Bolehkah Kucing Ditinggal Sendiri Di Rumah ? Ini Jawabnya !

Bagi kamu yang memelihara kucing, memelihara kucing adalah suatu hobi yang menyenangkan. Ini karena kucing dapat membawa kehangatan sekaligus kebahagiaan untuk para pemilik yang menyayangi mereka.


Kucing Ditinggal Sendiri Di Rumah


Bicara soal memelihara kucing, bagi para pemilik yang memelihara kucing dan tinggal sendirian di rumah akan ada saat di mana mereka terpaksa meninggalkan kucing kesayangan sendirian di dalam rumah.

Itu adalah saat di mana kita pergi bekerja, karena adanya event tertentu, liburan seharian ataupun karena alasan-alasan lainnya yang membuat kita terpaksa meninggalkan kucing dari pagi hari hingga malam hari.

Sewaktu kucing di tinggal sendirian di rumah, tentunya hal ini akan membuat kita khawatir dan bertanya-tanya apakah kucing boleh di tinggal sendirian di rumah ?

 

Bolehkah Kucing Ditinggal Sendiri Di Rumah ?

Apakah boleh kucing kita tinggalkan di dalam rumah kita sendirian di saat kita ada kegiatan tertentu ? Jawabnya adalah boleh dengan catatan kita tak meninggalkan kucing dalam waktu yang lama yaitu hanya seharian, memastikan keamanannya dan menyediakan apa yang kucing butuhkan di saat kita pergi.

Jika kamu meninggalkan kucing dalam waktu yang lama lebih dari satu atau dua harian maka meninggalkan kucing di rumah tidak di sarankan. Jika kamu melakukan ini sebaiknya pertimbangkan untuk menitipkan kucing kamu ke penitipan hewan demi kebaikan kucing.


Hal Yang Perlu Di Perhatikan Saat Meninggalkan Kucing Seharian Di Rumah

Agar kamu tak berpikir hal aneh tentang kondisi kucing kamu dan bisa tenang saat kamu sedang beraktivitas di luar rumah maka ada beberapa hal penting yang perlu kamu perhatikan sebelum kamu meninggalkan kucing di rumah.

Lakukan hal ini agar keamanan serta kesehatan kucing terjaga dan agar ia bisa berada nyaman di dalam rumah meskipun kamu tak berada di sisinya untuk sementara waktu. Beberapa hal tersebut antara lain :

1. Persiapkan Makanan Yang Cukup Untuk Kucing

Sewaktu kamu pergi bekerja atau melakukan hal lainnya, ada kemungkinan bahwa kamu tak akan sempat pulang kerumah untuk memberi makan kucing kamu. Kamu mungkin baru bisa tiba di rumah saat waktu makan malam tiba.

Inilah mengapa sebelum kamu pergi sebaiknya berikan kucing kamu makan dulu di pagi hari dan persiapkan makanan untuk ia makan di siang atau sore hari. Pastikan ia sudah selesai makan di wadah makannya kemudian bersihkan wadah makanan kucing dan isi ulang makanan tersebut dengan porsi yang cukup.

Dengan cara ini kucing tak akan kelaparan meskipun kamu meninggalkannya sampai malam hari. Oh iya jika kamu pikir cara ini merepotkan maka kamu bisa menggunakan alat pemberi makan kucing otomatis yang banyak di jual di petshop atau toko online.

 

2. Sediakan Minuman Kucing

Bila kucing kelaparan tentu kucing akan butuh makan dan saat ia haus saat selesai makan ataupun saat letih bermain maka si kucing akan butuh air untuk di minum. Inilah alasan mengapa kamu wajib menyediakan air minum untuk kucing kamu selama kamu sedang tak berada dalam rumah.

Pastikan untuk meletakkan air minum di tempat yang mudah di jangkau oleh kucing, untuk memudahkan ia minum dan mencegah si kucing minum dari tempat-tempat yang kotor seperti wc dan lainnya.

