Apakah Kucing Boleh Makan Keripik Singkong ? Ini Jawabnya !

Kita semua tahu bahwa kucing adalah hewan karnivora yaitu hewan yang suka memakan daging atau menjadikan daging sebagai makanan utamanya. Meskipun begitu ternyata kucing juga memiliki ketertarikan terhadap makanan lainnya selain daging.

 

Apakah Kucing Boleh Makan Keripik Singkong


Salah satu dari makanan selain daging yang mampu membuat kucing tertarik untuk memakannya adalah keripik yang terbuat dari singkong ataupun ubi. Beberapa kucing ada yang terlihat begitu menyukai makan keripik singkong.

Ketika kita memberikan makanan ini kepada kucing, mereka terlihat sangat menikmati memakannya. Beberapa kucing memang menyukai makan keripik singkong, namun yang menjadi pertanyaan adalah apakah makanan ini baik diberikan untuk kucing dan bolehkah kucing memakannya ?

Untuk mengetahui jawabannya maka pada tulisan kali ini Anggora akan membahas mengenai bolehkah kucing memakan keripik ubi atau singkong.

 

Beberapa Fakta Mengenai Keripik Singkong

Keripik singkong adalah makanan yang terbuat dari singkong. Makanan ini dibuat dengan cara mengiris singkong tipis atau dengan ukuran tertentu lalu menggorengnya dengan minyak sampai singkong menjadi renyah seperti layaknya keripik.

Dalam beberapa budaya tertentu makanan yang satu ini mungkin akan direndam dengan air garam ataupun air gula dahulu hingga beberapa saat agar air tersebut menyerap ke dalam singkong sehingga membuat singkong memiliki rasa tertentu seperti rasa asin ataupun rasa manis.

Singkong merupakan makanan yang kaya akan karbohidrat. Makanan ini juga mengandung beberapa persen protein, mengandung sedikit lemak akibat digoreng dengan minyak goreng serta mengandung garam dan gula.

Singkong merupakan makanan yang aman untuk dikonsumsi oleh manusia namun ternyata makanan ini mengandung "glukosida sianogenik" yang dapat merubah menjadi zat sianida ketika makanan ini kita cerna.

 

Lalu Apakah Kucing Boleh Makan Keripik Singkong ?

Keripik singkong atau keripik ubi hanya mengandung banyak karbohidrat yang mana ini tentu saja bukanlah nutrisi yang dibutuhkan oleh kucing. Sementara untuk kandungan proteinnya ubi hanya mengandung sedikit protein. Protein ini tak cukup untuk memenuhi nutrisi harian yang dibutuhkan oleh tubuh kucing.

Ini membuat makanan ini kurang baik untuk diberikan ke kucing. Di samping itu ada alasan lainnya yang membuat keripik ubi atau keripik singkong. Makanan ini mengandung garam yang mana ini tentu saja tidak baik untuk bulu dan ginjal kucing jika kucing memakannya terlalu banyak.

Selain garam, beberapa keripik singkong atau keripik ubi ada yang menggunakan gula sebagai penyedap rasa keripiknya. Gula juga bukanlah sesuatu hal yang baik untuk dikonsumsi kucing. Lalu yang terakhir adalah keripik singkong atau kripik ubi berpotensi menghasilkan sianida dalam pencernaan kucing ketika dicerna.

Ada dua resiko gangguan kesehatan yang mungkin kucing alami apabila kucing memakan sianida :

  • Kucing bisa mengalami yang namanya gangguan pencernaan seperti kucing mengalami mual, muntah-mentah, diare atau bahkan gangguan pencernaan yang serius

  • Kucing bisa mengalami keracunan, bagi manusia mungkin sianida yang ada pada keripik singkong tergolong sedikit dan tidak berbahaya namun ini berbeda bagi kucing. Kucing yang memakannya mungkin bisa mengalami keracunan dan menyebabkan kucing merasakan sesak nafas, lemah tubuh, kejang-kejang, koma atau bahkan kucing bisa mengalami kematian

 

Jadi bisa disimpulkan bahwa makanan yang satu ini kurang baik diberikan untuk kucing. Makanan ini lebih banyak merugikan untuk kucing dibandingkan dengan manfaat yang yang di berikan ketika kita memberikannya sebagai makanan untuk kucing peliharaan kesayangan kita.

Karena itulah ketika kamu berniat memberikan keripik singkong atau kerupuk ubi pada kucing kamu, hentikan niat kamu dan jangan memberikannya kepada kucing meskipun mereka memintanya pada kita. Lebih baik menghindarkan memberikan makanan ini ke kucing dan menggantikannya dengan makanan lain.

 

Jika Kucing Mengalami Gangguan Kesehatan Akibat Keripik Singkong Apa Yang Mesti Kita Lakukan ?

Umumnya gangguan kesehatan yang paling sering kucing alami ketika kucing memakan terlalu banyak keripik singkong atau keripik ubi adalah masalah gangguan yang berkaitan dengan masalah pencernaan seperti diare, susah buang air besar dan sejenisnya.

Dan yang terparah adalah kucing mengalami yang namanya keracunan yang membuat kucing muntah-muntah, sesak nafas, lemas dan kejang-kejang. Ketika kamu mendapati kucing kamu mengalami gangguan kesehatan seperti yang disebutkan di atas karena mengkonsumsi keripik ubi atau keripik singkong maka tindakan terbaik yang harus kamu lakukan adalah membawa kucing berobat ke dokter hewan.

Dokter kemungkinan akan memeriksa kucing sebelum pada akhirnya memberikan perawatan yang tepat padanya.

 

Mungkin itu saja pembahasan mengenai apakah boleh keripik singkong atau keripik ubi diberikan ke kucing sebagai cemilan atau makanan dan bahaya memberikan kritik ubi atau keripik singkong. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url