Kerak Hitam Di Bawah Mulut Kucing, Itu Apa Sih ?

Pernah tidak kamu sebagai pemilik kucing melihat ada kerak hitam pada sekitar dagu dan bibir kucing. Tentunya pernah bukan ? Sejujurnya setiap kali kita melihat ada kerak hitam di mulut kucing, pastinya kita penasaran sebenarnya apa kerak hitam ini.

 

Kerak Hitam Di Bawah Mulut Kucing


Beberapa dari kita mungkin berpikir bahwa ini hanyalah sekedar kotoran yang menempel lalu mengeras menjadi satu di bawah mulut maupun dagu kucing. Tetapi yang kita pikirkan tidaklah benar, kerak hitam ini bukanlah kotoran.

Lalu sebenarnya kerak hitam ini apa ? Bolehkah kita membersihkannya dan bagaimanakah cara yang tepat untuk mengatasinya ? Bagi sobat Anggora yang punya pertanyaan serupa dengan pertanyaan yang tertulis di atas maka sobat wajib membaca tulisan Anggora berikut ini.

Baca hingga akhir ya agar benar-benar paham mengenai hal ini.

 

Apa Sebenarnya Kerak Hitam Di Bawah Mulut Kucing ?

Seperti apa yang Anggora katakan di atas bahwa beberapa dari kita mungkin menganggap bahwa ini hanyalah sekedar kotoran biasa namun sebenarnya tidak begitu kenyataannya. Kerak hitam di bawah mulut dan dagu kucing bukanlah kotoran yang terbuat dari pasir atau abu yang menumpuk.

Lalu kerak hitam ini apa ? Ketika kamu menemukan kerak hitam di mulut dan dagu kucing milikmu maka ini kemungkinan besar adalah jerawat kucing atau yang secara ilmiah di sebut feline acne. Ini umum terjadi pada kucing.

Menurut ahli kulit hewan Michelle Piccione, DVM., DACVD. Yang di kutip dari Rover, Selasa, 28 Februari. Di sana ia mengatakan bahwa pada awalnya jerawat ini tampak seperti komedo manusia dan seperti kerak hitam yang biasa berada di bawah dagu kucing.

Ini juga terkadang tampak seperti kotoran kecil yang terdapat pada bulu-bulu kucing. Memang ini tampak tak membahayakan jika tak terjadi infeksi sekunder pada kulit kucing peliharaan kita. Hanya saja jerawat pada kucing ini perlu segera di atasi.

Bila kita tak segera mengatasinya maka ini dapat membuat kulit kucing iritasi, bengkak, keropeng dan kerontokan bulu akibat kucing terlalu sering menggaruknya.

 

Mengapa Feline Acne Dapat Terjadi Pada Kucing ?

Ada banyak pemicu yang mungkin menjadi penyebab utama jerawat kucing ini namun beberapa pemicu tersebut tak di ketahui. Menurut para ahli sendiri, jerawat pada kucing adalah sebuah kelainan diopatik dari keratinisasi folikel.

Sederhananya ini terjadi karena banyaknya keratin maupun protein pada kulit dan terjebak dalam folikel sehingga menghasilkan jerawat atau komedo pada kucing. Selain itu ada beberapa penyebab lainnya mengapa ini dapat terjadi. Beberapa penyebab tersebut antara lain :

1. Perasaan Stress

Kucing juga bisa mengalami perasaan stress seperti manusia dan stress pada kucing bisa menjadi pemicu keberadaan kerak hitam pada mulut atau dagu kucing. Stress pada kucing dapat terjadi karena kualitas hidup kucing yang buruk dan perawatan yang kurang baik.

Selain itu ini juga dapat terjadi karena kucing baru saja melahirkan, mabuk dalam perjalanan, tak bisa kawin, luka dalam, masalah kulit dan akibat kucing mengalami masalah kesehatan tertentu.

 

2. Produksi Minyak Berlebih

Kerak hitam atau jerawat kucing paling sering di temukan di bawah dagu. Kenapa begitu ? Ini karena pada dagu kucing terdapat kelenjar sebaceous.Kelenjar inilah yang berfungsi menghasilkan minyak untuk kesehatan bulu serta kulit kucing.

Namun jika minyak ini di hasilkan secara berlebihan maka ini bisa menyumbat folikel yang pada akhirnya menjadi penyebab utama kerak hitam ataupun jerawat pada mulut atau dagu kucing.

 

3. Pengaruh Infeksi Virus

Pada sebuah penelitian masalah jerawat pada kucing. Penelian ini di adakan di dalam penampungan atau rumah yang memelihara lebih dari satu kucing. Di sana di temukan bahwa ada sejenis virus tertentu yang berperan dalam penyebab kemunculan kerak hitam pada dagu kucing.

 

4. Perawatan Yang Buruk

Selain karena pengaruh infeksi virus hal ini juga terjadi akibat perawatan yang buruk oleh pemilik kucing sehingga kucing mengalami stress. Akibatnya produksi minyak sebaceos berlebih lalu menumpuk sehingga membentuk kerak hitam, komedo atau jerawat.

 

5. Alergi

Alergi kucing bisa di sebabkan oleh dua hal yaitu karena makanan dan alergi kontak terhadap sesuatu. Kedua penyebab ini sering kali di kaitkan dengan kemunculan kerak hitam di dagu kucing.

 

Bagaimana Cara Menghilangkan Feline Acne / Kerak Hitam Pada Kucing ?

Untuk menghilangkan kerak hitam pada mulut atau dagu kucing, cara terbaiknya adalah dengan meminta bantuan dokter hewan. Tapi jika kamu bersikeras ingin mengatasinya sendiri maka kamu dapat mengikuti beberapa cara berikut ini :

  1. Bersihkan area kerak hitam atau area jerawat dengan chlorhexidine antibacterial. Bersihkan beberapa kali dalam sehari sampai area breakoutnya memudar

  2. Jika terjadi bengkak kompres dengan air hangat untuk menguranginya.

  3. Berikan vitamin omega 3 untuk menjaga kesehatan kulit

  4. Ganti mangkuk makan atau minum yang terbuat dari plastik dengan mangkok keramik atau stainless

  5. Saat memandikan kucing pakailah shampo khusus kucing yang mengandung anti bakteri atau anti fungal ( jamur )

  6. Berikan gel obat jerawat kucing

  7. Dalam beberapa kasus kamu juga perlu memberikan anti biotik atau anti radang namun ini tak boleh asal di lakukan. Sebelum melakukannya sebaiknya konsultasi dengan dokter hewan

 

Itulah beberapa cara yang dapat kamu coba untuk mengatasi kerak hitam, komedo atau jerawat kucing ini. Jika di rasa cara ini tak berhasil juga, di sarankan untuk meminta bantuan dokter hewan terdekat.

 

Apakah Kerak Hitam, Komedo Atau Jerawat Kucing Bisa Muncul Lagi ?

Pada beberapa kondisi, kerak hitam, komedo ataupun jerawat kucing dapat muncul lagi. Tetapi tenang saja, kemunculannya masih bisa kok di minimalkan dengan menjaga kebersihan kulit kucing, memberikan makanan baik serta multivitamin yang baik untuk kesehatan kulit kucing.

 

Itulah dia pembahasan mengenai apa itu kerak hitam di bawah mulut atau dagu kucing, penyebab kemunculan kerak hitam, komedo serta jerawat kucing dan bagaimana cara mengatasinya. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kamu yang telah membacanya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url