Bagaimana Cara Mengobati Kucing Mengeluarkan Air Liur Berlebihan ? Ini Caranya !

Memiliki kucing yang sehat adalah dambaan semua pemilik kucing. Itulah kenapa semua orang termasuk Anggora sendiri akan memberikan yang terbaik untuk kebaikan kucing. Walaupun begitu terkadang akan ada saja masalah kesehatan yang akan menimpa kucing.


Cara Mengobati Kucing Mengeluarkan Air Liur Berlebihan

 

Salah satu contoh masalah kesehatan yang mungkin menimpa kucing adalah kucing secara mendadak mengeluarkan air liur dari mulutnya secara berlebihan. Ini kucing lakukan terus menerus sampai-sampai air liurnya tertumpuk di mulutnya.

Bukan cuma itu saja, air liur yang keluar dari mulut kucing pun memiliki bau yang tak sedap. Sebenarnya kenapa sih ini dapat terjadi ke kucing ? Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengobatinya ?

Yuk cari tahu jawabannya dengan membaca tulisan Anggora berikut ini sampai akhir.

 

Apa Penyebab Kucing Mengeluarkan Liur Berlebihan Dan Bagaimana Cara Mengatasinya ?

Untuk mengatasi kucing yang mengeluarkan air liur yang berlebihan ini maka hal yang pertama yang wajib kita lakukan adalah mencari tahu apa sebenarnya penyebab utamanya lalu selanjutnya barulah kita dapat menemukan solusi yang tepat untuk mengatasinya.

Berdasarkan informasi yang Anggora kumpulkan dari internet dan dari pengalaman Anggora selama ini maka ada beberapa sebab pemicu keluarnya liur berlebihan dari mulut kucing. Beberapa penyebab tersebut antara lain :

1. Kucing Hanya Kehausan

Penyebab yang pertama adalah kucing mengalami yang namanya kehausan yang membuat kucing meneteskan liurnya secara berlebihan keluar dari mulutnya. Tindakan kucing ini mirip seperti apa yang anak bayi lima tahun lakukan sewaktu mereka kehausan.

Anggora sering kali menemukan beberapa kucing kampung Anggora yang di biarkan bebas keluar rumah mengalami hal ini. Ini sering terjadi pada saat mereka kembali di siang hari, di mana saat itu suhu udara terbilang cukup panas.

 

Cara Mengatasinya : Untuk mengatasi kucing yang banyak berliur karena kehausan maka caranya sederhana saja. Cukup bersihkan mulutnya dengan kain lap dari air liur kemudian berikan kucing air minum untuk di minum.

Biasanya setelah itu kucing akan kembali normal seperti biasanya namun jika belum normal maka mungkin penyebabnya bukan karena ia kehausan tetapi karena penyebab lainnya.


2. Kucing Terkena Tulang Atau Duri

Penyebab selanjutnya adalah kucing kamu terkena duri atau tulang. Cobalah perhatikan kucing kamu apakah sebelumnya ia selalu berusaha mengeluarkan sesuatu dari mulutnya dengan tangannya secara paksa sebelum pada akhirnya ia menyerah dan berdiam diri.

Jika iya maka bisa di pastikan bahwa kucing secara tak sengaja menelan duri atau tulang dan benda ini tersangkut di dalam mulutnya yang membuat kucing yang menyerah mengeluarkannya menjadi mengeluarkan banyak air liur sebagai respon ketidaknyamanannya.

Bagi mereka yang sudah cukup paham terhadap kucing, hal ini juga bisa menjadi pertanda bahwa si kucing secara tak langsung meminta bantuan pemiliknya untuk menolongnya.


Cara Mengatasinya : Untuk mengatasi kucing yang berliur karena terkena duri atau tulang maka kamu cuma perlu berusaha mengeluarkan duri yang tersangkut di dalam mulutnya. Usahakan mengeluarkannya dengan cepat dan tak terlalu memaksa supaya mulut bagian dalam kucing tak terlalu terluka.


3. Kucing Menderita Masalah Mulut Atau Sariawan

Kucing juga bisa menderita yang namanya masalah mulut ataupun sariawan. Umumnya sewaktu kucing menderitanya maka akan tampak pertanda di mulut mereka dan juga kucing akan mengeluarkan air liurnya secara berlebihan.

Di samping itu kucing juga akan menjadi malas makan dan hanya banyak minum air putih saja. Oh iya kucing hanya akan mau makan sewaktu makanan yang di berikan kepada mereka adalah makanan yang mudah di makan contohnya seperti wetfood.

 

Cara Mengatasinya :  Untuk mengatasi masalah mulut kucing ini kamu hanya perlu mengobati kucing dengan obat yang sesuai. Misalkan ini karena masalah sariawan maka kamu cukup obati sariawan kucing kamu dengan obat-obatan yang sesuai untuk kucing.


4. Kucing Mengalami Masalah Pencernaan

Kucing yang mengeluarkan air liur berlebihan bisa saja di karenakan masalah pencernaan yang kucing sedang alami. Masalah pencernaan ini seperti kucing mengalami mual ataupun muntah-muntah yang mengakibatkan reaksi produksi berlebih air liur kucing.


Cara Mengatasinya : Untuk mengatasi masalah ini di sarankan untuk memeriksakan kucing ke dokter hewan sekaligus untuk mengobatinya. Ini karena di khawatirkan penyebab masalah pencernaan pada kucing bukan sekedar penyebab ringan.


5. Kucing Terkena Racun

Keracunan juga bisa membuat kucing penderita menjadi mengeluarkan air liur berlebihan. Ada beberapa penyebab yang sering membuat kucing keracunan, penyebabnya antara lain :

  • Keracunan akibat makanan kadaluarsa

  • Memakan tanaman yang di semprot kimia secara tak sengaja

  • Memakan hama seperti tikus atau serangga yang telah memakan racun

  • Sengaja di racun oleh orang lain


Sewaktu kucing keracunan sebaiknya segera obati kucing apalagi jika keracunannya adalah jenis keracunan ringan. Lakukan pengobatan sesegera mungkin untuk meningkatkan tingkat persentase kesembuhan kucing.


Cara Mengatasinya : Untuk mengatasi keracunan yang di derita kucing di sarankan untuk membawa kucing ke dokter. Jika di butuhkan tindakan pertolongan pertama pada kucing maka maka kamu dapat menggunakan obat bernama Norit.

Obat Norit bisa kamu temukan dengan mudah di apotek atau bisa juga dengan menggunakan hidrogen peroksida namun pastikan untuk memberikan dosis yang sesuai jika kamu tak mau kucing kamu mengalami masalah yang baru.


Mungkin itu saja pembahasan mengenai cara mengobati kucing yang keluar air liur secara berlebihan. Semoga apa yang Anggora tuliskan di atas bermanfaat bagi para pembaca setia Anggora.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url