Apakah Kucing Boleh Makan Kue Bolu ? Ini Jawabnya !

Kita semua tahu bahwa kucing adalah hewan karnivora yaitu kucing adalah hewan pemakan daging. Meskipun Kucing adalah hewan karnivora atau pemakan daging tetapi terkadang kucing akan tertarik dengan makanan lainnya selain daging.


Apakah Kucing Boleh Makan Kue Bolu

 

Contohnya adalah kucing peliharaan kita mungkin akan tertarik dengan kue dan senang memakannya. Kue yang paling sering menarik perhatian kucing adalah kue bolu. Ketika kita memakan jenis kue ini tak jarang kucing akan mendekati kita dan meminta diberikan sedikit untuk ia makan.

Melihat perilaku kucing yang meminta kue bolu ini, maka sebagai pemilik yang sayang akan kucing peliharaan, pastinya kita akan memberikan ia sedikit bagian kue untuk dimakan. Namun apakah yang kita lakukan ini sudah benar ?

Apakah boleh kucing peliharaan makan kue bolu ? Untuk mengetahui jawaban atas pertanyaan ini dan agar kita tidak salah dalam memberikan makanan kepada kucing maka kamu wajib membaca tulisan Anggora di bawah ini sampai akhir.

 

Berapa Fakta Mengenai Kue Bolu

Sebelum lanjut ke pembahasan utama mengenai apakah kucing boleh memakan kue bolu, sebaiknya kamu tahu dulu beberapa fakta mengenai kue bolu. Beberapa fakta ini bisa menjadi pertimbangan bagi kamu mengenai pemberian kue bolu terhadap kucing.

Beberapa fakta mengenai kue bolu antara lain adalah sebagai berikut :

1. Bahan-Bahan Pembuatan Kue Bolu

Secara umum kue bolu dibuat dengan menggunakan bahan-bahan seperti tepung, mentega, telur dan gula. Beberapa bahan ini bisa dibilang aman untuk dikonsumsi oleh kucing jika kucing mengkonsumsinya tidak dalam jumlah banyak.

Namun ada beberapa bahan tambahan lainnya yang mungkin berbahaya jika kucing konsumsi. Beberapa bahan berbahaya tersebut contohnya adalah bubuk coklat, coklat cair, kismis, pengawet makanan dan bahan tambahan lain sejenisnya.

Jika kucing mengkonsumsi kue bolu yang mengandung bahan-bahan yang berbahaya untuk di makan kucing maka besar kemungkinan si kucing akan mengalami masalah kesehatan seperti mual, diare, muntah-muntah dan bahkan yang terparah adalah kucing bisa beresiko mengalami keracunan.

 

2. Bisa Menyebabkan Obesitas

Bukan cuma manusia saja yang bisa mengalami obesitas namun kucing pun juga bisa mengalaminya. Obesitas yang terjadi pada kucing bukan hanya terjadi akibat makanan khusus untuk kucing namun ini juga dapat terjadi akibat makanan manusia yang kita berikan padanya.

Malah risiko kucing mengalami obesitas meningkat jika kucing sering memakan makanan manusia. Salah satu makanan yang meningkatkan risiko obesitas pada kucing adalah kue bolu. Ini karena makanan ini mengandung karbohidrat yang tinggi, gula dan juga lemak.

Bukan cuma itu saja, makanan ini juga dapat menyebabkan kucing terkena gangguan kesehatan seperti penyakit jantung dan juga diabetes. Karena itulah saat kamu hendak memberikan makanan ini pada kucing sebaiknya berikan dalam porsi yang sedikit saja.

 

3. Bisa Menyebabkan Alergi

Kue bolu juga bisa menyebabkan alergi terhadap kucing peliharaan kita yang memakannya. Alergi ini biasanya terjadi pada kucing yang memiliki alergi pada makanan tertentu yang digunakan pada bahan pembuatan kue bolu.

Gejala alergi pada kucing yang terjadi akibat makanan Biasanya seperti muntah, mual, masalah kulit seperti gatal-gatal serta masalah gangguan pernapasan.

 

4. Bisa Menyebabkan Kucing Mengalami Gangguan Pencernaan

Jika kue bolu yang kita berikan kepada kucing untuk dimakan ternyata terbuat dari bahan yang mengandung susu berlaktosa maka makanan ini dapat menyebabkan gangguan pencernaan pada kucing. Ini karena kebanyakan kucing intoleransi terhadap laktosa.

Akibatnya kucing yang mengkonsumsinya akan kesulitan mencerna makanan ini serta membuat kucing memiliki masalah pencernaan. Masalah pencernaan yang sering terjadi akibat kucing memakan kue berlaktosa adalah diare, mual dan juga muntah-muntah.

 

Lalu Apakah Kucing Boleh Makan Kue Bolu ?

Beberapa ahli berpendapat bahwa kue bolu boleh diberikan ke kucing namun hanya diberikan dalam porsi yang sedikit saja dan sebelum memberikan kue bolu ke kucing, kita wajib mencari tahu apakah kue bolu ini mengandung beberapa bahan berbahaya bagi kucing.

Jika tidak ada bahan berbahaya yang terkandung di dalamnya, boleh memberikan sedikit bolu untuk dimakan kucing. Sementara itu, kebanyakan ahli banyak yang berpendapat bahwa kue bolu sebaiknya tidak diberikan kepada kucing meskipun kucing memintanya untuk untuk dimakan.

Mereka lebih menyarankan sebaiknya kue bolu ini digantikan dengan makanan lain yang lebih aman untuk diberikan ke kucing. Kalau Anggora sendiri, lebih sependapat dengan pendapat kebanyakan para ahli.

Anggora lebih memilih untuk menghindarkan pemberian kue bolu ke kucing dan menggantinya dengan makanan lain yang lebih baik dan lebih sehat untuk kucing.

 

Itulah dia pembahasan mengenai bolehkah kucing peliharaan makan kue bolu. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kamu yang telah membacanya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url