Kenapa Kucing Menjilati Bulunya Sendiri ? Ini Alasannya !

Pastinya kita semua mengenal kucing dengan baik. Hewan yang satu ini merupakan hewan imut yang berbulu dan menggemaskan. Para pecinta kucing pastinya sepakat dengan hal ini. Oh iya bicara soal kucing, ada satu perilaku kucing yang membuat banyak orang bertanya-tanya.


Kenapa Kucing Menjilati Bulunya Sendiri


Umumnya hal ini banyak di tanyakan oleh mereka yang bukan memelihara kucing. Namun tak menutup kemungkinan juga mereka yang baru saja memelihara kucing juga ikut mempertanyakannya karena ketidaktahuan mereka akan hal ini.

Hal yang sering di pertanyakan tersebut adalah kenapa kucing menjilati bulunya sendirinya ? Sebenarnya apa alasan kucing melakukan hal ini ? Penasaran ? Yuk cari tahu jawabannya di sini.

 

Kenapa Kucing Menjilati Bulunya Sendiri ?

Pastinya kita sering melihat kucing menjilati bulunya sendiri bukan ? Beberapa dari kita yang tak memelihara kucing atau tak memahami kucing pastinya merasa bahwa tindakan kucing yang satu ini cukup aneh dan menjijikkan.

Atau mungkin beberapa dari kita yang memelihara kucing dan telah membersihkan kucing dengan cara memandikannya pastinya heran dengan perilaku kucing ini. Kucing sudah bersih tapi tetap saja kucing menjilati bulu-bulunya.

Nah untuk menjawab rasa penasaran kamu akan hal ini, Anggora akan membahas apa saja alasan atau penyebab kucing melakukan hal ini. Setahu Anggora ada beberapa penyebab yang mungkin membuat kucing menjilati bulu-bulu miliknya.

Adapun beberapa penyebab tersebut antara lain :

1. Menjilat Bulu Untuk Membersihkan Diri

Kucing adalah hewan yang senang memiliki tubuh yang bersih. Ini membuat mereka akan selalu membersihkan tubuh mereka ketika mereka merasa bahwa tubuhnya sedang dalam keadaan yang kotor. Baik itu kotor ringan ataupun kotor berat.

Itulah mengapa ketika ada kotoran sedikit saja di tubuh mereka ataupun ada sedikit saja bau yang di rasa buruk oleh kucing maka kucing akan langsung sesegera mungkin membersihkannya dengan cara menjilatinya sampai kotoran atau baunya tersebut menghilang.

 

2. Menjilat Bulu Untuk Mengeringkannya

Pernah lihat kucing yang tubuhnya terkena air lalu ia menjilatinya terus menerus ? Contohnya kucing yang baru saja di mandikan, ketika si kucing merasa bahwa tubuhnya agak basah entah itu karena tubuhnya belum kita keringkan dengan hair dryer ataupun kita kurang kering mengeringkan bulunya maka si kucing akan menjilat bulu-bulunya untuk mengeringkannya.

Loh bukannya ini malah akan membuat tubuhnya semakin basah? Kenyataannya tidak demikian, bulu kucing akan semakin kering. Jika tak percaya maka kamu dapat membuktikan hal ini sendiri hanya saja pastikan untuk sedikit membasahi tubuh kucing kamu ketika mencobanya agar ia tak kedinginan dan jatuh sakit.

Pernah dahulu ketika kucing milik Anggora basah karena tak sengaja jatuh ke dalam air namun Anggora lupa untuk mengeringkan tubuh kucing karena sedang sibuk. Setelah teringat akan si kucing lalu memeriksa kembali ternyata tubuhnya sudah kering, hanya saja tingkat kekeringan bulunya ini tak sekering ketika kita menggunakan hair dryer.

 

3. Kucing Menjilat Bulunya Untuk Mendistribusikan Minyak

Selain untuk mengeringkan tubuhnya, kucing juga melakukan hal ini untuk mendistribusikan minyak alami yang ada di tubuhnya secara merata pada seluruh tubuh. Tahukah kamu bahwa kulit kucing menghasilkan minyak alami dari kelenjar minyak dalam kulit.

Minyak kulit ini sangat bermanfaat untuk menyehatkan bulu kucing dan membuat bulunya berkilauan. Selain itu minyak ini juga bisa menjaga kulit kucing agar tahan air dan bagus untuk menjaga suhu tubuh mereka. Inilah alasan mengapa kucing senang menjilati bulunya sendiri.

 

4. Menjilati Bulu Untuk Menjaga Suhu Tubuh Mereka

Meskipun terlihat sepele ternyata menjilati bulu kucing lakukan untuk menjaga suhu tubuhnya tetap stabil. Contohnya saat suhu udara panas maka dengan menjilati bulunya, kucing bisa menurunkan suhu tubuhnya dan membuat tubuhnya lebih dingin.

Begitu juga sebaliknya, menjilati tubuh di saat suhu udara cukup dingin dapat membantu kucing menjaga tubuhnya tetap hangat. Kehangatan ini terjadi karena gesekan lidah dengan bulu kucing yang membuat tubuhnya hangat serta berkurangnya aliran udara di antara bulu-bulu mereka.

 

5. Kucing Menjilati Tubuhnya Untuk Menenangkan Dirinya

Apakah kucing kamu saat ini menjilati bulu-bulunya secara berlebihan? Jika iya maka hal ini kucing lakukan untuk menenangkan dirinya. Ini biasa terjadi pada saat kucing mengalami perasaan seperti stress, kelelahan, rasa sakit ataupun keadaan mengejutkan yang belum pernah ia alami.

Contohnya seperti saat kucing baru saja melahirkan, ini membuat kucing akan menjilati bulu-bulunya secara berlebihan. Ini terjadi bukan hanya karena si kucing ingin membersihkan cairan air ketuban yang membasahi tubuhnya namun kucing juga melakukan ini untuk memenangkan dirinya.

 

Apakah Menjilati Bulunya Sendiri Berbahaya Bagi Kucing ?

Apakah ini berbahaya jika di lakukan kucing setiap harinya ? Tentu saja tidak berbahaya untuk kucing lakukan selama kucing peliharaan melakukannya secara wajar atau dalam batas normal dan bulu kucing tak mengalami kerontokan parah.

Jika kucing melakukannya secara berlebihan maka ini dapat membuat kulitnya iritasi, terluka ataupun kucing akan mengalami kebotakan pada area tubuh tertentu. Sementara itu jika kucing mengalami kerontokan parah lalu kucing secara tak sengaja menelan bulu yang rontok sewaktu menjilati bulunya maka kucing bisa mengalami masalah hairball.

Jadi, supaya hal ini tak berbahaya bagi kucing maka sebagai pemilik wajib bagi kita untuk selalu mengawasi perilaku si kucing dan menjaga kesehatan bulunya agar aktivitas seperti menjilati bulu tak akan menimbulkan masalah kesehatan tertentu bagi si kucing kesayangan.

 

Itulah dia pembahasan mengenai apa yang membuat kucing menjilati bulu-bulunya sendiri dan apakah ini berbahaya bagi kucing ? Semoga bermanfaat

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url