Cara Mengatasi Kucing Tersedak Air ? Ini Caranya !

Sama dengan makhluk lainnya, kucing juga membutuhkan air minum sebagai salah satu kebutuhan utama mereka. Kucing butuh minum air meskipun mereka tak haus sama sekali. Memang kalau kita perhatikan, kucing jarang sekali minum, mereka akan minum satu atau 2 kali dalam sehari.

 

Kucing Tersedak Air


Oh iya, bicara soal kucing yang butuh air untuk di minum sebagai salah satu kebutuhan mereka untuk hidup, ternyata kucing juga bisa tersedak seperti yang manusia alami. Cara mereka tersedak pun mirip dengan tersedaknya manusia.

Sewaktu kucing tersedak, sebagai pemilik mungkin kita berpikir bagaimana cara mengatasi kondisi kucing ini supaya kucing berhenti batuk-batuk ataupun muntah. Lalu bagaimana cara mengatasi kucing yang tersedak air ?

Bagi kamu pemilik kucing yang ingin tahu caranya, kamu dapat mengetahuinya dengan membaca tulisan Anggora berikut ini.

 

Beberapa Penyebab Kucing Tersedak Air

Mirip dengan perilaku kucing tersedak yang terjadi pada manusia, beberapa penyebab yang membuatnya pun tak berbeda jauh dengan beberapa penyebab yang membuat kita manusia mengalami kondisi yang tak mengenakkan ini.

Beberapa penyebabnya antara lain :

  • Kucing terlalu buru-buru minum. Terlalu cepat minum juga dapat membuat kucing mengalami gangguan ini.

  • Kucing terkejut, biasanya karena adanya kucing yang berkelahi atau adanya suara tertentu yang membuat ia takut

  • Kita terlalu banyak menyuapi kucing air minum, umumnya ini terjadi pada anak kucing yang kehilangan induknya yang kita suapi air susu atau kucing yang terpaksa kita suapi air minum atau cairan obat karena ia sedang sakit

  • Kucing tak sengaja memasukkan hidungnya ke dalam air dan air tak sengaja masuk ke dalam kerongkongan malalui hidung. Ini umum terjadi sewaktu kucing minum di tempat yang baru dan ia tak terbiasa dengan kedalaman air minum

 

Beberapa penyebab di atas adalah penyebab yang sering membuat para kucing tersedak oleh air.

 

Cara Mengatasi Kucing Yang Mengalami Tersedak Akibat Air

Sewaktu kucing tersedak karena di akibatkan oleh air secara tak sengaja, jangan panik dan tetaplah tenang. Dekatilah kucing kamu yang sedang tersedak dan lakukanlah beberapa cara untuk mengatasi kondisi kucing saat ini. Beberapa caranya antara lain :

1. Lihat Pertandanya

Saat kamu melihat kucing kamu tengah batuk-batuk, bersin-bersin atau muntah karena sesuatu hal jangan langsung begitu saja menyimpulkan bahwa hal ini hanyalah di karenakan si kucing tersedak oleh air. Sebaiknya lihat dulu pertanda yang kucing tunjukkan.

Amati dengan baik secara hati-hati sebelum memutuskan bahwa kucing saat ini tengah tersedak air, sebab bisa jadi ini bukanlah karena kucing tersedak melainkan karena ia sedang menderita penyakit tertentu seperti demam ataupun flu kucing.

Setelah benar-benar yakin bahwa si kucing tersedak maka dekatilah kucing namun jangan mengangkatnya ataupun memegang kucing terlalu kuat di saat ia sedang tersedak.

 

2. Jangan Mengangkat Kucing Atau Menyentuhnya Dengan Kasar

Kalau kamu melihat kucing sedang tersedak sebaiknya jangan langsung mengangkat ataupun memegangi kucing dengan kuat dan kasar. Tak di sarankan juga untuk membuka mulut kucing secara paksa dan menyentuh tenggorokannya.

Tindakan ini bisa memperparah kondisi kucing bahkan dapat menyebabkan cidera pada kucing peliharaan kesayangan. Cukup dekati kucing kamu dan lakukan beberapa gerakan yang menurut kamu bisa meredakan tersedak si kucing serta membuat ia merasa lebih nyaman.

 

3. Pijat Perut Kucing

Pijatan pada perut kucing dapat membuat kucing akan merasa lebih baikan di saat ia tersedak oleh air. Untuk caranya sendiri kamu bisa melakukannya dengan cara memijat perut kucing. Sebelum memijat, ambillah posisi tepat di belakang punggung kucing.

Kemudian lakukan pijatan di tiap sisi perut kucing secara perlahan. Lakukan pijatan dari bawah ke atas dengan lembut. Sambil memijit kucing, arahkan kepala kucing ke arah bawah. Gerakan pijatan dapat membantu air keluar dari saluran pernapasan kucing.

 

4. Coba Metode Heimlich

Cobalah untuk menggunakan metode Heimlich untuk mengatasi tersedak pada kucing. Namun modifikasilah metode ini sedikit agar sesuai dengan kucing. Metode Heimlich ini bisa kamu lakukan dengan cara memegang kucing dalam posisi berdiri.

Kemudian peluk kucing dari belakang tepat di bawah rusuknya, kemudian sambil memeluk kucing, pijat dari bawah perut ke arah atas perut kucing secara perlahan-lahan dan tak terlalu kasar.

Ini bisa membantu benda asing keluar dari tubuh kucing dan ini pun bisa membantu mengeluarkan air dari dalam tubuh kucing. Saat melakukan hal ini di sarankan untuk melakukannya secara hati hati. Jika kamu tak pandai menggunakan teknik Heimlich sebaiknya gunakan langkah terakhir di bawah ini.

 

5. Segera Minta Bantuan Dokter Hewan

Jika kamu telah menerapkan langkah pertama hingga langkah ke empat namun hasilnya nihil dan kondisi kucing tetap dalam keadaan buruk, sebaiknya segera minta bantuan dokter hewan terdekat di kotamu. Dokter hewan akan memeriksa secara keseluruhan tubuh kucing.

Ketika ada yang salah dengan kucing kamu seperti luka ataupun cedera dalam maka dokter akan melaporkan kepada kamu untuk meminta persetujuan tindakan medis lanjutan. Jika tak ada masalah dengan si kucing setelah ia tersedak maka dokter hanya akan memberikan kucing vitamin.

Dokter biasanya juga akan memberikan beberapa nasihat sebelum pada akhirnya kamu bisa membawa si kucing tersayang kembali kerumah.

 

Mungkin itu saja pembahasan mengenai kucing tersedak dan bagaimana cara mengatasinya. Semoga apa yang Anggora baru saja sampaikan bermanfaat buat para pembaca.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url