Apakah Kucing Boleh Makan Kacang Hijau ? Ini Jawabnya !

Selain lucu dan menggemaskan, kucing juga adalah hewan yang unik. Mereka memiliki beberapa perilaku yang kadang kala tak bisa kita tebak dan memiliki kebiasaan makan unik. Kenapa Anggora bilang kucing memiliki kebiasaan makan yang unik ?

 

Apakah Kucing Boleh Makan Kacang Hijau


Ini karena kucing yang merupakan hewan karnivora, tak hanya suka memakan daging yang merupakan makanan utamanya saja, terkadang kucing juga suka makan makanan lain selain daging. Seperti makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan.

Salah satu contoh makanan yang bisa membuat kucing tertarik adalah kacang hijau. Mau itu kacang hijau yang dimasak dengan cara direbus ataupun kacang hijau yang digoreng, beberapa kucing sangat menyukai jenis kacang-kacangan ini.

Apalagi jikalau kacang hijau tersebut merupakan isian dari roti atau kue maka kucing mungkin akan lebih menyukainya. Ini terlihat dari setiap kali kita memakan roti atau kud yang ada isian kacang hijaunya, kucing akan tampak sangat memohon pada kita untuk memberikan sedikit isian kacang hijau tersebut padanya.

Beberapa dari kita yang melihat perilaku kucing ini mungkin akan langsung memberikannya begitu saja pada kucing tanpa berpikir panjang namun sebagai pemilik yang baik, disarankan untuk tidak asal memberikan makanan begitu saja pada kucing peliharaan kesayangan kita.

Penting bagi kita untuk mencari tahu terlebih dahulu apakah makanan ini boleh atau tidak diberikan pada kucing. Apakah kacang hijau boleh diberikan kepada kucing ? Bagi kamu Yang penasaran akan hal ini maka kamu wajib membaca tulisan Anggora ini.

 

Apakah Kucing Boleh Makan Kacang Hijau ?

Tidak semua kucing menyukai makan kacang hijau namun kebanyakan dari mereka suka makanan yang satu ini. Terutama jika kacang hijau ini merupakan isian dari roti ataupun kue maka kucing akan menjadi lebih menyukainya untuk mereka makan.

Melihatat kucing yang memakan kacang hijau beberapa dari kita mungkin akan berpikir mengenai makanan ini. Berpikir apakah kacang hijau boleh diberikan atau tidak kepada kucing. Sebenarnya kacang hijau bukanlah makanan yang baik untuk diberikan ke kucing.

Ada beberapa alasan yang mendasari hal ini. Beberapa alasan tersebut diantaranya adalah :

1. Kacang Hijau Bukanlah Makanan Untuk Kucing

Alasan pertama adalah makanan ini bukanlah makanan untuk kucing. Kucing yang merupakan hewan Karnivora lebih baik makan makanan yang berasal dari hewan seperti daging hewan dan sejenisnya. Lalu bagaimana jika kucing memakan makanan yang bukan berasal dari hewan ?

Makanan ini tentu saja tak akan baik bagi kucing, ini akan membuat kucing mengalami sejumlah masalah pada tubuhnya seperti perkembangan tubuh yang lambat, tubuh yang lemah, mudah sakit, kucing menjadi kurang aktif, bermasalah dengan pencernaannya dan sejenisnya

 

2. Kurang Bernutrisi Bagi Kucing

Seperti yang Anggora baru saja sebutkan di atas bahwa kucing yang sering memakan makanan selain makanan yang berasal dari hewan seperti kacang hijau yang berasal dari tumbuh-tumbuhan akan membuat pertumbuhan kucing menjadi sangat lambat.

Lambatnya pertumbuhan kucing ini terjadi karena kandungan nutrisi yang terdapat dalam kacang hijau tak dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh kucing. Di samping itu ini juga dapat membuat tubuh kucing menjadi kurang sehat dan mudah sakit.

 

3. Bisa Menimbulkan Masalah Pencernaan

Selain tak mampu memenuhi kebutuhan nutrisi harian kucing, makanan yang satu ini juga dapat menimbulkan masalah tertentu bagi kucing. Salah satu contohnya adalah kacang hijau dapat menimbulkan masalah pencernaan bagi kucing.

Masalah pencernaan yang umum terjadi pada kucing akibat memakan kacang hijau adalah diare, mual-mual, sakit perut, muntah dan lainnya. Masalah gangguan pencernaan ini terjadi akibat sulitnya organ pencernaan kucing mencerna kacang-kacangan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan serta zat yang terkandung di dalamnya.

 

4. Keracunan Dan Alergi

Dalam beberapa kasus tertentu, beberapa kucing ditemukan keracunan atau mengalami alergi setelah memakan kacang hijau yang diberikan oleh pemilik atau orang lain kepadanya. Hal ini membuat kucing mengalami yang namanya diare, sakit perut dan juga muntah-muntah.

 

Beberapa alasan di atas membuat makanan ini sangat tidak dianjurkan untuk diberikan ke kucing. Jadi, setelah membaca tulisan di atas kita dapat menyimpulkan bahwa makanan ini tidak boleh diberikan ke kucing. Meskipun memberikan kepada kucing sedikit saja tak akan membuat kucing sakit.

Dari pada memberikan kucing makan kacang hijau, lebih baik berpikir untuk menggantikan makanan ini dengan makanan lain yang mungkin jauh lebih baik untuk dimakan oleh kucing dan tak akan menimbulkan efek negatif pada tubuh kucing.

Contohnya seperti cemilan atau makanan khusus untuk kucing seperti wet food atau dry food yang banyak dijual di pet shop atau di toko online. Membiasakan kucing memakan makanan yang sehat dapat membuat kucing tak mudah sakit dan berumur lebih panjang.

 

Mungkin itu saja pembahasan mengenai bolehkah kucing makan kacang hijau. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url