Kenapa Kucing Mengeluarkan Air Liur Bau ? Ini Penyebabnya !

Sebagai pemilik kucing pasti kita akan memelihara kucing dengan baik agar kucing tumbuh dengan baik dan juga sehat. Selain itu kita juga melakukan hal ini supaya kucing dapat menjadi kucing yang riang dan juga merasakan kebahagiaan.

 

Kucing Mengeluarkan Air Liur Bau


Terkadang meskipun kita mencurahkan semua yang kita punya agar kucing berkembang baik dan sehat namun hal yang terjadi malah sebaliknya. Akan ada saat di mana kondisi tubuh kucing bermasalah dan membuat kita sebagai pemilik khawatir.

Salah satu dari sekian banyak kondisi bermasalah yang bisa mendadak terjadi pada kucing adalah kucing mengeluarkan air liur yang bau. Air liur ini sangat bau sampai sampai kita sebagai pemilik pun merasa risih dengan baunya.

Meskipun begitu, melihat kondisi kucing kita yang mengeluarkan air liur bau pastinya sebagai pemilik kita ingin tahu kenapa kucing mengeluarkan air liur bau dan ingin tahu bagaimana mengatasinya.

 

Apa Yang Menyebabkan Kucing Liur Mengeluarkan Bau Tak Sedap ?

Masalah kucing mengeluarkan air liur yang bau adalah sebuah masalah yang bisa terjadi pada kucing. Hal ini bukanlah suatu yang asing terjadi pada kucing namun bukan juga sesuatu yang sering terjadi pada kucing, terutama kucing peliharaan.

Berdasarkan sepengetahuan Anggora sendiri, ada beberapa penyebab utama yang membuat air liur kucing berbusa dan bau. Beberapa penyebabnya adalah sebagai berikut :

1. Masalah Kesehatan Mulut Yang Kucing Derita

Nah penyebab yang pertama dari kucing berliur bau adalah masalah kesehatan mulut pada kucing. Namun masalah kesehatan ini bukan seperti masalah kesehatan mulut yang terjadi pada manusia seperti sakit gigi sebab kucing tak akan bisa merasakan sakit gigi.

Ini karena bentuk gigi mereka yang spesial dan berbeda dengan gigi manusia. Masalah kesehatan yang umum terjadi pada mulut kucing adalah masalah radang gusi akibat bakteri ataupun karena terluka akibat benda tajam seperti duri ataupun tulang ikan.

Selain itu ini juga dapat terjadi akibat mulut bagian dalam kucing terluka. Di karenakan kesehatan mulut kucing bermasalah, kucing yang merasa mulutnya sakit serta merasa tak nyaman sering kali mengeluarkan liur bau dari mulutnya.

 

2. Radang Tenggorokan Yang Di Alami Kucing

Bukan cuma karena kesehatan mulut kucing bermasalah, radang tenggorokan juga bisa menjadi pemicu utama yang membuat kucing Peliharaan sering mengeluarkan air liur kental yang berbau tak sedap. Pada mulanya air liur ini mungkin kental dan tak berbau.

Lama kelamaan air liur kucing akan menjadi sangat bau. Penyebab utama yang membuat kucing radang tenggorokan mirip seperti apa yang membuat kucing bermasalah dengan mulutnya. Ini bisa dikarenakan virus, bakteri, tulang ataupun diri.

 

3. Kucing Mengalami Keracunan

Selain dua penyebab sebelumnya, keracunan juga menjadi salah satu penyebab yang membuat kucing berliur bau. Umumnya ini terjadi sewaktu kucing menjilat atau menelan benda tertentu yang mengandung senyawa zat kimia berbahaya.

Pada tahap awal keracunan atau saat kucing mengalami keracunan ringan maka umumnya akan mengeluarkan liur kental dan berbau dari mulutnya. Dalam kondisi ini kucing mungkin masih bisa di selamatkan dengan segera memberikan tindakan medis.

Sementara pada tahap kritis atau saat kondisi kucing cukup parah, kucing dapat mengalami muntah bisa, muntah darah bahkan kucing yang keracunan bisa mengalami kejang-kejang lalu kemudian mati seketika di tempat ia saat ini berada.

 

4. Masalah Pencernaan Pada Kucing

Walaupun kelihatannya tak berkaitan satu sama lain namun masalah pencernaan pada kucing juga dapat menjadi alasan utama mengapa kucing mengeluarkan sejumlah air liur kental, air liur berbusa dan air liur bau dari mulutnya.

Penyebabnya bisa jadi masalah pencernaan yang ringan dan bisa juga akibat masalah yang pencernaan yang berat pada kucing. Bila kamu merasa bahwa ini adalah masalah pencernaan pada kucing sangat di sarankan untuk membawa kucing berobat ke dokter hewan.

 

Bagaimana Cara Untuk Mengatasi Hal Ini ?

Untuk mengatasi hal ini sebenarnya cukup mudah namun tak bisa di lakukan sendirian di rumah. Kamu cuma perlu meminta ahli seperti dokter hewan untuk mengatasi masalah ini. Bawalah kucing kamu berobat ke dokter hewan terdekat di sekitar kamu tinggal.

Dokter akan memeriksa kondisi kucing kamu dan memberikan obat yang sesuai dengan kondisi kucing saat ini. Bila di perlukan, dokter juga akan melakukan tindakan medis seperti operasi bila mana kondisi kucing saat ini memprihatinkan.

Setelah melakukan pengobatan ke dokter hewan biasanya dalam beberapa hari kucing akan segera sembuh dan bersikap normal seperti sebelumnya. Oh iya setelah kucing sembuh sebaiknya lakukan pemeriksaan rutin untuk benar-benar memastikan bahwa kondisi kucing sudah pulih sepenuhnya.

 

Mungkin itu saja pembahasan mengenai kenapa kucing mengeluarkan air liur yang bau dan bagaimana cara mengatasinya. Semoga tulisan Anggora ini bermanfaat buat pembaca.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url