 

3. Sediakan Litter Box Kucing

Agar kucing tak buang air besar dan buang air kecil sembarangan sewaktu kamu sedang di luar rumah di sarankan untuk menyediakan litter box di dalam rumah. Dengan adanya litter box, kucing akan buang air di tempat yang tepat.


4. Ciptakan Lingkungan Yang Aman Untuk Kucing Di Dalam Rumah

Demi keamanan kucing kamu, usahakanlah menciptakan lingkungan yang aman untuk kucing kamu di dalam rumah. Contohnya dengan menyingkirkan seluruh benda yang berpotensi mengancam keselamatannya.

Seperti menyimpan racun serangga dan zat kimia berbahaya di tempat yang tak terjangkau kucing, menyingkirkan kabel-kabel listrik, menyimpan benda tajam di lemari yang tertutup rapat, mematikan api, mematikan seluruh benda elektronik dan lainnya.

Oh iya pastikan juga kamu menutup pintu kamar mandi kamu ya sebab banyak kasus di mana kucing yang berada sendirian di rumah mengalami kematian akibat tak sengaja tergelincir ke dalam bak kamar mandi ataupun ke dalam kolam renang.

Melakukan hal ini akan membuat kucing kamu dalam keadaan aman karena terhindar dari hal-hal yang bisa melukainya. Kucing aman dan kamu pun bisa tenang serta fokus dalam melakukan aktivitas harian kamu.


5. Tutup Jalan Menuju Keluar Rumah

Kucing Merupakan hewan yang senang menjelajah, ini membuat kucing sulit berdiam diri di satu tempat ketika ia punya kesempatan untuk menuju tempat lainnya. Untuk mencegah kucing kabur dari rumah saat kita di luar rumah, sebaiknya tutup pintu, jendela atau jalan lain yang menuju luar rumah.

Bagaimana dengan mengurung kucing dalam kandang ? Hal ini malah lebih baik lagi untuk di lakukan jika kamu sedang tak berada di dalam rumah. Namun pastikan kamu mengurungnya di kandang dalam rumah karena kalau kandangnya di luar rumah maka kucing masih beresiko di curi orang yang lewat.

Ini akan mencegah kucing kabur dan tersesat karena bepergian ke luar rumah serta mencegah kucing kamu yang merupakan kucing jenis tertentu yang cukup mahal di curi oleh orang lain yang tak bertanggung jawab.

 

6. Berikan Kucing Mainan

Bukan cuma manusia saja yang bisa bosan bila mana mereka sendirian di rumah tetapi perasaan yang sama juga bisa di rasakan oleh si kucing kesayangan. Untuk menghilangkan rasa bosan kucing maka sediakan beberapa mainan untuknya.

Seperti bola-bola khusus kucing, tali untuk kucing, ruangan tertentu khusus bermain kucing, tempat mencakar untuk kucing dan lain sebagainya. Dengan banyaknya tersedia mainan yang dapat di mainkan oleh kucing maka si kucing tak akan gampang bosan saat ia sendirian di rumah.

 

7. Pertimbangkan Untuk Memelihara Kucing Lainnya

Jika kamu merasa bahwa kucing terlalu kasihan untuk di tinggal sendirian di dalam rumah seharian, kamu bisa mempertimbangkan untuk memberikan kucing seorang teman dengan mengadopsi kucing lainnya.

Melakukan hal ini akan membuat kucing tak lagi merasa kesepian karena mendapatkan teman bermain dan bisa menghilangkan rasa bosannya.


Dengan memperhatikan beberapa hal di atas sewaktu kamu akan meninggalkan kucing kamu maka tidak akan masalah untuk membiarkan kucing peliharaan kamu untuk berada di rumah sendirian untuk seharian.

Itulah dia pembahasan mengenai apakah boleh kucing tinggal sendirian di dalam rumah. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url