Apa Penyebab Kucing Lemas Setelah Jatuh ? Ini Sebabnya !

Kita semua tahu bahwa kucing adalah hewan yang punya rasa keingintahuan yang tinggi terutama pada lingkungan sekitar mereka tinggal. Itulah mengapa kucing akan senang menjelajahi tempat tersebut sampai rasa haus akan keinginan tahuan mereka terpuaskan.

 

Apa Penyebab Kucing Lemas Setelah Jatuh


Di samping itu kucing juga melakukan hal ini untuk menemukan tempat-tempat yang di rasa cocok untuk mereka melakukan aktivitas tertentu contohnya seperti untuk bersantai ataupun untuk memulihkan stamina mereka dengan tidur dan untuk melakukan beberapa aktivitas lainnya.

Oh iya, sewaktu kucing sibuk menjelajahi lingkungan sekitar, mereka tak jarang akan menjelajahi tempat-tempat yang tak terjangkau oleh manusia. Salah satu dari tempat tersebut adalah tempat yang berada di ketinggian seperti atap rumah, tembok pembatas yang tinggi serta beberapa tempat sejenisnya.

Perilaku kucing yang senang menjelajahi tempat tinggi ini membuat kucing beresiko terjatuh dan ketika kucing terjatuh pastinya ini bisa membuat kucing mengalami luka ringan, kucing terluka berat, kucing luka dalam, kucing mati ataupun kucing cacat.

Pada tulisan ini Anggora tak akan membahas beberapa resiko kucing terjatuh yang barusan Anggora sebutkan di atas. Anggora hanya akan membahas mengenai kucing lemas setelah terjatuh dari ketinggian. Nah bagi kamu yang penasaran akan hal ini maka kamu wajib membaca tulisan Anggora ini.

 

Keseimbangan Kucing Yang Hebat Saat Terjatuh

Sebelum membahas, apa sebab dari kucing lemas akibat terjatuh maka tak ada salahnya kita membahas sedikit mengenai kemampuan istimewa kucing saat terjatuh. Tahukah kamu bahwa kucing punya keseimbangan yang luar biasa saat mereka terjatuh.

Kamu bisa melihatnya di saat kucing dewasa secara tak sengaja jatuh dari gendongan orang dewasa. Dalam waktu sepersekian detik kucing akan bisa mendarat dengan sempurna di atas lantai. Penyebab mengapa kucing bisa melakukan hal ini karena insting alami mereka.

Dengan adanya insting alami ini, kucing mampu mengukur jarak jatuh mereka dan menggerakkan tubuh mereka secara cepat sehingga mereka bisa dengan mulus mendarat dengan aman di lantai setelah mereka terjatuh dari tempat yang tinggi.

Namun walaupun kucing punya kemampuan hebatnya ini tetap saja kucing tak akan bisa menghindarkan dirinya sendiri dari cedera yang ia terima ketika kucing terjatuh dari tempat yang sangat tinggi. Bahkan kucing pun bisa mengalami kematian saat ia terjatuh dari ketinggian.

 

Beberapa Sebab Kucing Terjatuh Dari Ketinggian

Walaupun kucing adalah hewan yang terbiasa berada di tempat yang cukup tinggi namun tetap saja kucing bisa terjatuh dari ketinggian. Penyebabnya bervariasi dan semua itu bisa berasal dari kucing itu sendiri atau faktor lainnya.

Beberapa penyebabnya antara lain :

  • Perkelahian antar sesama kucing

  • Bangunan yang roboh ketika kucing berada di atasnya

  • Tak sengaja terjatuh sewaktu sedang tiduran di tempat tinggi

  • Kucing tak terbiasa dengan tempat baru

  • Ada perubahan di suatu tempat tertentu yang membuat kucing melakukan kesalahan perhitungan sewaktu melompat dan membuat ia tak sengaja terjatuh

  • Dan lainnya

 

Beberapa penyebab di atas sering kali membuat kucing yang ahli melompat terjatuh. Beberapa dari kita mungkin pernah melihat beberapa penyebab ini yang membuat di kucing terjatuh dari tempat yang tergolong tinggi.

 

Apa Penyebab Kucing Lemas Setelah Jatuh ? Ini Sebabnya !

