Kenapa Kucing Menjilati Lukanya ? Ini Alasannya !

Banyak dari kita yang mungkin memelihara kucing karena kita senang dengan kucing. Namun meskipun kita sama-sama memelihara kucing, metode kita dalam memelihara kucing tidaklah sama satu sama lain.

 

Kucing Sedang Menjilati Lukanya


Sebagian dari kita mungkin memelihara kucing dengan cara memeliharanya dalam kandang ataupun dalam ruangan khusus tertentu, ada juga yang memelihara kucing dengan cara membiarkannya bebas di dalam rumah tetapi tak mengijinkannya keluar rumah.

Selain itu beberapa orang mungkin membiarkan kucing bebas berada dalam rumah ataupun luar rumah. Untuk metode pemeliharaan yang satu ini umum di lakukan oleh mereka yang memelihara kucing domestic ( kucing kampung ) dan kucing mix breed.

Dari beberapa metode pemeliharaan di atas, metode yang Anggora sebutkan yang terakhir adalah metode pemeliharaan yang sering kali membuat kucing terluka di bandingkan dengan metode pemeliharaan lainnya.

Ini terjadi karena mungkin kucing berkelahi di luar, terkena duri, kaca atau tulang saat sedang menjelajah, di lukai hewqan lainnya atau di lukai oleh orang jahat dan mungkin juga terluka karena beberapa penyebab lainnya.

Nah di saat kucing terluka. ada satu perilaku yang sering kucing lakukan yaitu kucing akan menjilati lukanya terus menerus selama jangka waktu tertentu. Ini akan kucing lakukan beberapa kali dalam sehari.

Sebenarnya mengapa kucing melakukan hal ini, kenapa si kucing kadang menjilati lukanya ? Penasaran ? Yuk cari tahu apa alasannya di sini.

 

Kenapa Kucing Menjilati Lukanya ?

Bagi kita mungkin kucing yang menjilati lukanya adalah sesuatu yang menjijikkan dan kita merasa bahwa ini hanya akan menyakiti dirinya dan memperparah luka yang kucing derita. Namun kenyataannya tidak seperti apa yang ada dalam pikiran kita.

Apa yang kita pikirkan adalah salah. Jika kamu tahu apa alasan sebenarnya kucing melakukan hal ini maka kamu akan paham. Lalu apa alasan sebenarnya kucing menjilat-jilat lukanya. Setahu Anggora beberapa alasannya antara lain :

1. Untuk Membersihkan Lukanya

Alasan pertama mengapa kucing menjilati lukanya adalah karena si kucing ingin membersihkan lukanya. Kucing ingin membersihkan lukanya dari kotoran seperti tanah, pasir, abu darah dan sejenisnya.

Oh iya kucing melakukan hal ini untuk membersihkan lukanya dari darah dan untuk mengentikan pendarahan ( penghentian pendarahan hanya berlaku dalam luka ringan seperti bekas cakaran atau gigitan dan luka ringan sejenisnya ).

Perilaku kucing dalam membersihkan lukanya mirip dengan apa yang kita manusia lakukan di saat kita sedang terluka.


2. Merangsang Proses Penyembuhan Luka

Kucing menjilati lukanya karena ingin mempercepat proses penyembuhan lukanya. Dengan bantuan liurnya yang mengandung zat histatin maka kucing bisa membantu lukanya untuk cepat sembuh. Zat histatin bisa membantu luka kucing sembuh dengan memperbarui sel kulitnya.

Selain itu bekas jilatan kucing akan membentuk nitrat oksida yang mana nitrat oksida ini sendiri menghalangi infeksi serta pertumbuhan kuman di sekitar luka milik kucing. Oleh karena itu saat kucing menjilat lukanya jangan memarahinya namun biarkan saja.

Biarkan saja kucing menjilati lukanya dengan catatan kucing tak melakukan jilatan secara berlebihan. Jika kucing menjilat secara berlebihan sebaiknya di hentikan karena ini bukannya membantu proses penyembuhan kucing tetapi ini akan memperparah lukanya.


3. Menjilat Untuk Mengurangi Rasa Sakit

Beberapa dari kita yang tak tahu mungkin sepele dengan tindakan kucing menjilati lukanya dan merasa bahwa hal ini adalah hal yang tak bermanfaat sama sekali untuk kucing peliharaan kesayangan lakukan.

Namun sebenarnya tidak begitu, dengan kucing menjilati lukanya maka ini bisa membantu kucing mengurangi rasa sakit akibat lukanya. Ini karena ujung lidah kucing memiliki ujung lembut dan halus sehingga bisa memberi kucing suatu sensasi menenangkan pada bagian tubuh yang terluka.

Bukan cuma itu saja, alasan lain mengapa menjilat luka bisa mengurangi rasa sakit pada area yang terluka adalah karena tindakan ini bisa memicu pelepasan endorfin. Kita tahu sendiri bahwa Endorfin adalah penenang alam yang mampu meredakan rasa sakit.


4. Untuk Meredakan Masalah Psikologis Kucing

Alasan terakhir mengapa kucing menjilati lukanya adalah karena hal ini bisa membantu kucing dalam meredakan masalah psikologisnya seperti perasaan stress, rasa sakit ataupun cemas yang kucing alami akibat lukanya.

Dengan menjilat lukanya kucing bisa menenangkan dirinya, menghibur dirinya dan juga membuat pikirannya teralihkan dari masalah psikologis yang saat ini ia rasakan. Cara ini merupakan cara alami kucing untuk mengatasi masalah emosional mereka.


Kini kamu sudah tahu bukan apa saja alasan yang membuat kucing senang menjilat-jilat bagian tuubuhnya yang terluka. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu yang baru saja membacanya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url