Bagaimana Cara Merawat Kucing Persia Umur 4 Bulan ? Ini Caranya !

Banyak dari kita yang mungkin hobi memelihara kucing jenis tertentu. Salah satunya adalah kucing jenis Persia. Alasan memelihara kucing ini mungkin hanya karena ia berwajah lucu, menggemaskan serta ramah terhadap manusia.

 

Bagaimana Cara Merawat Kucing Persia Umur 4 Bulan


Tetapi mungkin beberapa dari kita tak ingin memelihara kucing Persia yang telah dewasa. Banyak penyebab yang membuat kita tak ingin memelihara kucing Persia dewasa namun lebih memilih kucing Persia yang lebih muda.

Contohnya adalah kucing Persia yang berusia 3 bulan atau 4 bulan. Penyebabnya mungkin karena kita ingin si kucing lebih jinak pada kita, kucing berusia muda lebih mudah di latih untuk berkelakuan baik, lebih lucu dan mudah di pelihara atau kita secara tak sengaja mengadopsi kucing berusia.

Apapun alasannya selama kita baik dalam merawat si kucing maka ini bukanlah sesuatu yang harus di permasalahkan. Oh iya bagi kamu yang belum tahu bagaimana cara merawat kucing Persia yang berusia 4 bulan maka kamu dapat mengetahui caranya pada tulisan Anggora ini.

 

Bagaimana Cara Merawat Kucing Persia Umur 4 Bulan ?

Serupa dengan merawat kucing Persia dewasa, merawat kucing Persia muda terutama yang berusia 4 bulanan tidaklah mudah. Banyak hal yang harus kita perhatikan dalam memelihara si kucing Persia agar ia bisa tumbuh dengan baik dan juga sehat.

Beberapa hal yang mesti kita perhatikan antara lain :

1. Vaksinasi Kucing Persia Kamu

Hal yang pertama yang mesti kamu lakukan adalah melakukan vaksinasi terhadap kucing atau memastikan bahwa si kucing sudah mendapatkan vaksinasi dari pemilik sebelumnya. Jika ternyata kucing belum di vaksinasi maka sebaiknya segera vaksinasi kucing demi kesehatannya.

Memastikan kucing telah di vaksinasi adalah hal yang penting sesaat setelah kamu mengadopsi kucing. Untuk kucing yang di adopsi dari Petshop ataupun peternakan kucing maka kamu tak perlu mengkhawatirkan akan vaksinasi kucing karena umumnya setiap kucing telah di vaksinasi.

Namun jika kamu merasa tak yakin bahwa kucing sudah di vaksinasi maka tak ada salahnya untuk bertanya langsung ke petshop atau peternakan kucing yang terkait untuk menghilangkan keraguan di hati kamu.


2. Memberikan Kucing Persia Makanan Yang Sesuai Dan Menyehatkan

Selanjutnya adalah memastikan bahwa anak kucing Persia kamu yang masih berusia 4 bulan mendapatkan makanan yang sesuai dan menyehatkan untuknya. Disarankan untuk memberikan makanan khusus kucing yang di khususkan untuk kucing seusianya.

Contohnya adalah makanan kucing yang di tujukan khusus untuk anak kucing. Makanan jenis ini berkualitas tinggi, memiliki kandungan gizi yang sesuai dengan kebutuhan anak kucing yang masih berkembang dan mudah untuk di makan.

Bagaimana jika memberikan anak kucing Persia makanan kucing untuk kucing dewasa ? Di perbolehkan namun tak di sarankan sebab ini akan membuat anak kucing kesulitan memakannya ( khusus dry food ) dan kandungan gizinya tak sesuai dengan kebutuhan gizi harian anak kucing yang tengah berkembang.


3. Berikan Anak Kucing Persia Air Matang Sebagai Minuman

Jangan sembarangan memberikan anak kucing Persia kamu sembarang minuman seperti air mineral yang masih mentah. Meskipun kucing sudah berumur 4 bulan namun tetap saja ini tak baik untuk kesehatannya bahkan tak baik juga untuk kesehatan kucing dewasa.

Ini dapat membuat anak kucing yang meminumnya menderita gangguan pencernaan baik itu akibat parasit maupun bakteri di dalamnya. Jadi, bila kamu ingin memberi kucing kamu minum sebaiknya berikan ia air mineral yang telah di masak matang.


4. Merawat Bulu-Bulu Kucing Persia

Meskipun bulu anak kucing Persia kamu yang berusia 4 bulanan masih belum cukup panjang namun tak ada salahnya untuk melakukan perawatan terhadap bulu-bulunya. Perawatan dapat di lakukan dengan cara melakukan penyisiran bulu setiap harinya.