Sewaktu kucing jatuh dari ketinggian tentunya kucing akan merasakan dampaknya terutama bila mereka jatuh dari tempat yang cukup tinggi. Salah satu dari banyaknya dampak yang kucing alami setelah terjatuh adalah kucing menjadi lemas.

Sebenarnya apa sih yang membuat kucing seperti ini? Berikut ini beberapa sebabnya :

1. Kucing Yang Terjatuh Kemungkinan Shock

Pernahkah kamu melihat orang yang kecelakaan lalu lintas dan ia cuma luka ringan atau bahkan tak mengalami luka sama sekali. Sering kali kita melihat mereka dalam keadaan lemas dan seketika seolah kehilangan seluruh energi milik mereka.

Ini adalah akibat orang tersebut mengalami Shock pasca kecelakaan. Hal serupa juga berlaku untuk kucing. Kucing yang jatuh dari ketinggian dan hanya cedera ringan akan merasakan yang namanya shock sehingga kucing akan menjadi lemas untuk sementara waktu.

 

2. Kucing Yang Tarjatuh Mungkin Cedera

Apakah kucing terjatuh dalam keadaan mendarat yang tak sempurna di lantai ataukah kucing jatuh dari tempat yang cukup tinggi ? Jika iya maka kamu harus curiga bahwa kucing kamu memiliki cedera sesaat setelah ia jatuh di lantai.

Cedera yang di alami kucing bisa jadi adalah luka luar seperti kaki yang berdarah atau sejenisnya. Jika tak ada luka luar yang tampak maka bisa di pastikan lemasnya kucing pasca terjatuh adalah karena cedera dalam yang kucing alami setelah ia terjatuh.

 

3. Kucing Mengalami Stress

Selain karena shock dan cedera, kucing yang lemas sesaat sesudah ia terjatuh bisa di karenakan kucing mengalami stress. Stress pada kucing dapat secara signifikan terjadi karena jatuhnya ia dari tempat-tempat yang tinggi. Rasa takut dan kebingungan adalah penyebabnya.

Meskipun ini terbilang sepele dan kucing dapat sembuh sendiri kalau ia mampu mengatasi stressnya namun tetap saja ini berbahaya bagi kucing. Stress pada kucing dapat mengganggu sistem sarafnya jika di biarkan.

 

Bagaimana Cara Mengatasi Hal Ini ?

Ketika si kucing kesayangan kamu baru saja terjatuh dan kamu melihat kucing tampak lemas maka hal yang pertama kamu lakukan adalah memberikan kucing pertolongan pertama. Caranya yaitu :

  • Pertama, pastikan kucing sudah aman dan terhindar dari bahaya lainnya

  • Kedua, pindahkan kucing ke tempat yang aman

  • Ketiga, periksalah apakah kucing mengalami luka fisik

  • Keempat, bawalah kucing berobat ke dokter hewan jika kucing menderita luka fisik atau kamu merasa bahwa ada yang aneh dengan kondisi kucing.

 

Dengan melakukan beberapa langkah di atas kamu bisa membantu kucing kamu dalam mengatasi masalah ini serta membuat kamu bisa segera mengobati kucing apabila setelah di periksa dokter, kucing mengalami cedera tertentu.

 

Lakukan Pencegahan Agar Hal Serupa Tak Terjadi Lagi

Untuk menghindarkan kejadian serupa lagi, perlu bagi kita pemilik kucing untuk melakukan tindakan pencegahan. Beberapa tindakan pencegahan tersebut antara lain :

  • Membuat kucing tak bisa mengakses ke tempat tinggi

  • Langsung menurunkan kucing dari tempat tinggi sesaat setelah kita melihat mereka naik

  • Selalu awasi kucing ketika berada dalam rumah untuk menjaganya dari kecelakaan yang tak diinginkan

  • Masukkan kucing ke dalam kandang sewaktu kamu tak bisa mengawasinya

  • Lakukan beberapa tindakan pencegahan di atas untuk menjaga kucing kamu aman dan agar kucing tak melakukan hal-hal yang bisa membuat ia terjatuh dari ketinggian


Mungkin itu saja pembahasan mengenai apa penyebab kucing lemas setelah terjatuh dan cara mengatasinya. Semoga apa yang baru saja kamu baca dapat bermanfaat bagi kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url