Bolehkah Kucing Ditinggal Seminggu Di Rumah ? Ini Jawabnya !

Beberapa dari kita mungkin memelihara kucing karena alasan sederhana seperti kita menyukainya dan kita tak keberatan untuk menghabiskan beberapa waktu harian kita untuk merawat kucing peliharaan kesayangan kita.

 

Bolehkah Kucing Ditinggal Seminggu Di Rumah


Namun meskipun kita bersedia merawat kucing dengan baik, akan ada saat di mana kita akan berhadapan dengan suatu masalah saat memelihara kucing. Salah satu contohnya adalah kita mau tak mau harus berpisah dan meninggalkan kucing peliharaan kita untuk sementara.

Hal ini bukan karena keinginan kita tetapi akibat keterpaksaan karena suatu hal tertentu. Misalnya karena tuntutan pekerjaan yang mengharuskan kita pergi keluar kota dalam beberapa hari, kita terpaksa meninggalkan kucing karena kita tak bisa membawanya pulang kampung sebab masalah biaya ataupun sebab keluarga yang membenci kucing dan beberapa alasan lainnya.

Karena beberapa alasan inilah mau tidak mau kita terpaksa harus berpisah dan meninggalkan kucing kita. Bicara mengenai meninggalkan kucing, beberapa dari kita mungkin ada yang berpikir untuk meninggalkan kucing di rumah dalam beberapa hari ataupun beberapa minggu.

Lalu apakah kucing boleh di tinggalkan di rumah dalam beberapa hari, dalam waktu semingguan atau bahkan lebih dari seminggu ? Lihat penjelasannya dalam tulisan Anggora berikut ini.

 

Bolehkah Kucing Di Tinggal Seharian Di Rumah ?

Karena suatu hal tertentu entah itu karena pekerjaan ataupun karena adanya urusan lainnya mungkin banyak dari kita yang terpaksa meninggalkan kucing peliharaan kita sendirian selama seharian di dalam rumah. Sebelum kepergian kita, hal ini mungkin menjadi beban pikiran bagi kita.

Kita mungkin berpikir apakah kucing akan baik-baik saja meskipun di tinggal sendiri selama satu hari penuh. Bagi kamu yang sedang mengalami situasi ini, jangan khawatir. Kucing boleh di tinggal satu hari penuh di rumah dan kucing tak akan mengalami masalah apa-apa.

Dengan catatan seluruh kebutuhan kucing telah di persiapkan sebelumnya dan kebutuhan ini setidaknya harus bisa mencukupi kucing selama sehari saat kita sang pemilik sedang tak berada di rumah.

 

Kalau Di Tinggal Seminggu Bagaimana ?

Meninggalkan kucing semingguan di rumah menurut Anggora sendiri tak begitu di anjurkan dan malah beberapa dari ahli kucing berpendapat sama dan bahkan melarang hal ini. Ini sangat tak di anjurkan untuk di lakukan meskipun kita telah menyiapkan kebutuhan yang cukup untuk kucing dalam waktu satu minggu.

Ada beberapa alasan mengapa hal ini tak di anjurkan :

  • Jika kucing di biarkan dalam keadaan bebas berkeliaran di rumah di khawatirkan kucing bisa memicu bahaya tertentu seperti kebakaran, korsleting listrik dan lainnya yang mana ini dapat membahayakan kucing dan rumah kita

  • Kalau kucing kamu kucing jenis kucing ras maka kucing bisa di curi orang saat lama tak ada di rumah

  • Kucing bisa kabur dari rumah saat kita tak berada di dalam rumah

  • Kucing dapat mengalami stress

  • Bila kucing sakit saat kita meninggalkannya sendirian di rumah maka jika tak ada yang merawatnya, penyakitnya bisa semakin parah dan menyebabkan kematian bagi kucing

  • Tubuh kucing tak terawat

  • Kucing bisa kelaparan lalu mati di saat ia terlalu banyak menghabiskan makanan yang di sediakan sehingga makanan yang di sediakan tak cukup selama seminggu

  • Kucing bisa mengalami kecelakaan saat di dalam rumah lalu terluka parah dan mati tanpa sepengetahuan kita


Jadi, kalau kamu terpaksa harus berpisah dengan si kucing kesayangan dalam waktu sekitar seminggu lebih maka lebih baik menitipkan kucing pada teman ataupun keluarga kamu. Kamu juga dapat mempertimbangkan untuk menitipkan kucing kamu ke jasa penitipan hewan.

Memang hal ini butuh sedikit biaya namun ini lebih baik dari pada kucing kita nantinya sakit, hilang, terluka karena kecelakaan ataupun mati di saat kita meninggalkan kucing sendirian di rumah sewaktu kita sedang berpergian untuk sementara.

 

Sebaiknya Apa Yang Kita Lakukan Jika Kita Terpaksa Harus Meninggalkan Kucing ?

Saat kamu dalam kondisi terpaksa meninggalkan kucing kamu untuk sementara ( lebih dari sehari ) karena urusan pekerjaan ataupun karena hal penting lainnya maka sebaiknya kamu tak membiarkan kucing sendirian di dalam rumah meskipun kamu telah menyediakan kebutuhan hariannya.

Dari pada membiarkan kucing sendirian di rumah lebih baik kamu membawa kucing ikut dengan kamu atau menitipkannya pada teman, keluarga ataupun menitipkannya kepada jasa penitipan hewan yang ada di dekat kota kamu tinggal.

 

Itulah dia pembahasan mengenai apakah boleh kucing di tinggal seminggu di rumah dan tindakan yang mesti kita lakukan saat meninggalkan kucing. Semoga tulisan Anggora ini bermanfaat buat kamu yang baru saja membacanya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url