Kenapa Kucing Menjilati Tubuhnya Berlebihan ? Ini Alasannya !

Serupa dengan manusia, kucing juga bisa mandi untuk membersihkan dirinya dari kotoran. Hanya saja cara mandi kucing berbeda dengan cara mandi kita manusia. Kucing mandi dengan cara menjilati setiap bagian tubuhnya yang ia rasa kotor secara perlahan-lahan.

 

Kucing Menjilati Tubuhnya Berlebihan


Kucing juga terkadang hanya akan menjilati bagian tubuh tertentu yang ia rasa kotor saja. Kucing akan terus menjilati tubuhnya sampai ia rasa bagian tubuh tersebut telah sepenuhnya bersih. Namun ini kucing lakukan secara tak berlebihan.

Jika kucing melakukan penjilatan anggota tubuh secara berlebihan, ini mungkin ada yang salah dengan kucing yang membuat ia berperilaku seperti ini. Perilaku kucing yang menyimpang ini pasti di sebabkan oleh suatu penyebab tertentu.

Lalu sebenarnya mengapa kucing menjilati tubuhnya secara berlebihan ? Adakah akibat yang timbul dari penyimpangan perilaku kucing ini Penasaran ? Cari tahu apa sebabnya dengan membaca tulisan Anggora ini sampai akhir.

 

Kenapa Kucing Menjilati Tubuhnya Berlebihan ?

Menjilati tubuhnya adalah hal normal bagi semua kucing. Tetapi jika ini di lakukan secara berlebihan oleh kucing maka bisa di pastikan ada sesuatu yang salah yang terjadi pada kucing yang membuat ia menyimpang dari perilaku alaminya.

Ada beberapa penyebab yang dapat membuat kucing menjilati tubuhnya secara berlebihan. Berdasarkan sepengetahuan anggora sendiri beberapa penyebabnya antara lain :

1. Stress

Penyebab pertama yang paling mungkin membuat kucing secara berlebihan menjilati tubuhnya adalah akibat stress. Stress pada kucing bisa di sebabkan oleh beberapa hal seperti :

  • Baru saja melahirkan

  • Rasa sakit akibat luka

  • Kucing tak bisa nikah ( bukan karena telah steril )

  • Kucing selalu di kurung

  • Stress akibat selalu di hajar kucing lain

  • Stress akibat di jahili secara berlebihan oleh manusia

  • Stress akibat mabuk kendaraan

  • Dan lainnya

 

Ketika kucing mengalami stress, kucing akan cenderung menjilati tubuhnya secara berlebihan. Ia akan terus menjilatinya walaupun di sana tak ada luka, kotoran ataupun sesuatu hal yang membuat kucing merasa gatal.

Kucing melakukan hal ini karena dorongan emosinya saat ini dan di sisi lain hal ini juga dapat memberikan manfaat bagi kucing. Menjilati secara berlebihan dapat membantu kucing meredakan stress yang ia rasakan. Ini memberikan sisi positif dan juga efek negatif bagi dirinya.

 

2. Gangguan Kesehatan Kulit

Penyebab kedua adalah kucing mengalami gangguan kesehatan kulit. Gangguan kesehatan kulit seperti masalah kutu, masalah kuman, masalah jamur seperti scabies dan sejenisnya dan lainnya dapat membuat kucing menjilati tubuhnya secara berlebihan.

Alasan mengapa kucing melakukannya adalah karena kucing merasakan rasa gatal yang sangat mengganggu baginya. Ini membuat kucing akan terus menjilati bagian yang ia rasa gatal sampai ia dapat menghilangkan rasa gatal tersebut.

Namun karena rasa gatal ini sulit di hilangkan atau muncul lagi dalam waktu yang singkat maka kamu akan melihat kucing rutin menjilati tubuhnya dan ia akan menjilat-jilatinya secara berlebihan. Yang mana tentu saja ini bukanlah hal baik baginya.

 

3. Luka Dalam

Alasan selanjutnya yang membuat kucing menjilat tubuhnya terus menerus adalah disebabkan luka dalam yang ia derita. Seperti yang kita tahu bahwa ketika kucing merasakan adanya luka di bagian tubuhnya maka kucing secara alami akan menjilat tubuhnya untuk membantu proses kesembuhannya.

Namun hal ini cuma berlaku untuk luka pada fisik bagian luar tubuh kucing tak berlaku pada luka tubuh pada bagian dalam tubuh. Mungkin karena naluri alami kucing, kucing tetap melakukannya meskipun ini tak bermanfaat untuk menyembuhkan luka tersebut atau mungkin kucing melakukan hal ini hanya untuk meredakan rasa sakit yang ia rasakan serta untuk menenangkan dirinya.

 

4. Kelainan Pada Sifat Kucing

Beberapa kucing mungkin ada yang punya kelainan pada sifat mereka. Ini membuat kucing memiliki sifat yang terlalu bersih yang membuat kucing menjilati tubuhnya secara berlebih. Meskipun kucing melakukan ini berlebihan namun kucing masih melakukannua dalam batasan wajar.

Sifat kucing ini mungkin agak sedikit mengganggu bagi kita namun selama tak ada masalah yang di sebabkan dan hal ini tak menyakiti kucing maka sebenarnya ini tak masalah untuk membiarkan kucing melakukannya.

 

Akibat Menjilat Tubuh Secara Berlebihan Pada Kucing

Memang menjilat tubuh yang di lakukan oleh kucing tampak sepele dan kelihatannya tak akan menimbulkan masalah bagi kucing namun kenyataanya tak demikian. Ada akibat tertentu yang bakal kucing dapatkan dari tindakannya

Akibatnya seperti :

  • Kerontokan bulu kucing pada area tertentu

  • Masalah iritasi kulit kucing

  • Menimbulkan luka pada kulit kucing

  • Luka kucing akan sulit sembuh

  • Kucing beresiko mengalami masalah hairball

  • Kucing bisa mengalami kebotakan

  • Dan lainnya

 

Itulah mengapa ketika kucing mengalami masalah penyimpangan perilaku ini di sarankan untuk segera mengatasinya untuk menjaga kucing dari masalah dan menjaga bulu dan tubuh terawat serta tetap terlihat indah.

 

Lalu Bagaimana Cara Mengatasinya ?

Tak mungkin ada akibat tanpa adanya sebab. Karena itulah untuk mengatasinya kamu hanya perlu mencari tahu dahulu apa penyebab yang membuat kucing menjilati bulu serta tubuhnya secara berlebihan dan memberikan penanganan yang tepat sesuai dengan sumber penyebabnya.

Kalau kamu merasa tak bisa melakukannya atau merasa bahwa hal ini cukup merepotkan maka kamu bisa melakukannya dengan cara termudah yaitu cukup dengan membawa kucing kamu berobat ke dokter hewan terdekat atau dokter hewan langganan kamu.

 

Mungkin itu saja pembahasan mengenai hal ini. Kini kamu sudah tahu bukan apa saja penyebab kucing menjilat tubuhnya secara berlebihan dan apa efek samping dari tindakannya ini serta bagaimana cara mengatasinya.

Semoga tulisan Anggora ini bermanfaat buat kamu yang telah membacanya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url