Apakah Kucing Boleh Makan Kentang Goreng ? Ini Jawabnya !

Kentang adalah salah satu jenis tanaman umbi batang. Buah kentang sering diolah untuk dijadikan makanan. Salah satu jenis olahan kentang untuk dimakan yang cukup populer adalah kentang goreng. Olahan kentang goreng cukup mendunia.

 

Apakah Kucing Boleh Makan Kentang Goreng

 

Hampir seluruh dunia memiliki caranya tersendiri untuk menyajikan kentang dengan cara digoreng. Salah satu contohnya Indonesia, masyarakat Indonesia bisa mengolah kentang dengan cara digoreng ke berbagai jenis olahan makanan seperti di goreng untuk dijadikan keripik kentang, parkedel kentang dan sejenisnya.

Bicara soal kentang goreng, makanan yang satu ini bukan cuma disukai oleh kita manusia saja namun kucing juga menyukainya. Mereka akan mendatangi kita untuk meminta sedikit makanan ini ketika kita memakannya di hadapan mereka.

Setelah kita memberikan kepada kucing, kucing akan memakannya dengan lahap sampai tak tersisa sedikitpun. Kucing memang suka kentang goreng untuk dimakan namun sebagai pemilik kucing tentu kita akan berhati-hati dalam memberikan kucing makanan.

Kita tak boleh asal memberikan makanan ini begitu saja pada kucing. Sebelum diberikan ke kucing, sebagai pemilik yang baik tentu saja kita mesti mencari tahu terlebih dahulu apakah kentang goreng boleh untuk dimakan kucing atau tidak.

Nah untuk mengetahui apakah kentang goreng boleh untuk dimakan kucing atau tidak, kamu dapat membaca tulisan Anggora di bawah ini untuk mengetahui jawabannya.

 

Apakah Kucing Boleh Makan Kentang Goreng ?

Walaupun kentang goreng adalah makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan tetapi makanan yang satu ini dapat membuat kucing tidak bisa menolak untuk memakannya. Itulah mengapa tak sedikit dari kucing suka diberi makan kentang goreng.

Tetapi apakah makanan yang satu ini boleh kita berikan kepada kucing untuk dimakan ? Jawabannya tentu saja tidak. Makanan ini sangat tidak dianjurkan untuk diberikan pada kucing peliharaan ataupun kucing liar sebagai makanan.

Banyak para ahli seperti dokter hewan yang sependapat akan hal ini. Ini dikarenakan beberapa alasan. Adapun alasannya antara lain sebagai berikut :

1. Kandungan Lemak Dan Garam Yang Tinggi

Sesuai dengan namanya, kentang goreng biasanya digoreng dengan menggunakan minyak dan campuran garam sebagai bumbu sederhananya. Ini membuat kentang goreng yang dimasak menjadi tinggi kandungan lemak dan juga tinggi kandungan garam.

Kucing yang memakannya bisa berisiko mengalami penyakit jantung, obesitas dan juga penyakit ginjal akibat lemak tak baik dan garam yang terkandung di dalamnya. Apalagi jika kentang goreng ditambah bumbu yang lain maka makanan ini semakin berbahaya untuk kucing makan.

 

2. Mengandung Bumbu Tambahan Yang Berbahaya Buat Kucing

Selain garam dan juga lemak, kentang goreng juga dapat mengandung bumbu tambahan lainnya yang berbahaya jika kucing makan. Contohnya seperti ketika kentang goreng di beri tambahan bumbu bawang goreng, lada, merica, gula dan sejenisnya.

Lada, merica, gula dapat membuat kucing mengalami gangguan pencernaan. Sementara itu bawang goreng, entah itu bawang merah atau bawang putih yang digoreng, keduanya bisa menjadi penghancur sel darah merah ketika berada di dalam tubuh kucing.

Akibat kerusakan sel darah merah pada tubuh kucing, kucing bisa mengalami masalah gangguan kesehatan yang cukup serius.

 

3. Kucing Akan Mengalami Kekurangan Nutrisi

Kucing yang terlalu sering diberikan makan kentang goreng bisa membuat kucing mengalami kekurangan nutrisi. Penyebabnya sederhana saja, ini karena kentang tak mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kucing.

Contohnya adalah tubuh kucing membutuhkan protein dan juga lemak baik yang berasal dari hewan. Sementara itu kedua hal ini tak terkandung dalam kentang goreng. Kentang goreng hanya mengandung banyak karbohidrat.

Adapun lemak yang terkandung di dalamnya merupakan lemak yang berasal dari minyak goreng dan bukan merupakan lemak yang baik, lemak ini bahkan susah dicerna oleh tubuh kucing dan tak berguna sama sekali untuk kucing.

Itulah mengapa sebaiknya jangan memberikan kucing kentang goreng, apalagi diberikan secara berlebihan terus menerus setiap harinya.

 

4. Kucing Akan Mengalami Gangguan Pencernaan

Selanjutnya adalah kucing yang memakan kentang yang digoreng bisa mengalami gangguan pencernaan. Biasanya ini sering kali terjadi ketika kucing diberikan kentang goreng secara rutin dalam jumlah banyak setiap harinya.

Gangguan pencernaan yang umum dialami kucing akibat makanan ini adalah diare, mual-mual, sakit perut, muntah-muntah dan sejenisnya.

 

Itulah beberapa alasan kenapa kentang goreng tak layak diberikan untuk kucing sebagai makanan. Mulai dari sekarang sebaiknya hindari pemberian kentang goreng pada kucing sebagai campuran makanan utama ataupun sebagai cemilan.

Lebih baik mempertimbangkan menggunakan makanan yang lebih layak sebagai makanan kucing. Contohnya makanan yang berasal dari hewan seperti daging ayam, daging ikan, daging sapi ataupun makanan khusus untuk kucing yang banyak di jual di pasar.

 

Mungkin itu saja pembahasan mengenai bolehkah kucing makan kentang goreng. Semoga tulisan ini bermanfaat buat kamu yang telah membacanya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url