Apakah Kucing Boleh Makan Ayam Goreng ? Ini Jawabannya !

Kucing adalah hewan yang bisa di bilang punya selera makan yang unik. Alasannya adalah karena kucing sering kali menyukai makanan lainnya yang bukan makanannya. Contohnya adalah kucing menyukai makanan manusia seperti roti, susu, kue, pizza dan sejenisnya.

 

Apakah Kucing Boleh Makan Ayam Goreng


Di antara banyaknya makanan manusia salah satu makanan yang kucing paling sukai adalah ayam goreng. Kucing sangat menyukai memakan makanan ini, bukan cuma dagingnya saja yang akan kucing lahap sampai habis namun tulangnya sekali pun akan ikut kucing makan jika kucing ingin.

Berbicara soal kucing yang menyukai ayam goreng untuk di makan, beberapa dari kita mungkin mempertanyakan mengenai makanan ini. Kita bertanya-tanya apakah ayam goreng yang biasa kita makan selama ini boleh begitu saja kita berikan pada kucing sebagai makanan.

Pertanyaan ini muncul sebagai bentuk rasa kepedulian kita pada kucing supaya kucing tak asal memakan sembarang makanan dan jatuh sakit. Tentu sebagai pemilik kita tak ingin ini terjadi dan ingin agar kucing peliharaan kesayangan kita tetap riang serta sehat.

Lalu apaakah kucing boleh makan ayam goreng ? Penasaran ? Ketahui jawabannya dengan membaca tulisan Anggora di bawah ini.


Apakah Kucing Boleh Makan Ayam Goreng ?

Sebagai hewan karnivora, kita mungkin berpikir bahwa sah sah saja bagi kucing untuk makan ayam goreng dan ini tak akan mungkin berbahaya bagi kucing untuk ia makan. Anggora sependapat dengan hal ini namun ada beberapa syarat agar makanan ini aman untuk kucing makan.

Adapun syarat tersebut antara lain :

1. Ayam Goreng Tidak Di Berikan Secara Berlebihan Untuk Kucing

Syarat yang pertama adalah makanan ini tak boleh di berikan terlalu banyak pada kucing. Ini karena ayam yang di goreng mengandung lemak yang tidak baik untuk tubuh kucing. Di tambah lagi minyak merupakan hasil olahan dari tanaman yang sulit untuk di cerna oleh tubuh kucing.

Bukannya minyak goreng dapat membantu melancarkan pencernaan kucing dan dapat di gunakan sebagai obat untuk kucing sembelit ? Memang benar demikian namun ini terjadi karena memang itulah efek samping dari minyak goreng.

Efek samping dari kucing banyak mengkonsumsi minyak goreng adalah kucing akan mengalami diare sehingga beberapa orang memanfaatkan hal ini untuk mengatasi masalah sembelit pada kucing secara alami.

Sebenarnya kucing tak akan mengalami masalah diare akibat minyak goreng serta tak akan mengalami obesitas serta penyakit jantung akibat lemak buruk yang terkandung dalam daging dan minyak jika pemberian ayam goreng hanya di berikan sedikit saja.


2. Ayam Tidak Di Goreng Dengan Bumbu Tambahan Lainnya

Syarat selanjutnya agar ayam goreng aman di berikan buat kucing adalah ayam goreng yang di berikan tidak mengandung bumbu tambahan. Umumnya kita sering kali memberikan tambahan bumbu seperti garam, gula, lada merica, bubuk cabe, bawang merah atau bawang putih yang di iris atau dalam bentuk bubuk dan sejenisnya sebagai penyedap rasa.

Ini tak boleh kita lakukan jika kita ingin memberikan ayamnya pada kucing. Jika ayam mengandung beberapa bumbu tambahan seperti yang Anggora baru saja sebutkan di atas maka sebaiknya ayam goreng tak di berikan pada kucing.

Kenapa ? Sebab ini dapat menimbulkan gangguan kesehatan pada kucing seperti kucing dapat mengalami gangguan pencernaan akibat merica, gula, bubuk dan cabe. Garam bisa membuat kucing mengalami kerontokan bulu dan berpotensi mengalami penyakit ginjal jika terlalu banyak di konsumsi oleh kucing.

Sementara itu bawang merah dan bawang putih dalam bentuk apapun dapat menghancurkan sel darah merah pada tubuh kucing serta menyebabkan kucing mengalami Anemia. Jadi perlu di ingat bahwa ayam goreng yang hendak di beri untuk kucing tak perlu mengandung bumbu tambahan apapun.

 

3. Jangan Berikan Ayam Yang Di Goreng Dengan Tepung

Selain tak boleh memberikan kucing makan ayam goreng yang di berikan bumbu tambahan, juga di sarankan untuk tidak memberikan ayam yang di goreng dengan balutan tepung. Baik itu tepung terigu, jagung ataupun tepung-tepungan lainnya.

Ayam goreng yang di campurkan tepung bukanlah makanan yang baik untuk kucing. Sebaiknya hindari pemberian ayam jenis ini pada kucing.


4. Ayam Goreng Hanya Di Berikan Sesekali Saja Dan Tak Di Jadikan Makanan Campuran Untuk Kucing

Jika kamu ingn memberikan kucing kamu makan makanan ini maka sebaiknya berikan ayam goreng sesekali saja dan jangan di berikan terlalu sering. Apalagi jikalau menjadikan makanan ini sebagai campuran makanan utama kucing, ini sebaiknya tak di lakukan.

Ini bisa mempengaruhi diet sehat kucing dan tentu saja akan membuat kesehatan kucing terganggu serta kucing yang sering memakan ayam goreng bisa beresiko mengalami penyakit seperti obesitas dan juga penyakit jantung.


Itulah dia beberapa hal penting yang perlu kamu perhatikan sebelum memberikan ayam goreng pada kucing agar makanan ini aman untuk kucing makan.


Kesimpulan

Ayam goreng memanglah makanan yang menggoda, bahkan kucing pun tertarik untuk memakannya. Bukan cuma itu saja ayam goreng juga merupakan makanan yang kaya akan protein dan juga lemak. Di samping itu makanan ini bukanlah sesuatu yang berbahaya untuk kucing makan dengan beberapa syarat yang telah di sebutkan di atas.

Meskipun makanan ini boleh di berikan pada kucing namun jika di bandingkan dengan ayam rebus biasa tanpa bumbu maka ayam rebus jauh lebih baik dan juga lebih menyenhatkan untuk di berikan pada kucing kesayangan kita.

Oh iya jika kamu ragu untuk memberikan ayam goreng pada kucing disarankan untuk tak memberikannya pada kucing. Kamu juga bisa menghilangkan keraguan ini dengan berkonsultasi dengan dokter hewan di kota kamu.


Mungkin itu saja pembahasan mengenai bolehkah kucing makan ayam goreng. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url