Bagaimana Cara Mengatasi Kucing Tersedak Tulang ? Ini Caranya !

Kucing merupakan hewan peliharaan yang lucu dan juga sama seperti hewan lainnya, mereka butuh makan dan minum. Sebagai pemilik yang baik pastinya kita akan memberikan makanan serta minuman yang baik juga untuk kucing peliharaan kita.

 

Cara Mengatasi Kucing Tersedak Tulang


Oh iya bicara soal makanan kucing, kita pastinya akan memberikan makanan yang baik sekaligus aman untuk kucing makan. Namun meskipun begitu akan ada saat di mana kucing kita akan memakan sesuatu hal yang tak boleh ia makan.

Kucing memakannya karena kehendaknya sendiri akibat tergoda bau makanan tersebut ataupun kucing memakannya karena ia di berikan secara sengaja oleh anggota keluarga kita ataupun oleh tetangga yang tinggal di sekitar kita.

Salah satu contoh makanan yang sering ia makan tersebut meskipun ia tak boleh memakannya adalah tulang. Mau itu tulang ikan, tulang ayam, tulang sapi ataupun tulang-tulang hewan lainnya, ini semua tak boleh ia makan.

Sebab ini akan beresiko membuat kucing menjadi tersedak, yang mana ini bisa melukai kucing dalam kasus teringan dan bisa membunuh kucing dalam kasus yang terparah. Ketika kucing tersedak oleh tulang sangat di sarankan untuk segera mengatasinya.

Lalu bagaimana cara mengatasi kucing tersedak tulang ? Ketahui caranya di sini.

 

Bagaimana Cara Mengatasi Kucing Tersedak Tulang ?

Saat kucing tersedak yang mesti kamu lakukan pertama kali adalah mendinginkan pikiran kamu serta menenangkan diri kamu. Selanjutnya cobalah untuk mencari tahu bagaimana cara untuk mengatasi masalah ini. Untuk mengatasi hal ini kamu dapat mencoba beberapa cara berikut ini.

1. Cari Tahu Posisi Tulang Berada

Untuk mengatasi kucing tersedak tulang maka hal yang pertama kali harus di lakukan adalah mengetahui di mana posisi pasti tulang tersebut berada. Kita perlu mengetahui posisi si tulang untuk memudahkan kita dalam mencabut atau menarik tulang keluar.

Periksa apakah tulang yang membuat kucing tersedak berada di mulut bagian atas atau bagian bawah, nyangkut di gigi kucing, nyangkut di gusi kucing ataupun nyangkut di daerah tenggorokan kucing. Selain memastikan posisi tulang berada, kamu juga perlu memastikan tingkat kesulitannya.

Lihat apakah tulang berada di tempat yang mudah untuk di tarik atau tidak. Jika tulang di rasa mudah untuk di ambil maka kamu bisa mencoba untuk mengambil tulang dari dalam mulut kucing. Jika sulit di ambil maka sebaiknya segera minta bantuan dokter hewan untuk mengatasinya.

 

2. Cobalah Untuk Mengambil Tulang Yang Tersangkut

Saat kamu merasa bahwa tulang yang membuat kucing tersedak mudah di ambil maka cobalah untuk mengambilnya. Ambillah tulang menggunakan alat bantu pinset ataupun benda sejenisnya. Oh iya saat kamu berusaha mengambil tulangnya, lakukan secara perlahan saja.

Jangan cabut tulang secara paksa karena ini beresiko melukai mulut bagian dalam kucing. Jika kamu merasa tak bisa mencabut tulang kucing karena terlalu susah maka sebaiknya menyerah saja dan serahkan hal ini kepada mereka yang lebih ahli untuk menanganinya.

 

Catatan : Mintalah bantuan orang lain untuk memegangi mulut dan badan kucing saat kamu mencoba menghilangkan tulang penyebab kucing tersedak. Soalnya sangat sulit untuk melakukan hal ini sendirian tanpa bantuan orang lain.

 

3. Gunakan Metode Heimlich Jika Kucing Sulit Bernafas

Kalau kamu melihat kucing kamu benar-benar terjebak serta ia sulit bernafas akibat tulang ini maka cobalah untuk membantu kucing dengan menggunakan metode Heimlich. Metode ini bisa kamu gunakan untuk membantu kucing kamu.

Namun metode Heimlich yang kita gunakan harus sedikit di modifikasi agar bisa di pakai untuk kucing. Cara Heimlich untuk kucing bisa di lakukan dengan memeluk kucing dari tubuh belakang kemudian menekan dadanya secara perlahan untuk memaksa benda asing keluar dari tubuhnya.

Sebelum melakukan ini pastikan bahwa kamu paham melakukan metode Heimlich ini dengan baik. Kalau sekitanya tak paham sebaiknya kamu minta bantuan dokter saja untuk mempermudah pertolongan pada kucing milikmu.

 

4. Segera Hubungi Dokter Hewan

Bila kamu telah melakukan semua cara di atas namun tak berhasil maka cara terakhir yang dapat kamu lakukan adalah menghubungi dokter hewan. Mintalah layanan darurat untuk mengatasi kasus kucing tersedak akibat tulang yang terjadi pada kucing kamu.

Dokter hewan umumnya akan membantu kamu menolong kucing kamu namun perlu di ingat bahwa hal ini tak gratis, tentu saja membutuhkan biaya yang perlu di bayarkan dan terkadang biaya yang di keluarkan tak akan sedikit bila mana penanganan membutuhkan tindakan operasi.

 

Setelah Kucing Sembuh, Lakukan Tindakan Pencegahan

Tentunya kamu tak mau bukan kalau kucing kamu mengalami masalah yang serupa lagi dan membuat kucing kamu terluka atau membuat kamu terpaksa kembali mengeluarkan sejumlah uang untuk biaya pengobatan si kucing.

Karena itulah kamu perlu mencegah hal serupa terjadi pada kucing kamu. Ada beberapa tindakan pencegahan yang dapat kamu lakukan, yaitu :

  • Memberikan kucing makanan khusus kucing

  • Memberikan edukasi terhadap keluarga tentang bahaya pemberian tulang ke kucing

  • Menjaga tempat pembuangan sampah bersih dari benda berbahaya yang dapat di makan kucing

  • Pastikan untuk mengawasi kucing kamu saat berada dalam rumah atau luar rumah

  • Jangan biarkan kucing keluar rumah jika kamu tak bersamanya untuk menghindarkan kucing dari sembarangan memakan makanan di luar rumah

 

Itulah dia pembahasan mengenai bagaimana cara mengobati kucing tersedak tulang. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url