Kenapa Kucing Menjilati Wajah Manusia ? Ini Alasannya !

Bagi mereka yang telah memelihara kucing pastinya sudah cukup akrab dengan perilaku kucing. Beberapa perilaku kucing yang umum mereka lakukan adalah makan, minum, tidur, bermain dan hobi menjelajahi daerah sekitarnya.


Kenapa Kucing Menjilati Wajah Manusia

 

Selain beberapa perilaku di atas, kucing juga terkadang senang berinteraksi dengan pemiliknya ataupun orang-orang yang berada di dekat ia berada. Salah satu dari sekian banyak interaksi yang kucing lakukan dengan kita manusia adalah kucing senang menjilat wajah kita.

Namun hal ini mungkin jarang kucing lakukan atau cuma sesekali ia lakukan. Oh iya bicara soal kucing yang menjilati wajah manusia, beberapa dari kita yang melihat kucing melakukan hal ini mungkin penasaran atas alasan kucing melakukan hal ini.

Di samping itu kita juga mungkin ingin tahu apakah hal ini berbahaya bagi kita. Nah bagi kamu yang penasaran atas kedua hal ini, untuk mengetahui jawabannya kamu wajib membaca tulisan Anggora berikut ini.

 

Kenapa Kucing Menjilati Wajah Manusia ?

Pastinya kita tak asing dengan perilaku kucing yang satu ini meskipun kucing jarang sekali melakukannya. Umumnya ini di lakukan kucing sewaktu kita mendekatkan wajah kita ke kucing kesayangan, entah itu karena kita ingin mencium wajahnya, ingin bertatapan dengannya serta lainnya dan bisa juga di lakukan kucing karena keinginannya sendiri.

Ketika kucing menjilat wajah kita, kita mungkin merasa geli karena hal dan ini juga menimbulkan sebuah pertanyaan yang muncul dalam kepala kita. Pertanyaan tersebut seperti mengapa kucing kesayangan menjilat wajah kit?

Sebenarnya ada beberapa alasan mengapa kucing melakukan hal ini. Menurut Anggora sendiri beberapa alasan tersebut antara lain :

1. Ungkapan Kasih Sayang

Jilatan kucing pada manusia bisa di artikan sebagai salah satu ungkapan kasih sayang kucing kepada manusia, termasuk jilatan kucing pada wajah manusia. Bagi kucing, saling menjilat merupakan bentuk kepedulian satu sama lain dan sekaligus untuk menunjukkan rasa kasih sayang mereka.

Contohnya adalah ketika induk kucing menjilati anaknya yang sudah dewasa, sesama saudara kucing saling menjilat tubuh atau sesama kucing saling menjilati satu dengan yang lainnya. Jadi saat kucing menjilati wajah kamu itu berarti kucing sayang pada kamu.

 

2. Ingin Membersihkan Wajah Kamu

Pastinya kita semua tahu bahwa ketika kucing menjilati tubuhnya itu berarti kucing senang mandi atau kucing sedang membersihkan tubuhnya dari kotoran. Hal serupa juga berlaku pada kucing peliharaan yang menjilat wajah orang.

Ini berarti kucing sedang ingin membersihkan wajah mereka yang sedang kucing jilat. Kucing yang melakukan tindakan ini mungkin merasa bahwa wajah orang yang di sukai atau di sayanginya dalam keadaan kotor sehingga ia berniat membersihkannya.

Oh iya, bukan cuma karena wajah kotor saja, kucing juga melakukan ini di saat ia merasa wajah kita bau. Dengan menjilati wajah kita, kucing bisa membersihkan bau yang ia benci di wajah kita dan menggantikannya dengan bau miliknya.

 

3. Ada Bau Yang Menarik Di Wajah Kamu

Alasan selanjutnya adalah karena mungkin ada bau yang menarik perhatian kucing di wajah kamu. Ini membuat kucing penasaran lalu mengendus atau menciumi wajah kamu dan ketika kucing merasa bau ini enak maka kucing akan menjilati wajah kamu.

Setelah kucing merasa puas menjilatinya maka kucing akan berhenti dengan sendirinya lalu pergi menjauh dari kamu. Beberapa bau yang sering membuat kucing melakukan hal ini umumnya adalah bau makanan yang tanpa sengaja menempel di wajah.

 

4. Kucing Sedang Merayu Kamu

Menjilati wajah juga bagian dari cara kucing untuk merayu kita pemiliknya atau orang yang ia sayangi. Kucing melakukan ini untuk merayu kita agar ia di berikan makanan atau cemilan karena saat ini si kucing sedang merasa sangat lapar.

Biasanya tindakan kucing untuk merayu dengan cara menjilati wajah kita di dahului dengan kucing yang menggosok-gosokkan wajahnya ke tubuh kita. Saat kucing melakukan hal ini sebaiknya beri ia makanan agar ia tak lapar dan agar si kucing senang

 

5. Tindakan Acak Kucing

Alasan terakhir adalah ini merupakan tindakan acak kucing. Seperti yang kita tahu kucing sering kali berprilaku acak dan membuat kita terkejut, kesal, heran dan tertawa akan tindakan acaknya ini. Tindakan kucing menjilati wajah kita adalah salah satu dari tindakan acak tersebut.

 

Apakah Ini Bisa Membahayakan Wajah Kita ?

Hal ini tidak akan membahayakan kita manusia dengan catatan kucing yang melakukan hal ini adalah kucing yang sehat dan bebas dari penyakit serta infeksi virus ataupun parasit. Ini di buktikan sendiri oleh beberapa cat lover itu sendiri.

Meskipun ini tak membahayakan jika dilakukan oleh kucing dengan kriteria di atas namun di sarankan untuk membersihkan wajah dengan sabun setelah kucing menjilat-jilati wajah kita.

 

Kini kamu sudah tahu bukan mengapa kucing menjilat-jilati wajah manusia dan apakah hal ini berbahaya. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kamu yang sudah membacanya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url