Bagaimana Cara Agar Kucing Tidak Takut Dengan Kucing Lain ?

Memelihara kucing di rumah adalah suatu hal yang menyenangkan. Ini dapat membuat kita sebagai pemilik bisa terhibur dengan beberapa perilaku kucing yang terkesan acak dan sulit di tebak. Bukan cuma itu saja ini dapat membuat kita bisa mengurangi rasa stress kita.

 

Bagaiamana Cara Agar Kucing Tidak Takut Dengan Kucing Lain


Pengurangan perasaan stress ini bisa kita dapatkan dengan berinteraksi dengan si kucing kesayangan yang mana ini dapat menyebabkan efek relaksasi pada diri kita saat menyentuhnya. Memelihara kucing juga dapat membuat kita merasa memiliki keluarga atau teman baru.

Karena beberapa alasan di atas banyak dari kita yang memelihara kucing memutuskan untuk menambah kucing untuk di pelihara. Bisa hanya memelihara 2 atau 3 kucing bahkan mungkin lebih banyak kucing sesuai keinginan kita.

Namun penambahan kucing peliharaan di rumah tak selamanya semulus yang kita harapkan. Sering kali kucing yang baru kita adopsi membuat takut kucing yang ada di rumah atau bahkan sebaliknya kucing di rumah membuat kucing baru kita ketakutan.

Untuk mengatasi hal ini tentu yang mesti kita lakukan adalah membuat kucing tak takut dengan kucing lainnya. Lalu bagaimana caranya ? Caranya bisa kamu ketahui dengan membaca tulisan Anggora ini sampai akhir tulisan.

 

Bagaimana Cara Agar Kucing Tidak Takut Dengan Kucing Lain ?

Ketakutan yang di alami kucing terhadap kucing lainnya adalah sesuatu hal yang normal. Ini umum terjadi pada kucing terutama kucing yang saling asing satu sama lainnya seperti kucing yang baru adopsi dengan kucing yang sudah lama di rumah.

Untuk menghilangkan rasa takut yang di alami oleh kucing terhadap kucing lainnya sebenarnya cukup mudah. Kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan beberapa cara di bawah ini.

1. Biarkan Kucing Saling Berinteraksi

Langkah pertama yang mesti kamu lakukan adalah membiarkan kucing saling berinteraksi satu sama lain. Biarkan kucing saling bertemu dan saling mengenal satu sama lain namun saat kamu melakukan hal ini usahakan untuk terus mengawasi kedua kucing.

Pastikan bahwa kedua kucing tak saling menyakiti ketika mereka sedang berinteraksi satu sama lain. Jika kamu melihat bahwa mereka bertengkar namun tak saling mencakar maka biarkan saja untuk sementara kemudian pisahkan beberapa saat kemudian.

Jika kedua kucing tak cuma saling bertengkar menggunakan suara mereka tetapi mereka juga saling menghajar satu sama lain maka sebaiknya pisahkan kucing. Lakukan hal ini setiap harinya untuk membuat kucing beradaptasi dengan kucing lainnya sekaligus menghilangkan rasa takutnya.

 

2. Buat Kucing Makan Bersama

Ketika dua kucing melakukan aktivitas yang sama pada satu tempat seperti makan bersama maka ini dapat membuat kucing menjadi semakin akrab dan terbiasa satu sama lain. Ini pada akhirnya akan menghilangkan ketakutan satu kucing ke kucing lainnya.

Pada awalnya saat melakukan hal ini satu kucing mungkin tak akan mau makan berdekatan dengan kucing yang ia takuti. Kucing malah akan menjauhi makanan dan berusaha mencari tempat yang aman dari kucing yang ia takuti.

Saat ini terjadi kamu tak perlu memaksa kucing mengikuti kehendak kamu, sebaiknya ambil wadah makanan kucing dan tempatkan wadah makan di tempat dimana kucing tersebut mau makan. Tetapi pastikan bahwa penempatannya tak terlalu jauh dari kucing lainnya.

Ini agar kucing bisa saling melihat satu sama lain sehingga pada akhirnya kucing bisa saling terbiasa dengan keberadaan kucing lainnya yang membuat tak hanya rasa takut kucing menghilang tetapi juga membuat kucing terbiasa dengan keberadaan kucing lainnya.

 

3. Siapkan Satu Wadah Minum Saja

Selain membiarkan kucing makan bersama, membiarkan kucing minum di wadah yang sama juga dapat membuat kucing bisa saling terbiasa satu sama lain. Loh bukannya kucing hanya minum sesekali dan jarang bertemu saat mereka minum.

Memang benar namun saat kucing minum pastinya akan ada bau kucing yang tertinggal di wadah minuman tersebut sehingga kucing lain yang juga minum di sana akan terbiasa dengan bau ini sehingga kucing nanti tak akan takut jika menjumpai kucing dengan bau yang sama.

Ini juga dapat membuat kucing tak akan agresif dengan kucing lain yang ia kenali baunya tersebut. Oh iya cara ini hanya bisa kamu lakukan pada kucing sehat saja, sebab jika kucing dalam keadaan sakit minum di satu wadah minuman yang sama dengan kucing sehat di khawatirkan penyakitnya bisa menular.

 

4. Jangan Pisahkan Kucing

Walaupun kucing tampak ketakutan dengan kucing lainnya tapi sebaiknya jangan pisahkan kucing yang ketakutan dengan kucing lainnya jikalau kamu ingin membuat kucing kami menjadi berani berhadapan dengan kucing lainnya

Biarkan kucing tetap berada di ruangan yang sama. Loh bukannya ini bisa membuat kucing merasa stress bila ia terus merasa ketakutan? Mungkin kucing akan merasa takut namun untuk stress kucing tak akan stress selama si kucing tak terus di serang oleh kucing lainnya.

Seiring berjalannya waktu, kucing akan mampu mengatasi rasa takutnya dan bahkan ketika kucing lain marah padanya kucing malah akan bertingkah biasa.

 

5. Berikan  Kucing Mainan Untuk Di Mainkan Bersama

Kebersamaan merupakan hal yang selalu bisa membuat kucing menjadi terbiasa satu sama lain dan menghilangkan rasa takut dalam diri mereka. Salah satu kebersamaan yang dapat membuat kucing menghilangkan rasa takutnya adalah dengan memberikan kucing mainan.

Berikan kucing mainan yang bisa di mainkan bersama kucing lainnya. Contohnya seperti mainan bola yang bisa di mainkan lebih dari satu kucing.

 

6. Sterilkan Kucing

Ketakutan kucing bisa timbul karena kucing lainnya mungkin terlalu agresif pada kucing yang baru. Untuk mengatasi keagresifan kucing ke kucing lainnya terutama kucing yang berjenis kelamin sama maka kamu bisa melakukan sterilisasi kucing.

Pada saat kucing telah di steril dan tak agresif lagi maka secara alami rasa takut kucing terhadap sesama kucing akan menghilang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu.

 

Itulah dia beberapa cara untuk membuat kucing tak takut dengan kucing lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu yang telah membacanya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url