Apakah Kucing Kepanasan Bisa Mati ? Ini Jawabannya !

Kucing adalah hewan imut yang mengagumkan. Bukan karena kucing memiliki paras yang menggemaskan, bukan karena perilakunya yang lucu ataupun tingkahnya yang random namun karena kucing tak seperti hewan lainnya.

 

Apakah Kucing Kepanasan Bisa Mati


Ya benar kucing punya kemampuan dalam mengatur suhu tubuhnya. Ini mampu membuat kucing bisa menyesuaikan suhu tubuhnya dengan suhu udara di sekitarnya sehingga kucing bisa tetap nyaman dalam kondisi udara seperti apapun.

Walaupun kucing mampu menyesuaikan diri dengan suhu di sekitar namun tetap saja kemampuan kucing ini punya batasannya sendiri. Bila kucing berada dalam suhu udara yang terlalu ekstrim seperti terlalu panas atau terlalu dingin maka tubuh kucing tetap tak akan mampu menahannya.

Oh iya bicara soal suhu udara yang panas, mungkin banyak dari kita yang penasaran apa yang bakal terjadi pada kucing yang tak mampu menahan rasa panas ( kepanasan). Kita penasaran apakah kucing yang kepanasan sama saja dengan manusia, mereka akan mati jika panasnya terlalu panas.

Rasa penasaran ini ada bukannya karena kita berniat buruk namun karena kita peduli dan ingin mencegah sesuatu yang buruk terjadi pada kucing milik kita jika ia merasa kepanasan. Lalu apakah kucing bisa mati karena kepanasan. Baca penjelasannya di sini.

 

Apakah Kucing Kepanasan Bisa Mati ?

Serupa dengan manusia, kucing juga bisa merasakan yang namanya kepanasan. Namun apakah kucing bisa mati karena kepanasan mengingat kucing punya kemampuan dalam mengatur suhu tubuhnya? Jawabannya adalah kucing bisa mati karena kepanasan.

Bukan cuma karena kepanasan ekstrim saja namun kepanasan biasa pun bisa membuat kucing mengalami kematian jika kucing tak menemukan air untuk di minum. Kematian ini di sebabkan kucing mengalami yang namanya dehidrasi.

Saat kondisi awal kucing mengalami dehidrasi mungkin kucing hanya akan merasakan yang namanya kehausan dan tak adanya keinginan untuk buang air kecil sama sekali namun jika di biarkan begitu saja ini bisa membuat darah mengental sehingga mempengaruhi jantung.

Jantung akan berdetak kencang akibat pengentalan darah. Beberapa organ vital kucing lainnya seperti otak pun akan ikut terpengaruh sehingga akan mengalami perubahan yang mana bisa membuat kucing mengalami kejang dan koma.

Sementara untuk penyebab kematian kucing saat dehidrasi akibat kepanasan adalah karena kucing mengalami gagal jantung, gagal hati dan gagal ginjal.

 

Apakah Kematian Akibat Kepanasan Sering Terjadi Pada Kucing ?

Kematian pada kucing akibat kepanasan jarang terjadi pada kucing rumahan. Lalu bagaimana dengan kucing liar? Ini juga jarang terjadi pada kucing liar selama kucing bisa menemukan air minum dan tempat berteduh saat suhu udara cukup panas.

Kematian pada kucing akibat kepanasan hanya akan terjadi bila suatu tempat mengalami yang namanya suhu panas ekstrim dan kondisi kekeringan. Ketika ini terjadi bukan cuma kucing saja yang akan menderita kematian akibat kepanasan namun manusia juga dapat mengalami hal serupa.

 

Bagaimana Cara Mencegah Agar Kucing Tak Mati Karena Kepanasan ?

Beberapa dari kamu mungkin ada yang bertanya-tanya bagaimana cara untuk mencegah kucing agar tak mati kepanasan. Caranya sebenarnya cukup mudah. Kamu bisa melakukan beberapa hal berikut ini :

  • Periksa kucing, lihat apakah dia benar kepanasan. Kucing yang kepanasan biasanya menjulurkan lidahnya sambil bernafas terengah-engah

  • Berikan kucing air minum. Kucing tak akan menolak minum jika ia kepanasan. Oh iya ini juga bagus untuk mengatasi dehidarasi pada kucing sebab biasanya kucing kepanasan akan menderita dehidrasi ringan

  • Biarkan kucing beristirahat di tempat yang sejuk dalam rumah. Jika kamu rasa ruangan belum cukup sejuk maka kamu bisa menyalakan kipas angin ataupun air conditioner

  • Cukup biarkan kucing beristirahat beberapa saat setelahnya


Nantinya setelah menggunakan beberapa cara di atas maka kucing tak akan merasakan kepanasan dan akan kembali normal seperti biasa

 

Itulah dia beberapa pembahasan yang terkait dengan apakah kucing kepanasan bisa mati. Semoga artikel ini bermanfaat buat sobat Anggora yang telah membacanya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url