Bagaimana Cara Mengatasi Kucing Tersedak Tulang Ayam ? Ini Caranya !

Saat memelihara kucing kita tak boleh asal memberikan sembarangan makanan pada kucing kesayangan kita. Meskipun kucing tersebut adalah kucing kampung atau dulunya kucing tersebut adalah kucing luar sebelum kita pungut tetapi tetap saja makanannya tak boleh sembarangan.


Kucing Tersedak Tulang Ayam

 

Kenapa ? Karena sembarangan dalam memberi makanan buat kucing bisa membuat kesehatan kucing bermasalah dan juga bisa saja hal ini membuat ia terluka. Salah satu contoh dari akibat memberikan sembarang makanan adalah kucing bisa tersedak.

Oh iya bicara soal tersedak, sering kali kucing peliharaan tersedak tulang ayam. Ini terjadi jika kita memberikan tulang ayam pada kucing, kucing memungut tulang dari tempat sampah di rumah ataupun memungutnya dari luar rumah.

Ketika kucing tersedak, ini tentunya membuat kita khawatir dengan kondisi si kucing. Namun beberapa dari kita mungkin tak tahu bagaimana cara mengatasi kucing yang tersedak tulang ayam. Nah bagi kamu yang sedang dalam situasi ini dan tak tahu cara mengatasinya, kamu wajib membaca tulisan ini.

 

Bagaimana Cara Mengatasi Kucing Tersedak Tulang Ayam ?

Sewaktu kucing tersedak, di sarankan untuk segera mengatasi hal ini. Ini karena semakin lama kucing tersedak maka ini bisa semakin melukai kucing ataupun membuat kucing semakin dalam kondisi yang membahayakan dirinya.

Lalu bagaimana cara mengatasinya ? Untuk mengatasi kucing yang tersedak tulang ayam, kamu dapat menggunakan Beberapa cara berikut ini :

1. Pastikan Bahwa Kucing Memang Tersedak

Pertama-tama cobalah untuk mencari tahu serta memastikan apa penyebab kucing tersedak. Pastikan bahwa ini di karenakan si kucing tersedak oleh tulang bukan karena kucing sedang bersin-bersin ataupun si kucing sedang batuk.

Kamu bisa memastikannya dengan mencari tahu apakah kucing sebelumnya memakan tulang. Untuk mengetahui kucing tersedak tulang dapat di lihat dari perilaku yang kucing tunjukkan. Umumnya kucing yang tersedak akan tampak seolah ia akan muntah, mencoba mengeluarkan sesuatu dari mulutnya dengan tangannya atau si kucing akan sering muntah cairan.

Dengan menggunakan cara di atas kamu dapat memastikan apakah kucing tersedak atau tidak.

 

2. Periksa Ukuran Tulang Dan Letak Tulang

Setelah kita yakin bahwa kucing sedang tersedak dan penyebab kucing tersedak adalah karena tulang ayam maka langkah selanjutnya adalah memeriksa ukuran tulang yang membuat kucing tersedak dan menentukan posisi letak tulang.

Bila letak tulang yang membuat kucing tersedak berada di dalam mulut bagian depan ( baik mulut dalam bagian atas ataupun mulut dalam bagian bawah ) dan ukuran tulang kecil atau tak cukup besar maka ini kategori mudah untuk di atasi.

Namun bila tulang berada di mulut bagian dalam bagian belakang atau masuk tenggorokan maka ini merupakan kategori yang sulit untuk untuk di atasi. Sangat sulit untuk mengatasinya meskipun ukuran tulang terbilang kecil.

Mengetahui ukuran tulang serta posisi tulang berada sangat penting untuk kita lakukan sebagai pertimbangan apakah hal ini bisa kita atasi secara mandiri di rumah ataukah hal ini harus di atasi dengan meminta bantuan oleh ahli seperti dokter hewan.

 

3.  Cobalah Untuk Mencabut Tulang

Setelah tahu bahwa tulang yang membuat kucing tersedak bukanlah sesuatu yang sulit untuk di ambil maka cobalah untuk mencabut tulang dari dalam mulut kucing. Saat melakukan pencabut tulang, lakukan dengan bantuan orang lain.

Minta orang tersebut untuk membuka serta menahan mulut kucing sehingga memudahkan kamu dalam mencabut tulang ayam tersebut. Oh iya saat mencabut tulang sebaiknya jangan memakai jari-jari tangan, ini akan mempersulit pengambilan tulang.

Gunakanlah alat bantu khusus seperti pinset dan alat sejenisnya untuk memudahkan kamu. Oh iya saat mencabut tulang di sarankan untuk mencabut secara perlahan namun cepat agar tak membuat mulut bagian dalam kucing terluka.

 

4. Bawa Kucing Ke Dokter Hewan

Kalau ternyata kamu merasa kesulitan untuk mengatasi masalah kucing ini, sangat di sarankan untuk membawa kucing berobat ke dokter hewan. Dengan bantuan dokter masalah ini akan mudah di atasi dan jika kucing sedikit terluka akibat tersedak maka dokter bisa sekaligus mengobatinya.

 

5. Berikan Kucing Makanan Basah

Setelah masalah kucing teratasi terkadang kucing akan kehilangan nafsu makannya atau kucing akan merasa kesulitan makan. Penyebabnya adalah karena mulut bagian dalam, gusi atau tenggorokan kucing terluka karena tulang ayam.

Agar kucing mau kembali makan, gunakan produk makanan kucing berupa makanan basah ( Wet Food). Wet food merupakan makanan kucing yang lembut, mudah di makan oleh kucing sehingga saat kucing yang mulutnya terluka memakannya ini tak akan membuat kucing merasa sakit di mulutnya dan tak akan membuat ia merasa tak nyaman.

Di samping bisa mengatasi masalah kucing yang tak mau makan setelah tersedak tulang, makanan jenis wet food juga sangat mudah di cerna oleh pencernaan kucing dan sangat bergizi bagi kucing peliharaan kesayangan yang kita pelihara.

 

Kini kamu sudah tahu bukan bagaimana cara mengatasi kucing yang tersedak oleh tulang ayam. Semoga tulisan Anggora ini bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url