Apakah Kucing Boleh Makan Kangkung ? Ini Jawabnya !

Kangkung merupakan makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Tanaman ini seringkali kita masak sebagai sayuran untuk dimakan. Ketika dimasak biasanya kangkung selalu dimasak bersamaan dengan tambahan bumbu lainnya agar rasanya semakin terasa sedap.

 

Apakah Kucing Boleh Makan Kangkung


Oh ya bicara soal kangkung, beberapa kucing memiliki ketertarikan tersendiri dengan sayur ini. Kucing yang merupakan hewan karnivora ini, Tak jarang tertarik untuk memakan kangkung. Mereka yang merupakan hewan penyuka daging dapat memakan sayuran ini dengan lahap.

Oh iya ketertarikan kucing akan kangkung bukan hanya pada sayur kangkung yang mentah saja namun kucing juga tertarik untuk makan sayur kangkung yang telah dimasak. Ini tampak ketika saat kita sedang makan kangkung rebus atau tumis, kucing yang suka makan kangkung akan meminta diberi makan kangkung.

Melihat hal ini sebagai pemilik kucing mungkin kita tak akan begitu saja memberikan kucing makan kangkung sebelum tahu apakah makanan ini boleh diberikan kepada kucing atau tidak. Lalu apakah sayur kangkung boleh kita berikan kepada kucing kita sebagai makanan ?

Untuk mengetahui jawaban ini maka kamu wajib membaca tulisan Anggora di bawah ini hingga akhir.

 

Apakah Kucing Boleh Makan Kangkung ?

Memang tak semua kucing suka makan kangkung. Mungkin hanya beberapa kucing saja yang memiliki perilaku makan yang unik yaitu suka makan makanan selain daging atau makanan yang berasal dari hewan. Perilaku makan unik tersebut seperti kucing yang suka makan kangkung.

Bagi kita yang memiliki kucing dengan perilaku makan yang unik seperti ini tentu saja akan membuat kita sebagai pemilik keheranan, kebingungan dan juga bertanya-tanya apakah boleh kucing memakan sayuran seperti kangkung.

Reaksi seperti ini merupakan hal yang normal terhadap tindakan kucing yang tidak biasa. Yang menjadi pertanyaan adalah Bolehkah kucing makan sayur kangkung ? Apa jawabannya ? Jawabannya adalah tidak. Terutama ketika kangkung itu sudah dimasak dengan bumbu membuat tambahan lainnya.

Loh kenapa ? Setahu Anggora ada beberapa alasan yang membuat makanan ini tidak baik untuk diberikan ke kucing. Alasannya yaitu :

1. Kangkung Tidak Dapat Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Kucing

Alasan yang pertama adalah kangkung tidak dapat memenuhi kebutuhan nutrisi kucing. Ini karena di dalam kangkung hanya terdapat vitamin seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K dan juga serat. Namun beberapa vitamin ini bukanlah menjadi kebutuhan yang utama untuk kucing.

Ini karena kucing merupakan hewan karnivora yang mana kebutuhan keseluruhan nutrisi yang dibutuhkannya bersumber dari hewani. Hal tersebut juga termasuk serat. Serat yang berasal dari hewan cukup berbeda dengan serat yang berasal dari tumbuh-tumbuhan.

Bagi kucing serat yang berasal dari hewani atau hewan jauh lebih baik untuk menjaga kesehatan pencernaan kucing dibandingkan dengan serat yang berasal dari nabati atau dari tumbuh-tumbuhan. Berapa alasan di atas membuat pemberian kangkung pada kucing dinilai tidak bermanfaat bagi kucing.

Sehingga makanan ini bisa dibilang tak baik atau cukup tak layak untuk diberikan kucing. Baik itu untuk kucing peliharaan ataupun kucing liar.

 

2. Kangkung Bisa Berbahaya Bagi Kucing

Makanan manusia tak selamanya baik untuk kucing peliharaan bahkan makanan ini bisa membahayakan kesehatan kucing. Kangkung yang aman di konsumsi manusia juga dapat menjadi salah satu makanan yang bisa mengancam kesehatan kucing.

Ini dapat terjadi ketika kangkung yang kita berikan pada kucing adalah kangkung yang telah di tambahkan beberapa rempah-rempah tambahan sebagai penyedapnya. Contohnya merica, gula dan cabai yang dapat membuat gangguan pencernaan pada kucing.

Garam yang dapat membuat kucing beresiko terkena batu ginjal atau bawang merah dan bawang putih yang mengandung zat beracun bagi kucing dan dapat merusak sel darah merah dan membuat kucing mengalami anemia.

Bayangkan jika keseluruhan rempah tambahan ini terdapat pada kangkung yang kucing makan maka tentu saja Ini bisa membuat kucing mengalami berbagai gangguan kesehatan.

 

3. Kangkung Bisa Membuat Kucing Mengalami Gangguan Pencernaan

Kangkung ternyata juga bisa membuat kucing mengalami gangguan pencernaan. Meskipun kita hanya memberi kucing kangkung yang direbus dengan air dan tanpa tambahan bumbu apapun, ini tetap bisa membuat kucing mengalami gangguan pencernaan.

Terutama jika kita memberikan kucing kangkung dalam keadaan mentah maka resiko kucing menderita gangguan pencernaan malah akan semakin meningkat. Penyebab kucing mengalami gangguan pencernaan sederhana saja, karena makanan ini tidak cocok dengan sistem pencernaan kucing.

Ini membuat kangkung sulit dicerna oleh kucing akibatnya kucing yang memakannya terutama memakan dalam jumlah banyak akan mengalami masalah gangguan pencernaan. Bahkan tak jarang kangkung gagal diolah oleh pencernaan kucing.

Pada akhirnya kangkung yang gagal diolah tersebut akan berakhir dengan keluar dari anus kucing dalam keadaan utuh.

 

4. Kangkung Dapat Menimbulkan Masalah Kesehatan Jangka Panjang Bagi Kucing

Alasan yang terakhir adalah makanan ini dapat membuat kucing mengalami gangguan kesehatan jangka panjang jika diberikan secara terus-menerus pada kucing. Entah itu diberikan sebagai cemilan ataupun sebagai campuran pada makanan khusus kucing buatan kita sendiri.

Gangguan kesehatan tersebut seperti kucing mengalami kurang nutrisi, gangguan pencernaan secara terus menerus dan gangguan kesehatan lainnya.

 

Itulah dia beberapa alasan yang membuat makanan ini tidak baik untuk diberikan pada kucing. Disarankan untuk menghindarkan pemberian kangkung pada kucing dan menggantinya dengan makanan lain yang jauh lebih baik.

 

Mungkin itu saja pembahasan mengenai Apakah boleh kucing makan kangkung. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url