Kenapa Kucing Menjilati Jari Kita ? Ini Penyebabnya !

Kucing adalah hewan yang mempesona baik itu dari sisi perilaku, tubuh dan wajahnya. Ini membuat banyak dari kita yang menjadikan hewan yang satu ini sebagai hewan peliharaan di rumah. Bicara soal kucing, ada banyak perilaku kucing yang sering membuat kita terheran-heran.

 

Kenapa Kucing Menjilati Jari Kita


Salah satu dari banyaknya perilaku kucing yang mengherankan tersebut adalah kucing terkadang menjilati jari-jari tangan kita. Bukan cuma membuat kita terheran-heran namun hal ini pun juga membuat kita penasaran atas apa alasan kucing melakukan hal ini.

Lalu sebenarnya apa sih penyebab kucing menjilat-jilati jari kita ? Penasaran ? Nah bagi kamu yang penasaran akan hal ini maka kamu wajib membaca tulisan Anggora di bawah ini. Baca hingga akhir ya sobat.

 

Kenapa Kucing Menjilati Jari Kita ?

Seperti apa yang Anggora jelaskan di atas, kucing terkadang suka menjilati jari kita dan ini membuat kita merasa heran sekaligus bertanya-tanya mengapa kucing suka menjilat jari tangan milik kita. Kucing tak asal melakukan hal ini karena ia suka saja.

Sebenarnya ada alasan di balik perilaku kucing ini. Berdasarkan apa yang Anggora ketahui dan berdasarkan pengalaman Anggora sendiri, beberapa alasan atau sebab kucing melakukan ini adalah sebagai berikut :

1. Bentuk Kasih Sayang

Penyebab pasti pertama yang membuat kucing menjilati jari kita adalah karena kucing sedang mengungkapkan rasa sayangnya pada kita. Ini karena selain untuk membersihkan diri, menjilati anggota tubuh merupakan cara kucing untuk menunjukkan rasa sayangnya pada sesama mereka.

Contohnya ketika induk kucing menjilati tubuh anak-anaknya padahal tubuh mereka masih bersih, sesama saudara atau saudara kucing yang sering menjilati satu sama lain ketika mereka berkumpul, sesama kucing yang tak memiliki hubungan darah namun tinggal dalam satu rumah saling menjilati satu sama lain.

Hal serupa juga berlaku bagi manusia. Sewaktu ada kucing yang menjiati jari tangan manusia maka ini bisa katakan bahwa si kucing sedang berusaha menunjukkan kasih sayangnya pada kita, orang yang merawatnya dengan baik.

 

2. Ada Bau Yang Enak Di Jari

Penyebab selanjutnya yang membuat kucing menjilat jari kita adalah  di karenakan ada bau enak yang tertinggal di tangan kita. Umumnya bau yang enak ini adalah bau yang berasal dari mau makanan yang masih menempel di tangan kita, entah itu masih menempel walaupun kita telah mencucinya ataupun karena kita lupa membersihkannya.

Oh iya selain makanan, beberapa bau minuman tertentu juga bisa menarik perhatian kucing. Contohnya minuman seperti susu dan sejenisnya. Biasanya saat ada bau yang enak dj jari kita dan kucing tertarik akan hal ini maka kucing akan menjilatinya terus menerus.

Bahkan terkadang jika kucing merasa bahwa ini bisa di makan, beberapa kucing bisa menggigit jari-jari kita dan melukainya.

 

3. Karena Sedang Bermain

Apakah kucing menjilati jari tangan kamu sesudah ia bermain main dengan menangkap serta menggigit tangan kamu ? Jika iya makasih alasan kucing menjilati tangan adalah karena ia baru saja bermain dengan jari tangan milik kamu.

Hal ini memang jarang kucing lakukan tetapi terkadang ada saat di mana kucing melakukannya. Kucing yang sering melakukan hal ini biasanya adalah anak kucing yang masih anak-anak atau berusia muda. Untuk kucing dewasa mereka hampir jarang melakukannya.

Alasannya karena kucing dewasa cenderung tampak serius serta saat dewasa kucing menjadi hampir tak pernah mau bermain meskipun kita telah berusaha mengajsknya untuk bermain.

 

4. Membersihkan Kutu

Beberapa kucing ada yang melakukan gerakan menjilati jari kemudian di lanjutkan dengan gerakan mengigit jari tangan kita. Kucing akan melakukan ini berulang kali secara terus menerus sampai si kucing kesayangan merasa puas.

Tindakan kucing yang seperti ini sebenarnya karena kucing ingin membersihkan kutu di tangan kita. Kucing peliharaan mungkin menganggap bahwa kita sama seperti mereka, juga memiliki kutu. Karena itulah mereka melakukan hal ini pada kita.

Padahal sebenarnya kita tak memiliki kutu di jari ataupun tangan kita. Hanya ada kutu pada rambut kepala kita. Kucing yang salah paham dan mengira kita sama seperti mereka biasanya sering terjadi bagi kucing yang di pelihara semenjak kecil.

Ini membuat mereka salah paham lalu mengira bahwa kita seperti mereka karena mereka telah menganggap kita seperti orang tua ataupun saudara-saudari bagi mereka. Oh ya kesalahpahaman ini juga bisa terjadi pada kucing yang terlalu dekat dengan kita. 

 

5. Merayu Kamu

Alasan yang terakhir mengapa kucing menjilat jari mamu adalah karena ia sedang mencoba merayu kamu. Kucing mungkin sedang lapar dan ingin di beri makan sehingga ia melakukan hal ini agar kamu paham apa yang ia maksud  kemudian memberi ia makanan.

 

Itulah dia beberapa sebab kenapa kucing menjilati jari kita. Kini kamu tahu apa saja penyebabnya bukan. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url