Lakukan ini untuk membersihkan kotoran, merapikan rambut kusut dan menghilangkan rambut rontok yang menempel pada tubuh kucing. Dengan melakukan hal ini setap harinya kamu dapat menjaga bulu kucing tetap bersih dan terawat sekaligus menghindarkan kucing dari masalah pencernaan akibat masalah hairball.


5. Memandikan Kucing Persia Secara Teratur

Kucing Persia merupakan jenis kucing yang rentan akan masalah kulit dan bulu bila mana kita membiarkan tubuh mereka kotor. Agar kucing terhindar dari masalah kulit dan bulu maka di sarankan untuk memandikan kucing secara teratur.

Mandikan kucing 3 atau 4 kali dalam sebulan saja. Jangan terlalu sering memandikan kucing sebab ini dapat menghilangkan minyak alami pada kulit dan bulu kucing. Oh iya saat kamu memandikan kucing jangan memakai sampo manusia tetapi gunakanlah sampo khusus kucing yang banyak di jual di petshop.


6. Berikan Kucing Persia Mainan Interaktif

Serupa dengan manusia, kucing Persia juga bisa mengalami kebosanan. Mereka akan mengalami kebosanan bila mana mereka tak menemukan sesuatu hal yang menarik untuk di lakukan. Agar kucing tak kebosanan serta untuk menjaga kucing tetap aktif maka berikanlah ia mainan.

Mainan kucing dapat membuat kucing mengatasi rasa bosannya, membuat ia menjadi senang, menjadi lebih aktif yang mana ini sangat baik untuk kesehatan kucing kamu sekaligus sangat baik untuk menjaga kesehatannya.


7. Sering Berinteraksi Dengan Kucing

Meskipun kucing terlihat seperti hewan yang individual namun kucing juga memiliki keinginan untuk melakukan sosialisasi dengan hewan ataupun manusia yang berada di sekitarnya. Itulah mengapa kamu perlu sering-sering melakukan interaksi dengan kucing.

Selain karena alasan di atas, sering berinteraksi dengan kucing juga dapat membantu kamu membentuk hubungan yang baik dengan kucing dan membuat kucing menjadi akrab ataupun lebih dekat dengan kamu.

 

8. Tempatkan Kucing Di Tempat Yang Aman

Sewaktu kucing masih berusia muda, kucing akan di penuhi rasa keingintahuan serta gemar menjelajahi lingkungan sekitarnya. Ini membuat kucing rentan mengalami kecelakaan meskipun mereka berada dalam lingkungan rumah yang aman.

Itulah mengapa kamu perlu menempatkan kucing di tempat yang aman seperti dalam kandang ataupun dalam ruangan tertentu khusus kucing. Selain kedua tempat tersebut kamu juga bisa menempatkan kucing di tempat lainnya selama tempat itu aman bagi kucing sekaligus nyaman baginya.


9. Selalu Awasi Anak Kucing Persia Kamu

Pastikan untuk selalu mengawasi kucing kamu. Setiap harinya selalu periksa kondisi kucing kamu. Jika kucing kamu terlihat riang dan aktif maka ini berarti kucing dalam keadaan sehat namun jika kamu merasa bahwa kucing kamu aneh maka ini bisa berarti kucing sedang sakit.

Keanehan tersebut bisa berupa perubahan mendadak yang terjadi pada kucing seperti kucing menjadi pendiam, sering tidur, tak mau makan, suka menyendiri, selalu ingin berada di tempat basah ataupun gelap dan lainnya.

Jika beberapa keanehan di atas terjadi pada kucing, sebaiknya kamu membawa kucing kamu untuk berobat ke dokter hewan.


10. Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Rutin

Setiap bulannya lakukanlah pemeriksaan kesehatan rutin di dokter hewan ataupun puskeswan terdekat di kota kamu. Lakukan pemeriksaan meskipun kucing kamu saat ini sedang dalam keadaan sehat ataupun dalam kondisi terbaiknya.

Melakukan pemeriksaan kesehatan rutin dapat membuat kamu mengetahui kondisi kesehatan terkini kucing kamu, membantu mendeteksi penyakit kucing secara dini serta mempermudah kesembuhan kucing karena pengobatan secara awal.


Itulah dia cara mudah untuk merawat kucing Persia yang berumur 4 bulan. Semoga cara yang di tulis dalam tulisan ini dapat membantu kamu dalam merawat kucing kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url