Kucing Sendirian Dirumah Bolehkah ? Ini Jawabnya !

Kucing di jadikan peliharaan di rumah bukan hanya karena ia lucu, menggemaskan serta sikapnya yang ramah terhadap manusia namun ini karena kucing juga bisa di jadikan sebagai teman hidup bagi mereka yang tinggal sendirian di rumah.


Kucing Sendirian Dirumah Bolehkah

 

Dengan adanya kucing di rumah, mereka yang hidup sendiri tak akan lagi kesepian. Rumah akan lebih ramai serta hidup jadi semakin terasa berwarna. Hal ini juga baik untuk menekan beban hidup serta menghilangkan rasa stress.

Bicara soal berada sendirian di rumah, kucing juga akan merasakan kondisi ini di saat pemilik mereka yang tinggal sendirian bersama kucing pergi ke luar rumah untuk bekerja. Saat ini terjadi pemilik kucing yang masih baru memelihara kucing pasti akan khawatir akan kucing mereka.

Mereka akan penasaran apakah kucing boleh sendirian di rumah di saat mereka sedang di luar rumah. Untuk menjawab pertanyaan ini maka kamu wajib membaca tulisan Anggora di bawah ini hingga akhir.

 

Kucing Sendirian Dirumah Bolehkah ?

Bagi kita yang tinggal sendiri di rumah pastinya akan ada saat di mana kita pergi keluar rumah. Entah itu karena kita harus pergi bekerja, sedang liburan, sedang acara tertentu dan lainnya. Ketika kita melakukan ini, kucing terpaksa harus di tinggal di rumah.

Sewaktu kita meninggalkan kucing di rumah yang jadi pertanyaan bolehkah kucing di biarkan sendirian di rumah? Jawabannya adalah boleh saja dan tak ada larangan sama sekali akan hal ini. Hanya saja kucing di tinggalkan hanya sebentar.

Yaitu di tinggalkan hanya dari pagi sampai sore atau seharian saja. Bukan di tinggal dalam waktu yang lama, contohnya 2-3 harian atau semingguan. Jika kamu berniat meninggalkan kucing dalam waktu yang lama sebaiknya titipkan kucing kamu ke penitipan hewan saja agar lebih aman.

 

Perhatikan Hal Ini Saat Meninggalkan Kucing Sendirian

Ada beberapa hal penting yang mesti kamu perhatikan ketika kamu meninggalkan kucing sendirian di rumah kamu untuk sementara. Ini wajib kamu lakukan supaya kucing yang berada di rumah tetap dalam keadaan sehat saat kamu kembali ke rumah.

Adapun beberapa hal penting untuk di perhatikan tersebut antara lain :

1. Pastikan Kondisi Dalam Rumah Aman

Sebelum meninggalkan kucing di rumah, periksalah kondisi dalam rumah kamu serta pastikan  rumah benar-benar aman buat si kucing. Pastikan bahwa tidak ada benda-benda berbahaya yang bisa di jangkau ataupun membahayakan kucing.

Seperti zat-zat kimia yang berbahaya, obat beracun, benda tajam, kompor yang menyala, perangkat elektronik yang masih menyala, adanya benda yang bisa melukai kucing apabila tak sengaja tertelan ( duri, tulang, jarum dan sejenisnya ).


2. Pastikan Bahwa Kucing Bisa Makan

Kalau tak ada orang di sekitar kucing di saat kucing lapar maka kucing bisa sangat kelaparan dan bila di biarkan. Jika di biarkan terus menerus kelaparan, beresiko bagi kucing untuk mengalami masalah gangguan pencernaan.

Inilah mengapa sewaktu kita berencana bepergian dari pagi hingga malam, sebaiknya kita menyiapkan makanan kucing untuk makan siang dan malamnya. Beri makan kucing di pagi hari kemudian setelah kucing cukup makan tambahkan makanan kucing dalam wadah makanan untuk makan siang serta malamnya.

Oh iya jika kamu ingin melakukan cara ini, sebaiknya gunakan makanan kering khusus kucing sebab makanan ini mudah di berikan dan tak akan mudah rusak meskipun kucing tak langsung memakannya. Makanan ini lebih awet di bandingkan makanan basah kucing ataupun makanan home made.

 

3. Siapkan Minum Untuk Kucing

Selain makanan, kamu juga perlu menyiapkan kucing minuman. Ini agar kucing bisa menghilangkan rasa hausnya di saat ia kelelahan setelah bermain. Hal ini juga dapat mencegah kucing mengalami dehidrasi akibat kekurangan cairan.

Oh iya minuman yang kamu berikan tak boleh air mentah sebab ini tak baik bagi kesehatan kucing karena bisa membuat kucing mengalami masalah pencernaan. Berikanlah air yang telah di masak matang sebagai sir minum kucing.

 

4. Berikan Kucing Mainan

Agar kucing tak merasa bosan karena sendirian di dalam rumah maka sediakan mainan untuk kucing sebanyak mungkin di dalam rumah. Dengan banyaknya pilihan mainan, kucing tak akan mudah bosan dan akan bermain dengan riang

Untuk mainan kucing itu sendiri bisa kamu beli di Pet shop terdekat di kota kamu atau kamu juga dapat membelinya secara online di toko online yang khusus menjual perlengkapan khusus hewan.

 

5. Pastikan Rumah Tertutup Rapat

Saat kamu hendak akan bekerja dan karena alasan lainnya sangat di saran kan bagi kamu untuk mengunci rumah serapat mungkin. Penutupan rumah ini di lakukan agar kucing tak bepergian ke daerah rawan kecelakaan.  Dan agar kucing tak kabur dari rumah.

Oh iya ini juga dapat mencegah kucing kamu yang merupakan jenis kucing ras tertentu di curi oleh orang yang tak bertanggung jawab saat kamu sedang tak berada di dalam rumah.

 

Itulah dia pembahasan mengenai apakah boleh membiarkan kucing sendirian di rumah dan pembahasan yang terkait hal ini. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url