Apa Penyebab Kucing Mengeluarkan Air Liur Bau Dan Tidak Mau Makan ? Ini Sebabnya !

Siapa sih yang tak ingin memiliki kucing yang sehat? Jangankan Anggora, semua pemilik kucing pastinya ingin memiliki kucing yang sehat tanpa terkecuali. Itulah mengapa kita selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi pertumbuhan juga kesehatan kucing.


Apa Penyebab Kucing Mengeluarkan Air Liur Bau Dan Tidak Mau Makan

 

Meskipun kita sudah berusaha semaksimal mungkin namun tetap saja akan ada saat di mana semua yang kita harapkan tak seperti apa yang kita dapatkan. Kucing yang telah kita rawat selama ini dengan sangat baik malah bermasalah dengan kesehatannya.

Salah satu masalah kesehatan yang dapat menghampiri kucing yaitu kucing mendadak mengeluarkan air liur yang bau. Di tambah lagi kucing tersebut sama sekali tak mau makan. Bagi kamu yang kucingnya mengalami masalah serupa pastinya khawatir akan hal ini.

Kamu juga mungkin penasaran mengapa kucing menjadi seperti ini. Nah untuk menjawab rasa penasaran kamu maka kamu wajib membaca tulisan Anggora kali ini.

 

Apa Penyebab Kucing Mengeluarkan Air Liur Bau Dan Tidak Mau Makan ?

Setiap makhluk hidup pastinya akan mengalami yang namanya masalah kesehatan. Kucing termasuk salah satunya. Salah satu masalah kesehatan yang bisa terjadi adalah kucing mengeluarkan liur yang bau dari dalam. mulutnya serta kucing tak mau makan sama sekali.

Sebenarnya ada beberapa penyebab yang mungkin menjadi pemicu utama yang membuat kucing mengalami masalah ini. Berdasarkan apa yang Anggota tahu, beberapa penyebabnya adalah sebagai berikut :

1. Kucing Menderita Sariawan

Bukan cuma manusia saja yang bisa terkena sariawan tapi kucing pun juga bisa mengalami hal yang serupa. Sewaktu kucing mengalami sariawan kucing akan cenderung mengeluarkan air liur dalam jumlah lumayan banyak dari mulutnya.

Air liur yang di keluarkan kucing pun akan sangat berbau busuk dan terkadang liur ini juga di sertai dengan sedikit darah. Mulut bagian dalam kucing pun akan mengalami peradangan. Hal ini akan tampak jelas ketika kita memeriksa bagian dalam mulut.

Sewaktu kucing menderita sariawan, selain pertanda fisik atas ada juga pertanda lainnya yang umum kucing tunjukkan yaitu kucing akan malas atau tak mau makan sama sekali dan sering minum.

 

2. Kucing Mengalami Masalah Pada Mulut Dan Tenggorokannya

Selain karena masalah sariawan, masalah kesehatan mulut dan tenggorokan juga dapat menjadi sebab utama kucing tiba-tiba menjadi mengeluarkan air liur yang sangat berbau. Radang mulut dan tenggorokan pada kucing bisa terjadi akibat infeksi, bakteri ataupun virus.

 

3. Kucing Mengalami Masalah Pencernaan

Siapa bilang masalah pencernaan tak ada hubungannya dengan kucing yang tak mau makan dan mengeluarkan liur. Masalah pencernaan akibat gangguan lambung dan usus juga bisa menjadi penyebab utama masalah ini.

Kucing yang merasa bahwa perutnya sakit dan mual akan secara alami merespon kondisinya saat ini dengan mengeluarkan sejumlah air liur dari dalam mulutnya. Kondisi ini juga membuat kucing kehilangan nafsu makannya.

 

4. Kucing Besar Kemungkinan Keracunan

Apakah kamu merasa bahwa kucing kamu baru saja memakan sesuatu seperti rumput, serangga ataupun makanan kadaluarsa lainnya. Jika iya maka bisa jadi kucing kamu saat ini sedang menderita keracunan akan zat kimia tertentu.

Zat kimia tersebut bisa jadi adalah racun rumput, racun serangga, makanan yang telah berubah menjadi beracun ataupun karena jenis racun lainnya. Sewaktu kucing keracunan, biasanya kucing akan mengeluarkan air liur, mual, muntah-muntah, tak mau makan, sempoyongan dan kejang-kejang.

Yang terparah adalah kucing bisa saja mengalami kematian mendadak sesaat setelah ia tak sengaja meminum zat beracun.

 

5. Kucing Terkenal Tulang Atau Duri

Coba ingat-ingat dahulu apakah sebelumnya kamu pernah memberiksn kucing kamu duri ikan ataupun tulang ayam dan sapi. Bila kamu memang sebelumnya pernah memberikan kucing benda-benda ini, inilah yang menjadi penyebabnya.

Duri ataupun tulang yang tersangkut di mulut ataun tenggorokan kucing membuat kucing merasa terganggu serta merasakan sakit. Nah sebagai respon alaminya kucing akan berusaha untuk memuntahkan atau memaksa keluar duri dan tulang dengan tangannya.

Jika kedua hal ini gagal maka respon alami yang terakhir yang biasa kucing lakukan adalah mengeluarkan banyak air liur dari dalam mulutnya. Yang mana air liur ini awalnya tak bau nam ji lama kelamaan menjadi sangat bau.

 

6. Akibat Penyakit Tertentu

Yang terakhir adalah kucing menderita penyakit medis tertentu. Penyakit medis tertentu seperti infeksi, ginjal dan gangguan hormon juga bisa menjadi penyebab kucing mengeluarkan lendir dari mulutnya yang membuatnya tak mau makan sama sekali.

 

Bagaimana Cara Mengobati Kucing Agar Ia Mau Makan Lagi ?

Untuk mengatasi mengobati kucing serta membuat ia mau makan lagi maka caranya adalah dengan mengetahui apa penyebabnya dan memberikan solusi yang tepat. Contohnya jika kucing sariawan maka kamu cukup beri kucing obat sariawan khusus kucing untuk mengobatinya.

Setelah kucing sembuh dari sariawannya, kucing akan mau kembali makan seperti biasanya. Oh iya jika kamu tak bisa menentukan sendiri apa sebabnya maka di sarankan untuk membaca kucing berobat ke dokter hewan.

 

Demikianlah pembahasan mengenai kucing yang mengeluarkan bau mulut serta tak mau maka dan bagaimana cara mengatasinya. Semoga artikel ini bermanfaat buat para pembaca.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url