Bagaimana Ciri Kucing Stres Setelah Melahirkan ? Ini Caranya !

Kucing merupakan hewan mamalia, mereka adalah jenis hewan yang mengandung lalu melahirkan kemudian mereka menyusui anak-anaknya. Sewaktu kucing melahirkan ada perbedaan yang berbeda antara kucing dengan manusia.


Bagaimana Ciri Kucing Stres Setelah Melahirka


Saat manusia melahirkan mereka mungkin cuma kelelahan dari segi mental dan kelelahan tubuh namun hal yang sama tak terjadi pada kucing. Sewaktu kucing melahirkan kucing tak hanya kelelahan secara fisik saja namun kucing juga bisa mengalami stress.

Stress ini terjadi karena beratnya proses melahirkan yang membuat kucing kehabisan banyak stamina, mengalami pendarahan, menderita kelelahan, merasa kelaparan dan juga mengalami rasa sakit akibat proses melahirkan.

 

Bagaimana Ciri Kucing Stres Setelah Melahirkan ?

Kucing tak akan bisa mengatakan bahwa ia sedang stress pada kita seperti yang manusia lakukan. Itulah mengapa ketika kucing mengalami stress terutama saat melahirkan kita mesti mencari tahu apakah kucing benar-benar stress atau tidak.

Cara menentukannya adalah dengan melihat pertanda tertentu yang umumnya kucing tunjukkan ketika ia stress pasca kelahiran. Berdasarkan informasi yang telah Anggora kumpulkan ada beberapa ciri khusus yang menandakan kucing stress pasca kelahiran.

Nah beberapa tanda tersebut antara lain :

1. Kucing Memakan Anaknya Yang Baru Lahir

Kucing bukan cuma akan memakan anaknya karena anaknya terlahir cacat, karena kondisi anaknya tampak lemah ataupun karena anaknya telah mati sesaat setelah anak kucing di lahirkan. Kucing pun memakan anaknya karena ia merasa stress.

Seperti yang Anggora jelaskan di awal tulisan bahwa penyebab stress ada banyak dan beberapa di antaranya adalah karena kucing sangat kelelahan di tambah kucing merasa sangat kelaparan. Untuk meredakan kedua hal ini sekaligus untuk meringankan rasa stressnya maka kucing akan memakan ari-ari anaknya.

Namun jika ari-ari bayi ini di rasa belum cukup maka induk kucing mau tak mau akan memakan anaknya sebagai tambahannya. Meskipun tindakan ini bagi kita cukup sadis namun sebenarnya bagi induk kucing, bayi kucing cukup membantu mengenyangkan sekaligus sangat bernutrisi.


2. Kucing Akan Menjulurkan Lidahnya Sambil Bernapas Terengah-engah

Ciri kedua yang di tunjukkan oleh kucing yang stress setelah melahirkan adalah kucing menjulurkan lidahnya keluar dari mulutnya sambil bernafas terengah-engah. Loh bukannya ini pertanda bahwa kucing kehausan atau terlalu lelah.

Memang benar demikian namun jika kucing yang melakukannya adalah kucing yang baru selesai melahirkan maka ini bisa di katakan sebagai pertanda kucing stress. Ini karena saat kucing melahirkan melakukannya maka si kucing tengah berusaha mengurangi stressa akibat rasa sakit serta lelah yang ia derita.

Induk kucing akan terus melakukan hal ini sampai ia merasa baikan. Hal ini bukanlah sesuatu yang perlu di khawatirkan karena setiap para induk kucing akan melakukannya setelah mereka selesai melahirkan.

Meskipun tak perlu di khawatirkan namun di sarankan untuk tetap mengawasi kucing sampai keadaaannya membaik. Jika keadaan kucing tak segera membaik di sarankan segera membawa kucing berobat ke dokter hewan terdekat.


3. Kucing Akan Terus Menjilati Tubuhnya Dan Anak-anaknya

Seperti yang kita tahu bahwa salah satu ciri kucing stress adalah kucing sering menjilati tubuhnya yang terkadang mengakibatkan kebotakan pada area tubuh yang sering ia jilat. Hal serupa juga berlaku pada kucing yang stress sesudah melahirkan.

Mereka juga akan menjilati tubuhnya terus menerus serta menjilati tubuh anak-anaknya. Perilaku kucing ini kucing lakukan untuk mengurangi rasa stressnya sekaligus untuk membersihkan tubuhnya serta anak-anaknya dari air urin maupun darah karena proses kelahiran.


Apa Yang Mesti Kita Lakukan Sewaktu Kucing Stress Setelah Melahirkan

Beberapa ciri di atas merupakan ciri yang umum terjadi pada kucing pasca melahirkan. Beberapa hal di atas tak membahayakan bagi kucing kita dengan catatan bahwa tak ada sesuatu keanehan yang terjadi pada induk kucing dan anak-anaknya.

Jadi tak ada tindakan penting yang mesti kita lakukan, cukup biarkan kucing mengatasi stressnya sendiri serta menenangkan dirinya. Namun jika terjadi keanehan pada induk kucing maka di perlukan tindakan cepat untuk mengobati kucing dengan membawanya berobat ke dokter hewan.

Keanehan tersebut bisa berupa :

  • Induk kucing tak sadarkan diri

  • Kucing terus bernafas terengah-engah seharian

  • Kucing tampak sekarat

  • Dan lainnya


Oh iya penting bagi kita untuk terus mengawasi kucing dan anak-anaknya terus menerus setelah melahirkan. Pengawasan ini penting untuk mengetahui kondisi induk kucing dan anaknya serta untuk menjaga mereka terus dalam keadaan sehat.

Itulah dia beberapa ciri kucing yang stress pasca melahirkan. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu yang telah membacanya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url