Bagaimana Cara Mudah Mengatasi Kucing Yang Gelisah ? Ini Caranya !

Bagi mereka yang tak begitu dekat dengan kucing ataupun tak pernah merawat kucing sama sekali pastinya kucing hanyalah sekedar hewan biasa yang mana hewan ini hanya untuk di jadikan hewan peliharaan saja.

 

Bagaimana Cara Mudah Mengatasi Kucing Yang Gelisah


Namun kenyataannya tak demikian, kucing juga memiliki beberapa emosi seperti yang manusia miliki. Salah satunya adalah gelisah. Kucing bisa menjadi gelisah seperti yang sering kita para manusia alami.

Sewaktu kucing gelisah umumnya kucing akan sulit berdiam diri pada satu tempat yang sama, kucing tampak waspada akan sesuatu hal dengan sering melihat ke sekelilingnya. Tak hanya itu saja kucing juga akan mondar-mandir ke sana kemari dengan tujuan yang jelas.

Ketika ini terjadi maka sebagai pemilik kucing, kita pastinya akan risih melihat perilaku kucing ini. Kita yang melihatnya ingin si kucing kembali berperilaku seperti biasanya dan kembali tenang seperti sebelumnya.

Untuk tujuan inilah kita perlu mengatasi masalah kucing yang gelisah ini. Lalu bagaimana caranya ? Lihat cara mudah mengatasi kucing gelisah pada tulisan Anggora ini.


Bagaimana Cara Mudah Mengatasi Kucing Yang Gelisah ?

Sewaktu kucing gelisah tentunya hal ini akan mengganggu mata kita serta membuat kita merasa khawatir mengenai kucing kita. Di samping itu kucing juga akan menjadi sulit di ajak berinteraksi ataupun sulit unruk di dekati.

Itulah mengapa perlu bagi kita untuk mengatasi kegelisahan kucing ini sesegera mungkin. Nah untuk mengatasi kegelisahan kucing kamu dapat menggunakan beberapa cara Anggora di bawah ini :

1. Buat Ruangan Terasa Aman Bagi Kucing

Ketakutan kucing akan sesuatu membuat ia waspada sekaligus membuat kucing menjadi gelisah. Kucing dalam kondisi ini biasanya tak akan pernah tenang bila mana ia merasa bahwa lingkungan di sekitarnya terasa tak aman.

Karena itulah agar kucing bisa mengatasi rasa gelisahnya maka kamu dapat membantunya dengan membuat ruangan ia berada terasa aman baginya. Kamu bisa menutup pintu rumah dan jendela untuk membuat si kucing merasa aman.

Penutupan pintu rumah dan jendela ini tak mesti kamu lakukan seterusnya. Kamu bisa melakukannya sampai si kucing sudah tak terlihat gelisah lagi, setelahnya kamu bebas untuk kembali membuka pintu serta jendela rumah atau membiarkannya dalam kondisi yang sama.


2. Singkirkan Suara Yang Ia Takuti

Pernah tidak kucing kamu gelisah dan ketakutan sewaktu ia mendengar suara-suara tertentu. Biasanya ini terjadi sewaktu kucing mendengar suara asing yang bervolume sangat keras sehingga ini menakutinya.

Contohnya seperti suara mesin pengaduk semen, suara blender atau mixer dan juga suara mesin gergaji. Ketika mendengar beberapa suara ini, kucing mungkin akan gelisah karena ia takut mendengarnya.

Namun saat suara telah berhenti maka si kucing akan kembali normal seperti sebelumnya, hanya saja ini mungkin membutuhkan waktu yang lama sampai para pekerja berhenti menggunakan alat-alat tersebut.

Untuk membuat suaranya tak menggangu kucing, kamu hanya perlu menimpa suara tersebut dengans suara lainnya dengan suara musik dan sejenisnya. Dengan begini kucing tak akan mendengar suara yang menakutinya lagi dan kucing pun tak akan gelisah lagi.

 

3. Usir Hewan Yang Mengganggunya

Selain karena suara yang menakutkan, kegelisahan kucing juga bisa bersumber dari hewan lainnya. Biasanya hewan ini adalah hewan yang sering mengganggunya ataupun hewan-hewan yang mengerikan baginya.

Hewan seperti anjing, monyet, babi, kerbau, kambing dan sesama jenis kucing adalah beberapa jenis hewan yang berada di sekitar kita yang sering kali membuat kucing peliharaan gelisah akibat ketakutannya terhadap hewan-hewan ini.

Ketika kucing kamu takut dengan hewan-hewan ini maka cukup usir hewan yang membuatnya terganggu atau singkirkan hewan-hewan yang menakutinya. Dengan begini kucing tak akan lagi gelisah karena keberadaan hewan-hewan tersebut.


4. Menyuruh Pergi Orang Yang Membuat Ia Ketakutan

Kalau yang kita bahas barusan yang membuat kucing gelisah adalah hewan yang mengerikan baginya atau sering mengganggunya maka yang ini adalah manusia yang membuat kucing gelisah. Kegelisahan ini sendiri berasal dari ketakutan kucing terhadap orang tersebut.

Mungkin ini terjadi karena orang ini sering menjahili kucing, menyakitinya ataupun sering membentaknya dengan suara keras yang menyebabkan kucing menandai orang ini sebagai salah satu subjek yang menakutkan.

Ini membuat kucing akan merasa gelisah sekaligus takut setiap kali ia berada dekat dengan orang tersebut. Karena itulah untuk membuat kucing tenang maka kamu cukup menyuruh pergi orang yang menakutinya ataupun menyuruh orang tersebut untuk menjauhi si kucing kesayangan.

Oh iya selain kucing gelisah terhadap orang dewasa di karenakan penyebab tertentu, kucing juga sering kali gelisah terhadap anak-anak kecil yang bermain di sekitarnya. Mungkin ini karena anak-anak senang bersuara keras, mengejar-ngejar mereka dan juga memegang mereka dengan kuat.


5. Menggunakan Penenang Untuk Kucing

Yang terakhir untuk mengatasi kegelisahan kucing kamu adalah dengan memakai penenang untuk kucing. Penenang yang di maksud Anggora di sini bukanlah sejenis obat bius ataupun obat-obatan yang terlarang namun obat-obatan yang terbuat dari herbal dan tergolong aman di gunakan.

Tanaman tersebut seperti catnip yang mana tanaman ini sangat aman di berikan ke kucing serta memiliki efek yang mampu membuat kucing yang gelisah, stress, mabuk dan sejenisnya menjadi tenang.

Obat ini sendiri bisa kamu beli dengan mudah di toko hewan terdekat atau membelinya melalui toko online.


Mungkin itu saja pembahasan mengenai bagaimana cara mengatasi kucing yang gelisah. Kalau kamu ada saran mengenai tulisan ini maka silahkan letakkan saran kamu di kolom komentar dan semoga artikel ini bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url