Mengapa Kucing Menjilati Rambut Kita ? Ini Penyebabnya !

Berbeda dengan manusia, kucing punya caranya sendiri dalam membersihkan tubuhnya atau yang biasa kita sebut dengan mandi. Untuk membersihkan tubuhnya atau mandi, umumnya kucing akan menjilat-jilati seluruh bulu di tubuhnya.

 

Kucing Menjilati Rambut Kita


Kucing akan menjilat-jilatinya sampai ia merasa dirinya benar-benar bersih. Oh iya bicara soal kucing yang menjilat, terkadang kucing tak hanya akan menjilati bulu miliknya saja tetapi kucing juga akan menjilat bulu milik manusia khususnya bulu rambut.

Bagi mereka para pemilik kucing yang tak terbiasa akan hal ini tentunya akan merasa heran dan bertanya-tanya mengapa kucing melakukan ini. Nah bagi kamu yang juga penasaran akan hal ini dan ingin tahu jawabannya maka kamu wajib membaca tulisan Anggora ini.

 

Kenapa Kucing Menjilati Rambut Kita ?

Sewaktu kita tengah berinteraksi dengan kucing peliharaan kesayangan dengan cara mendekatkan wajah kita ke dekatnya terkadang kucing akan melakukan tindakan yang tak terduga. Kucing akan mendekat ke rambut kita kemudian menjilatinya.

Selain itu kucing juga terkadang melakukan tindakan ini sewaktu kita tengah duduk ataupun tidur. Di saat kita dalam posisi ini, kucing akan berusaha menjangkau rambut kita atas keinginannya lalu kemudian menjilat-jilatinya.

Tindakan kucing yang satu ini sebenarnya di dasari oleh suatu penyebab tertentu karena tak mungkin hewan seperti kucing akan melakukannya tanpa sebab. Ada beberapa penyebab yang membuat kucing melakukan hal ini. Beberapa penyebabnya antara lain :

1. Kucing Ingin Membersihkannya

Alasan pertama yang membuat kucing menjilat rambut kita adalah karena mereka ingin membersihkannya. Seperti yang kita ketahui bahwa kucing adalah hewan yang menyukai kebersihan, ini membuat kucing gemar membersihkan tubuhnya dan hal tersebut juga berlaku pada rambut kita.

Ketika kucing merasa bahwa rambut kita kotor maka kucing dengan jiwa kebersihannya akan berusaha untuk membersihkan rambut kita. Ia akan berusaha membersihkannya dari kotoran ataupun dari bau yang ia tak sukai.

Kucing akan terus menjilatinya sampai kucing merasa bahwa rambut kita telah bersih.

 

2. Menandai Kita

Kita tahu bahwa kucing adalah hewan yang senang menandai sesuatu hal dengan baunya. Contohnya adalah anak kucing yang sering di jilati induknya adalah anaknya jika baunya tetap serupa ( bau dari bekas jilatannya tak berubah atau bau dari induknya masih menempel pada anaknya ) .

Karena itulah saat kucing menjilati rambut kita maka ini berarti kucing tengah menandai kita dengan berusaha meninggalkan baunya melalui bekas jilatannya. Kucing menandai kamu mungkin karena ia menganggap kamu miliknya atau menganggap bahwa kamu adalah orang yang spesial untuknya.

 

3. Ada Bau Yang Menarik

Alasan ketiga mengapa kucing menjilati rambut kamu hanyalah karena ada bau yang menarik di rambut kamu. Bau menarik ini mungkin berasal dari bau makanan ataupun bau tertentu yang bisa menarik perhatian kucing ( Seperti bau minyak kelapa, zaitun dan sejenisnya ).

Kucing yang tertarik dengan bau-bauan ini akan menjilat rambut yang berada di kepala kamu dan bahkan beberapa kucing mungkin akan menggigit rambut atau kepala kamu. Untuk menghentikan kucing melakukan hal ini maka sebaiknya basuh kepala kamu sampai baunya hilang.

 

4. Kucing Hanya Sedang Bermain

Apakah kucing menjilati rambut kamu setelah ia bermain dengan rambut ? Jika iya maka alasan mengapa kucing menjilati rambut kamu hanyalah karena ia baru saja bermain dengannya. Biasanya kucing yang bermain dengan rambut akan menjilati rambut setelah ia menangkapnya dan menggigitnya.

Hal ini adalah hal umum yang di lakukan oleh kucing. Oh iya kucing yang melakukan ini biasanya hanyalah kucing yang masih anak-anak atau berusia muda. Untuk kucing dewasa, mereka akan jarang melakukannya sebab di usianya saat ini kucing dewasa cenderung tak suka lagi bermain.

 

5. Ungkapan Kasih Sayang

Alasan yang terakhir adalah ini merupakan bentuk kasih sayang. Menjilat merupakan salah satu cara kucing dalam menyampaikan rasa kasih sayangnya. Hal ini dapat kita lihat dari sikap kucing yang hanya menjilati kucing yang ia sayangi.

Contohnya kucing hanya akan menjilati anaknya, kucing hanya akan saling menjilati sesama saudara atau saudarinya dan kucing hanya akan menjilati kucing lain yang ia kenali dan berteman baik dengannya. Hal serupa juga berlaku bagi kita manusia.

Bila ada kucing yang menjilati kita khususnya di bagian rambut maka ini berarti kucing tak sekedar hanya ingin membersihkannya tetapi kucing juga ingin menyampaikan rasa sayangnya dengan tindakannya ini.

 

Itulah dia beberapa penyebab mengapa kucing menjilat rambut kita. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang telah membacanya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url