Bolehkah Kucing Menjilati Lukanya ? Ini Jawabnya !

Ada 2 tipe pemelihara kucing. Tipe pertama adalah tipe pemelihara kucing dalam rumah, kandang ataupun ruangan khusus. Sementara itu tipe kedua adalah tipe pemelihara kucing secara bebas, mereka membiarkan kucing bebas berada di dalam ataupun berada di luar rumah.


Bolehkah Kucing Menjilati Lukanya

 

Pemeliharaan kucing tipe pertama mungkin lebih aman di lakukan karena ini bisa meminimalisir kucing mengalami luka. Meskipun kucing luka pada akhirnya ini hanyalah luka kecil akibat perkelahian antar sesama kucing dalam rumah maupun akibat kucing bermain dengan kucing lainnya.

Sedangkan untuk pemeliharaan kucing tipe kedua, kucing lebih rentan mengalami luka. Luka pada kucing ini kebanyakan di akibatkan luka karena pertarungan kucing peliharaan dengan kucing liar, dianiaya oleh manusia, terkena kaca, paku dan benda tajam lainnya, terjatuh ataupun tertabrak kendaraan bermotor.

Bicara soal kucing yang terluka, ketika kucing terluka pada luar tubuhnya maka mereka akan sama seperti kita para manusia. Luka mereka ini akan tampak merah, berdarah ataupun berair dan ketika luka ini tak segera di obati bisa jadi malah membusuk dan bau.

Saat kucing terluka ada banyak pertanyaan yang mungkin muncul di pikiran kita. Salah satu dari banyak pertanyaan tersebut adalah ketika kucing terluka apakah boleh kucing menjilati lukanya ? Bagi kamu yang memiliki pertanyaan serupa dan ingin tahu jawabannya maka kamu wajib membaca tulisan Anggora di bawah ini.

 

Bolehkah Kucing Menjilati Lukanya ?

Seperti yang Anggora jelaskan barusan pada tulisan di atas bahwa ketika kucing terluka mereka sering kali menjilati lukanya. Melihat ini tentu saja kita sebagai pemilik khawatir bahwa luka kucing akan menjadi semakin parah, menyebabkan infeksi dan luka kucing bisa lama sembuh atau malah membusuk.Lalu apakah kekhawatiran kita ini benar ?

Apakah kucing memang tak boleh menjilat-jilati lukanya ? Jawabannya adalah semuanya yang kita khawatirkan itu tidak benar dan kucing tak masalah menjilati lukanya. Kucing menjilati lukanya justru baik untuk si kucing.

Ini karena liur kucing punya zat bernama histatin. Yang mana zat ini sendiri dapat menyembuhkan luka kucing dengan memperbarui sel kulit. Sementara bekas jilatannya akan membentuk nitrat oksida, zat ini akan mencegah infeksi serta pertumbuhan kuman pada luka.

Bukan cuma itu saja, perilaku kucing yang menjilati lukanya dapat meredakan stress yang kucing rasakan akibat rasa sakit dari luka yang ia derita. Hanya saja walaupun hal ini baik untuk kucing namun kucing tak boleh terlalu sering menjilat lukanya.

Kucing hanya di perbolehkan sesekali saja menjilati lukanya. Jika terlalu sering, ini bisa membuat luka kucing lama sembuh atau malah lukanya menjadi semakin melebar.

 

Ketika Kucing Terluka Apa Yang Mesti Kita Lakukan ?

Sebenarnya selama luka kucing ringan dan kucing tak mencakar atau terlalu sering menjilati luka luar pada tubuhnya maka luka ini secara alami akan sembuh dengan sendirinya. Hal ini mirip dengan kita manusia, yang bisa sembuh dari luka kecil dengan sendirinya.

Namun jika kamu merasa khawatir pada kucing kamu atau kamu ingin ia segera sembuh dari lukanya maka kamu bisa membawa kucing ke dokter hewan atau melakukan beberapa hal berikut :

  1. Membersihkan luka kucing dengan air hangat

  2. Berikan luka kucing dengan antiseptik

  3. Obati luka kucing dengan obat luka kucing seperti tamacillin, gentamicin dan obat-obatan sejenisnya

  4. Cegah kucing agar tak sering menjilati lukanya. Kamu bisa mencegahnya secara manual atau menggunakan alat bernama collar.

  5. Selain mencegah kucing menjilat lukanya, kamu pun harus mencegah kucing menggaruk lukanya. Caranya cukup dengan memotong pendek seluruh kuku kucing. Pastikan memotongnya dengan hati-hati agar tak melukai kucing

  6. Berikan obat luka kucing secara rutin

  7. Luka kucing akan perlahan sembuh seiring berjalannya waktu

  8. Jika luka kucing tak segera sembuh atau semakin parah sebaiknya segera bawa ke dokter hewan terdekat

 

Dengan melakukan beberapa cara di atas, jika luka kucing tak terlalu parah maka kucing akan segera sembuh dari lukanya.

 

Bagaimana Cara Mencegah Agar Kucing Tak Terluka Lagi ?

Hal ini akan sulit untuk di lakukan apalagi jika kamu adalah tipe pemilik yang memelihara kucing secara bebas ( membiarkan kucing bebas berada di rumah dan berada di luar rumah ). Agar kucing tak terluka lagi, untuk mencegahnya kamu hanya bisa melakukan hal ini :

  • Untuk kucing yang di biarkan hanya berada di dalam rumah, kandang atau ruangan khusus maka kamu bisa memotong seluruh kuku kucing untuk mencegah kucing melukai kucing lainnya dengan cakarnya

  • Untuk kucing yang di biarkan bebas maka untuk mencegah ia terluka maka kamu harus membatasi si kucing. Kucing harus di batasi agar tak terlalu jauh pergi dari lingkungan rumah. Untuk membatasinya maka kamu perlu tali khusus kucing. Cara ini mungkin sedikit memaksa bagi kucing dan tak membuat kucing bebas namun ini jauh lebih baik baginya dari pada ia terluka. Jika kamu tak menyukai cara ini maka kamu bisa melakukan cara lainnya yaitu membatasi kucing agar tetap selalu berada dalam rumah

 

Mungkin itu saja pembahasan mengenai bolehkah kucing menjilati lukanya dan apa tindakan yang mesti kita lakukan saat kucing terluka. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url