Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Kucing, Apa Saja ?

Ketika memelihara kucing pastinya kita harus tahu apa kewajiban yang mesti kita lakukan. Salah satu contohnya adalah memberikan kucing makanan serta minuman. Di samping itu kita juga harus tahu apa yang boleh dan tidak boleh di lakukan pada kucing.


Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Kucing

 

Pada tulisan kali ini, Anggora tak akan berbicara mengenai apa yang boleh di lakukan pada kucing. Soalnya ini mungkin sudah Anggora bahas pada tulisan-tulisan Anggora sebelumnya. Jika kamu tertarik membaca mengenai hal ini maka kamu dapat mencarinya di situs ini.

Bicara soal hal yang tak boleh di lakukan ke kucing, sebagai pemilik kita wajib mengetahui hal ini. Kenapa ?  Tentu saja ini untuk menghindari sesuatu hal yang membuat kucing merasa tak nyaman, membahayakan dirinya atau membuat kesehatannya terganggu.

Lalu apa saja hal terlarang tersebut ? Bagi kamu yang ingin tahu apa saja itu maka kamu wajib membaca tulisan Anggora ini.

 

Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Kucing, Apa Saja ?

Ada beberapa hal yang tak boleh kita lakukan pada kucing kesayangan kita. Beberapa hal ini mesti kita hindari untuk di lakukan demi tujuan kebaikan kucing. Adapun beberapa hal terlarang untuk di lakukan ke kucing, Setahu Anggora adalah sebagai berikut :

1. Memberikan Kucing Makanan Dan Minuman Mentah

Tindakan terlarang yang tak boleh di lakukan ke kucing yang pertama adalah jangan memberikan kucing makanan dan minuman mentah. Jangan sesekali pun memberikan kedua hal ini pada kucing kesayangan peliharaan kamu meskipun ia menyukainya.

Mengapa ini di larang ? Alasannya sebenarnya sederhana, hal ini bisa membuat kucing yang menelan makanan serta minuman mentah terkena gangguan kesehatan tertentu yang di akibatkan oleh bakteri ataupun parasit yang berada di dalamnya.

Contoh gangguan yang umum terjadi akibat makanan dan minuman kucing mentah adalah cacingan dan masalah pencernaan pada kucing. Jika kamu hendak memberikan makanan dan minuman pada kucing sebaiknya masak matang terlebih dahulu keduanya.

Untuk makanan kucing, jika kamu malas membuatnya sendiri maka kamu dapat menggunakan makanan instan kucing ( Dry Food atau Wet Food ) yang banyak di jual di pasaran sebagai makanan kucing.

 

2. Memberikan Kucing Sembarangan Makanan Atau Minuman

Selain tak boleh memberikan kucing makanan dan minuman mentah, kita juga tak boleh memberikan kucing sembarangan makanan. Pemberian sembarangan makanan bagi kucing dapat membahayakan kucing, membuatnya keracunan dan gangguan kesehatan.

Seperti pemberian duri atau tulang yang bisa beresiko menyebabkan radang mulut, tenggorokan ataupun melukai organ pencernaan kucing, pemberian coklat yang berlebihan yang bisa membuat kucing keracunan karena zat theobromine-nya, pemberian susu yang membuat kucing mengalami masalah pencernaan dan makanan sejenisnya yang mungkin dapat membahayakan kucing.

 

3. Memandikan Kucing Asal-Asalan

Memandikan kucing boleh saja di lakukan hanya saja tak boleh di lakukan secara asal-asalan. Memandikan kucing memang terbilang remeh, namun ini bisa menyebabkan masalah bagi kucing kita jika kita salah dalam melakukannya.

Ini bisa membuat iritasi pada kucing, membuat kucing menjadi terkena penyakit atau bahkan bisa membunuhnya jika di lakukan asal-asalan. Iritasi pada kucing dapat terjadi ketika kita memandikan kucing dengan shampoo yang bukan untuk kucing.

Untuk penyakit, kucing dapat terkena demam, flu dan batuk. Ini terjadi ketika kita memandikan kucing secara sembarangan pada suhu udara yang dingin atau dengan air yang terlalu dingin. Tak cuma bisa terkena penyakit saja, bahkan ada yang lebih berbahaya dari ini.

Kucing bisa menderita Hipotermia yang mana hal ini dapat membuat organ vital kucing gagal fungsi dan membuat kucing kehilangan nyawanya.

 

4. Larangan Mencukur Bulu Kucing Sampai Botak Total

Hal ke empat yang tak boleh di lakukan ke kucing kamu adalah kucing tak boleh di cukur sampai botak total. Ini tak boleh kamu lakukan tanpa alasan yang jelas. Terutama di lakukan pada kucing yang tak kita miliki, contohnya kucing liar.

Jika kamu melakukan ini pada kucing liar tentu saja ini akan membuat merasa tak nyaman, terganggu dan yang paling buruknya adalah kucing liar yang biasa tinggal di jalanan akan merasakan rasa dingin yang menusuk kulit mereka sepanjang malam.

Jadi, jangan lakukan ini ya kalau kamu tak punya alasan yang jelas dan jangan lakukan hal ini pada kucing yang bukan milik kamu seperti kucing liar

 

5. Memotong Kuku Kucing Sembarangan

Jika kamu tak pandai dalam memotong kuku kucing maka sebaiknya jangan lakukan hal ini. Takutnya kamu bisa salah potong kuku kucing kamu dan berakhir dengan memotong bagian merah pada kuku kucing yang berisi saraf kucing dan membuat kaki kucing pendarahan.

Oh iya hal ini juga tak boleh kamu lakukan untuk kucing liar, sebab kucing liar butuh kukunya untuk bertahan hidup di jalanan seperti melindungi dirinya dari musuhnya, untuk menerkam mangsanya dan untuk melarikan diri dari predator alaminya.

 

6. Memberikan Kucing Obat Sendiri

Saat kucing sedang sakit, jika kamu tak punya pengetahuan mengenai pengobatan penyakit kucing dengan obat-obatan tertentu maka di sarankan untuk tak begitu saja memberikan kucing sembarang obat. Ini tak boleh di lakukan ke kucing.

Sebab di khawatirkan kucing bukannya sembuh malah memperburuk kondisi penyakitnya dan kucing terancam mati. Itulah mengapa saat kucing sakit di sarankan untuk membawa kucing pergi berobat ke dokter hewan.

 

7. Jangan Sembarangan Memukul Atau Menendang Kucing

Hal terakhir yang tak boleh kita lakukan ke kucing adalah memukul atau menendang kucing sembarangan. Saat kamu marah sebaiknya jangan sekalipun memukul atau menendang kucing dengan kuat secara sembarangan.

Ini sangat berbahaya buat si kucing. Apalagi jika sampai terkena organ vitalnya, Bisa-bisa kucing mati langsung di tempat kita memukul atau menendangnya. Dari pada memukul atau menendang kucing, menyiram kucing dengan air biasa yang tak dingin, tak panas dan tak kotor jauh lebih baik untuk menghukumnya.

 

Itulah dia beberapa hal yang tak boleh di lakukan pada kucing. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url