nutrisi lainnya juga serupa. Karena alasan inilah ubi menjadi makanan yang kurang bernutrisi bagi tubuh kucing.

 

2. Ubi Cilembu Sulit Untuk Dicerna Oleh Tubuh Kucing

Selain tak bernutrisi bagi tubuh kucing, ubi Cilembu juga merupakan salah satu jenis makanan yang sulit untuk dicerna oleh sistem pencernaan kucing. Ini karena ubi Cilembu merupakan makanan yang berasal dari tumbuhan.

Ini membuat makanan ini tak cocok untuk dicerna oleh pencernaan kucing yang merupakan hewan karnivora. Akibatnya makanan ini sangat sulit untuk dicerna oleh kucing dan membuat proses mencerna membutuhkan waktu lebih lama.

 

3. Ubi Cilembu Dapat Menyebabkan Gangguan Pencernaan

Alasan yang ketiga adalah menyebabkan gangguan pencernaan pada tubuh kucing yang memakannya. Biasanya hal ini terjadi ketika kucing kita memakan ubi Cilembu dalam jumlah yang banyak dalam jangka waktu berdekatan.

Hal ini akan membuat pencernaan kucing mengalami kesulitan untuk mencerna ubi sehingga kucing akan mengalami gangguan pencernaan. Umumnya gangguan pencernaannya kucing alami karena memakan Ubi adalah mual-mual, diare, sakit perut dan sejenisnya.

 

4. Ubi Cilembu Mengandung Gula Yang Tinggi

Alasan selanjutnya yaitu adalah karena ubi Cilembu mengandung gula yang cukup tinggi. Karena kandungan gulanya yang tinggi ini bisa membuat kucing mengalami gangguan pencernaan dan juga kucing bisa meresiko menderita diabetes jika kita memberikan terlalu sering ubi pada kucing.

Itulah mengapa ubi ini sangat dilarang diberikan kepada kucing yang menderita penyakit diabetes. Karena ubi ini bisa membuat kandungan kadar gula dalam tubuh kucing penderita diabetes meningkat dan membuat penyakit kucing semakin parah.

 

5. Ubi Cilembu Dapat Membuat Kucing Alergi

Tak semua kucing bisa memakan ubi Cilembu. Beberapa kucing memiliki ketidakcocokan terhadap ubi jenis ini. Membuat kucing yang memakannya dapat mengalami alergi. Gejala alergi pada kucing akibat ubi ini dapat bervariasi.

Seperti kucing bisa mengalami diare, mual-mual, sakit perut, gatal-gatal, muntah-muntah dan sejenisnya.

 

Beberapa alasan di atas membuat ubi jenis ini tak begitu dianjurkan untuk diberikan kepada kucing. Lebih disarankan untuk menghindari pemberian ubi pada kucing dan menggantikannya dengan makanan lain yang lebih baik untuk kucing makan.

 

Mungkin itu saja pembahasan mengenai Bolehkah kucing makan ubi Cilembu. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url