Kenapa Kucing Suka Mencium Bokong Kucing Lain ? Ini Alasannya !

Banyak dari kita yang mungkin memelihara kucing. Ini karena Kucing adalah hewan yang imut serta menggemaskan. Oh iya bicara soal kucing pastinya kita sudah tak asing lagi dengan perilaku kucing yang random atau acak.

 

Gambar Kucing Yang Suka Mencium Bokong Kucing Lain


Nah, salah satu dari sekian banyaknya perilaku kucing yang random tersebut adalah kucing terkadang suka mencium bokong kucing lainnya. Tak peduli apapun jenis kelamin kucing mau itu kucing jantan atau kucing betina, kucing akan tetap menciumnya di saat ia menginginkannya.

Melihat kucing yang seperti ini, tentu saja kita merasa keheranan dan bertanya-tanya Kenapa kucing kadang-kadang suka melakukannya. Ini adalah respon yang wajar bagi kita pemilik kucing, terutama bagi pemilik kucing yang baru pertama kali memelihara kucing.

Lalu sebenarnya mengapa kucing suka mencium bokong kucing lainnya ? Untuk mengetahui jawaban atas pertanyaan ini maka kamu wajib membaca tulisan berikut.

 

Kenapa Kucing Suka Mencium Bokong Kucing Lain ?

Apakah kucing peliharaan kesayangan kamu kadang-kadang suka menciumi bokong-bokong kucing lainnya yang berada di sekitarnya. jika iya maka atas tindakan kucing ini pasti kamu akan bertanya-tanya apa alasan si kucing melakukannya.

Sebenarnya ada beberapa alasan mengapa kucing mencium bokong atau pantat kucing lainnya. Adapun beberapa alasannya menurut Anggora adalah sebagai berikut:

1. Mengenali Kucing Lain

Yang pertama adalah untuk mengenali kucing tersebut. Seperti yang kita tahu bahwa mengendus atau mencium merupakan salah satu cara kucing untuk mengenali sesuatu. Contohnya seperti untuk mengenali sesuatu itu bisa dimakan atau tidak.

Nah hal yang serupa juga berlaku untuk para kucing lainnya yang berada dekat dengannya ataupun ada di sekelilingnya. Ketika kucing mencium bokong kucing yang berada di sekitarnya, ini berarti kucing sedang berusaha mengenali kucing tersebut.

Kucing ingin tahu apakah kucing tersebut adalah kucing yang ia kenal karena satu rumah dengannya atau apakah kucing tersebut adalah kucing liar.

 

2. Untuk Berkomunikasi

Alasan selanjutnya Kenapa kucing mencium melakukan hal ini adalah untuk berkomunikasi dengan kucing tersebut. Bagi kucing mencium bokong adalah sebuah gesture untuk untuk saling menyapa antara satu kucing dengan kucing lainnya.

Mirip dengan halo dan apa kabar yang seringkali kita manusia ucapkan ketika bertemu dengan orang lain yang kita kenal ataupun kerabat keluarga saat sedang berada di luar rumah. Ini merupakan bagian sopan santun yang umum kita lakukan dalam bermasyarakat.

 

3. Ada Bau Yang Menarik

Penyebab ketiga Mengapa kucing mencium pantat kucing lainnya dikarenakan ada bau yang menarik yang menempel pada pantat kucing. Ini akan membuat kucing yang berada di sekitarnya menjadi tertarik dan mencium bokong yang bau tersebut.

Bau-bauan yang menarik ini umumnya bisa dikarenakan adanya bau yang menempel. Mungkin ini adalah bau dari pasir atau tanah, kotoran yang masih tersisa, kencing yang masih tersisa ataupun bau-bauan sejenis lainnya.

Pada awalnya sewaktu kucing tertarik dengan bau-bauan ini, mereka hanya akan men mengendusnya berapa kali saja sampai mereka puas. Setelah itu mereka akan berhenti lalu pergi menjauh dari kucing yang pantatnya baru saja mereka endus.

Oh ya jika kucing merasa ini cukup mengganggu atau merasa ini sesuatu yang bisa dimakan maka setelah puas menciumnya, kucing akan menjilatinya untuk beberapa saat kemudian sama seperti tadi, kucing akan berhenti dengan sendirinya.

 

4. Kucing Sedang Birahi

Perilaku ini juga bisa menandakan bahwa kucing sedang dalam masa birahi. Biasanya mencium bokong kucing lainnya saat masa birahi, hanya akan di lakukan oleh kucing jantan. Kucing betina jarang sekali melakukannya.

Kucing jantan yang sedang birahi akan mencium pantat kucing lainnya sebagai bentuk ketertarikan terhadap kucing tersebut dan juga untuk mengenali apakah kucing ini adalah kucing betina yang layak menjadi incarannya.

Kalau kucing jantan tak tertarik dengan sang betina maka ketika kucing selesai mencium bokong dan ternyata si kucing jantan tidak tertarik dengan betina tersebut maka kucing akan berhenti mengejarnya dan memutuskan untuk mencari betina lainnya untuk dikawini

 

5. Perilaku Acak Kucing

Pernahkah kamu melihat ada kucing yang tengah menjilati tubuhnya lalu secara mendadak iya mencium bokong kucing lainnya yang berada di sekitarnya sebelum pada akhirnya si kucing peliharaan menjilat-jilatinya.

Mungkin kamu berpikir bahwa kucing melakukan ini hanya untuk membersihkannya namun sebenarnya tidak. Kucing melakukan ini murni tanpa tujuan yang jelas. Bisa dibilang ini cuma perilaku acak si kucing saja.

 

Ketika Kucing Mencium Bokong Kucing Lainnya, Apa Yang Harus Kita Lakukan ?

Meskipun perilaku kucing ini menjijikkan dalam pandangan kita dan menurut kita ini bisa mendatangkan penyakit bagi kucing tetapi sejujurnya tak ada yang harus di lakukan untuk kucing peliharaan kesayangan kita

Cukup Biarkan saja kucing melakukannya karena ini bukanlah sesuatu yang bisa membahayakan kucing ataupun bisa membuat kesehatan kucing terganggu dengan catatan ini dilakukan oleh kucing dalam batas wajar dan tak berlebihan.

Namun untuk jaga-jaga jika kamu masih merasa bahwa ada yang salah dengan kucing kamu ketika ia baru saja mencium bokong atau pantat kucing lainnya maka kamu bisa membawanya berobat ke dokter hewan terdekat.

 

Kini kamu sudah tahu kan apa saja alasan kucing mencium bokong kucing lainnya. Mudah-mudahan tulisan ini dapat bermanfaat buat kamu yang telah membacanya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url